Tips Memilih Warna Cat Pintu Rumah yang Menarik dan Trendy Terbaru

  • by
Tips Memilih Warna Cat Pintu Rumah yang Menarik dan Trendy Terbaru

Apakah Anda berencana ingin mengecat pintu rumah dan bingung tentang warna apa yang harus dipilih? Tenang. Pada artikel kali ini kami akan memberikan tipsnya kepada Anda tentang bagaimana cara memilih warna cat pintu (dan kusen) yang baik dan trendi. Jadi, baca terus ya?!

Seperti yang pernah kami bahas pada artikel sebelumnya yang berjudul: Arti Dibalik Warna Pintu Rumah dan Tips Memilih Warna yang Benar, bahwa pemilihan warna berpengaruh kepada suasana, spirit dan atmosfir di lingkungan rumah Anda. Maka hendaknya Anda tidak asal-asalan menentukan pewarnaan pintu rumah Anda, sebaiknya pelajari dulu tips dan caranya.

Tips Memilih Warna Cat Pintu Rumah yang Menarik dan Trendy Terbaru

Berikut ini beberapa tips untuk Anda yang ingin memilih warna cat pintu rumah, terutama pintu bagian depan.

Baca juga:  Model Pintu Belanda Klasik tapi Stylish, Sejarah dan Contohnya

1. Pertimbangkan Gaya dan Desain Rumah Anda

Tips Memilih Warna Cat Pintu Rumah yang Menarik dan Trendy Terbaru 01

via: apartmenttherapy.com

Dalam memilih warna cat untuk pintu, Anda harus memperimbangkan agar warna tersebut serasi dengan gaya atau desain rumah secara keseluruhan, agar rumah tidak terlihat aneh. Secara tradisional, warna pintu rumah biasanya menggunakan warna dasar seperti hitam, dongker dan hijau, namun rumah modern banyak menggunakan warna yang lebih cerah.

Anda tidak harus mengikuti wanra secara tradisional, efek yang cantik untuk pintu Anda bisa dicapai dengan memilih warna yang tidak umum.

2. Perhatikan Rumah Sekitar Anda

Anda tentunya tidak ingin terlihat aneh sendiri oleh tetangga, demikian juga dengan rumah Anda, kecuali mungkin Anda tipe orang yang memang suka nyentik atau berbeda dari yang lain. Karena itu, dalam menentukan bentuk dan warna pintu, lihat dulu model rumah tetangga-tetangga Anda, kemudian pilih desain dan warna yang kira-kira tidak membuat rumah Anda seperti asing sendiri.

3. Pilih Warna Pintu yang Sejalan dengan Warna Eksterior Rumah Anda

Tips Memilih Warna Cat Pintu Rumah yang Menarik dan Trendy Terbaru 03

via stylendesigns.com

Misalnya jika Anda menggunakan 4 warna untuk keseluruhan rumah Anda. Biasanya warna pertama digunakan untuk warna eksterior, warna kedua untuk trim rumah(1), warna ketiga untuk warna accent(2) dan warna keempat untuk pintu depan.

Baca juga:  Model Pintu Kamar Mandi Minimalis Terbaru

4. Pilih Warna yang Populer

Jika suatu saat nanti, karena satu dan lain hal, mungkin Anda berencana menjual rumah Anda, maka sebaiknya pilih warna pintu yang populer digunakan. Warna populer seperti hitam, putih, biru dan hijau.

Tapi Anda juga harus mempertimbangkan agar pintu senantiasa terlihat baru dan bersih. Warna putih, misalnya, akan lebih sulit untuk dijaga kesegaran dan kebersihannya.

Warna yang tidak populer, seperti warna pink, sebaiknya dihindari, karena calon pembeli akan berpikir dua kali melakukan penawaran rumah dengan warna pintu demikian. Warna yang tidak populer lainnya seperti orange, ungu dan kuning.

5. Pilih Warna yang Kontras

Pintu warna biru navy akan telihat bagus jika dipasangkan dengan biru muda atau abu-abu, dan pintu warna hitam adalah pilihan yang tepat untuk rumah eksterior desain bata. Pintu warna merah anggur bagus digunakan untuk rumah berwarna abu-abu, hijau atau coklat. Warna gelap umumnya bisa menjadi warna pintu yang welcom dan ceria.

Itulah sekiti tips dari kami untuk Anda yang ingin memilih warna cat untuk pintu rumah Anda. Tentunya ada tips-tips lainnya yang perlu diketahui, tapi kami kira beberapa tips diatas cukup untuk memberikan gambaran umum tentang apa dan bagaimana seharusnya memilih warna pintu rumah Anda. Jika Anda perlu informasi lebih jauh, jangan malas untuk mencari infonya di internet atau bertanya kepada ahlinya atau mereka yang sudah berpengalaman dalam bidang desain rumah.

Baca juga:  10 Contoh Pintu Prancis yang Cantik Menawan untuk Inspirasi Anda

 

Note:

(1) Trim rumah adalah elemen vertikal dan horizontal pada rumah seperti bingkai (kusen) pintu dan jendela

(2) Warna aksen (accent) rumah digunakan untuk element tertentu pada rumah yang ingin lebih ditekankan dan dibuat lebih mencolok dengan warna yang berbeda dari mayoritas warna yang dipakai untuk rumah

Referensi:

https://www.angieslist.com/articles/how-choose-best-front-door-color.htm