8 Kiat dan Tips Memilih Handle Pintu Rumah Idaman

tips memilih handle pegangan pintu

Pintu ibarat tolak ukur sebuah hal dimulai. Pintu dapat disimbolkan sebagai kunci keamanan sebuah bangunan. Bahkan beberapa orang menjadikan pintu rumah sebagai penanda rumah orang lain. Mengapa? Karena beberapa bangunan rumah meletakkan pintu berada di tengah. Sehingga dapat dengan mudah diperhatikan orang.

Meski terkesan remeh, menentukan handle pintu rumah tidak boleh dilakukan sembarangan. Keindahan pintu dan bangunan rumah akan bernilai plus jika memiliki handle pintu yang selaras.

Handle pintu adalah bagian yang paling sering disentuh ketika orang akan masuk ke dalam sebuah ruangan. Jadi sebelum menentukan untuk membeli handle pintu, sebaiknya perhatikan 8 tips memilih handle pintu rumah idaman Anda berikut ini :

1. Perhatikan tingkat kemudahan penggunaan

Jika di dalam rumah terdapat anggota yang balita atau anak-anak, sebaiknya pilihlah handle pintu rumah yang mudah mereka gunakan. Memberikan akses kemudahan bagi anak-anak juga dapat melatih kemandirian mereka.

Related post:  Wow! 7 Model Desain Pintu Geser untuk Rumah yang Lebih Hemat Ruang

Handle pintu yang dapat dipilih biasanya yang memiliki pegangan tangan, karena memudahkan mereka menggunakannya. Sebaiknya tidak menggunakan model handle kenop karena lebih sulit untuk mereka gunakan.

2. Perhatikan lokasi pintu berada

Sebaiknya anda tidak menyamaratakan handle pintu rumah untuk setiap daun pintu yang terdapat di dalam bangunan rumah. Anda harus memperhatikan lokasi pintu tersebut berada.

  • Handle pintu model entrance sebaiknya digunakan untuk pintu depan atau luar, karena handle pintu ini dilengkapi dengan silinder anak kunci.
  • Handle pintu model privacy biasanya tepat untuk dipasang untuk kamar tidur atau kamar mandi. Karena handle pintu ini tidak memliki lubang kunci dan biasanya tombol penguncinya hanya berada dibagian dalam. Ketika bagian dalam terkunci, maka tidak dapat dibuka dari sisi luar.
  • Passage handle biasanya cocok dipasang untuk ruang yang tidak terlalu pribadi. Karena tidak ada lubang kuncinya
  • Dummy handle, gagang pintu pada tipe ini hanya sebagai hiasan.

3. Perhatikan keindahan bangunan

Sebelum memutuskan membeli handle pintu anda harus melihat bangunan secara utuh. Selain memperhatikan lokasi pintu, anda juga perlu memperhatikan keselarasan handle pintu dengan bangunan rumah. Jika bangunan klasik sebaiknya pilihlah handle rumah yang bernuansa klasik pula. Jika bangunan rumah minimalis sebaiknya handle pintu rumah juga dipilih yang minimalis dan simpel tapi tetap elegan.

Related post:  19 Ide Pintu Rumah Modern Minimalis Terbaru

4. Perhatikan tingkat keamanan

Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah memilih handle pintu dengan tingkat keamanan yang terjamin. Terlebih untuk pintu rumah area luar, sebaiknya pilihlah yang berbahan kokoh.

5. Perhatikan ketebalan material daun pintu

Jika bahan daun pintu cukup tebal sebaiknya pilihlah handle pintu rumah yang agak panjang. Biasanya daun pintu tebal terdapat di bangunan rumah dengan desain tradisional atau klasik.

6. Pastikan handle pintu rumah yang dibeli bergaransi

Garansi sangat penting dalam setiap pembelian apapun, tak terkecuali untuk pembelian handle pintu. Jika setelah dipasang ternyata ada kerusakan sebaiknya segera ditukar.

7. Perhatikan material handle pintu

Material handle pintu biasanya terbuat dari besi atau logam yang dipadukan dengan kuningan. Namun ada juga yang bermaterial kayu dan keramik.

Related post:  Contoh Terbaru Berbagai Model Pintu Kupu Tarung Minimalis, Mewah Dll

8. Perhatikan harga

Jika sudah tahu handle seperti apa yang akan dibeli, maka sekarang mulai memperhitungkan budget anda. Jika handle pintu yang anda idamkan melebihi budget, sebaiknya tidak perlu dibeli. Sesuaikan kebutuhan dengan kondisi keuangan anda.

Itulah beberapa kiat dan tips yang bisa dipertimbangan sebagai bahan referensi sebelum menentukan dan memilih jenis dan model handle pintu rumah. Semoga kiat di atas dapat membantu anda mempercantik rumah.

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap