Home » Kusen dan Daun Pintu » Sejarah Pintu Geser (Sliding Pocket Door)

Sejarah Pintu Geser (Sliding Pocket Door)

  • by
sejarah pintu geser sliding pocket door

Pintu geser atau sliding, pocket door menemukan popularitasnya beberapa dekade akhir, pintu pocket adalah pintu yang ketika dibuka menggunakan sistem geser dan pintu masuk bersembunyi di dalam dinding yang telah didesain sedemikian rupa agar pintu dapat masuk. Karena itu, pintu minimalis ini disebut dengan pocket door, karena cara kerjanya mirip kantong dimana pintu dapat masuk dan bersembunyi di dalam dinding.

Awalnya pintu geser (pocket door) menjadi tenar di Inggris dan Amerika pada masa Victoria. Pintu ini menjadi populer karena orang-orang mulai memikirkan cara untuk menghemat ruangan pada awal tahun 1850 an. Biasanya pintu model ini dipasang pada pintu masuk perpusatakaan, ruang makan atau ruang tamu.

Related post:  Model Pintu Kamar Mandi Minimalis Terbaru

Model awal pintu geser pocket door menggunakan semacam rel pada lantai, akan tetapi sistem ini terbukti bermasalah karena terlalu berisik dan mudah rusak. Pada tahun 1880 an pintu ini mengalami transformasi sistem buka-tutup dimana “rel” pintu dibuat pada bagian atas. Sistem ini dirasa lebih baik daripada sebelumnya dan kemudian sistem ini bertahan seterusnya.

Tidak banyak informasi yang tersedia tentang siapa yang pertama kali menciptakan pintu geser pocket door, tapi pada tahun 1880 an seorang inventor bernama Edwin Prescott menciptakan “sliding door hanger” yang memudahkan cara kerja sistem pintu geser pocket. Edwin juga orang yang berjasa menciptakan loop the loop rollercoaster.

Pada tahun 1950 an pintu geser pocket kembali bangkit bertahan untuk pertama kalinya pada era pengembangan perumahan setelah perang dunia bersama kebutuhan hunian yang hemat ruang.

Related post:  8 Kiat dan Tips Memilih Handle Pintu Rumah Idaman

Itulah sedikit sejarah tentang pintu geser “pocket door” yang bisa kami himpun, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Referensi: https://www.directdoors.com/blogs/news/the-history-of-pocket-doors