Perbedaan Desain Minimalis, Modern dan Kontemporer

apa perbedaan desain minimalis modern dan kontemporer

Apa Perbedaan Desain Minimalis, Modern dan Kontemporer – Anda tidak harus menjadi ahli desain untuk mengetahui mana desain yang mengkilau, ramping untuk sebuah desain rumah atau furniture.

Tapi untuk membedakan sebuah desain apakah minimalis, modern atau kontemporer adalah cerita yang berbeda.

apa perbedaan desain minimalis modern dan kontemporer
Contoh desain rumah modern minimalis

Mungkin selama ini Anda telah menggunakan suatu desain minimalis, modern dan kontemporer satu sama lain, tanpa kepikiran apakah mereka sama atau tidak. Tapi, hal itu tidak masalah, karena Anda tidak sendirian, umumnya orang mengalami hal itu.

Dapat dipahami kenapa kebanyakan orang kesulitan membedakan ketiga model, gaya desain tersebut. Karena ketiganya: minmalis, modern dan kontemporer desain sama-sama menggunakan garis yang jelas dan bentuk yang lebih sederhana dibandingkan dengan desain trandisional.

Desain minimalis, modern dan kontemporer, ketiganya tidak menggunakan terlalu banyak hiasan, dan lebih banyak menerapkan gasir-garis geometris

Tentu ketiga desain tersebut mungkin terlihat sama, tapi ada sedikit perbedaan historis antara ketiga desai tersebut.

Related post:  Jenis Meja Makan Minimalis Bentuk Bulat, Oval, Kotak, Persegi Panjang

Apa saja perbedaan antara desain minimalis, modern dan kontemporer? Berikut ulasannya secara ringkas.

Modern

Desain modern adalah desain pendahulu bagi kedua desain baik minimalis maupun kontemporer, dan secara umum desain ini merujuk pada desain yang berasal dari inovasi para desainer abad pertengahan.

Pada pertengahan abad 20, muncul tokoh-tokoh inti misalnya Florence Knoll, Le Corbusier, Charles dan Ray Eames, yang memperngaruhi dan membentu sesuatu yang namanya desain “modern” saat ini.

Model-model desain terkenal seperti “Eames Chair” dan “Barcelona Chair” adalah beberapa contoh yang namanya desain modern. Model-model desain itu masih populer sampai saat ini.

Minimalis

5432 apa perbedaan desain minimalis modern dan kontemporer
Contoh desain interior rumah modern minimalis

Secara sederhana, desain minimalis adalah sebuah gerakan desain yang berfokus pada membuang bagian-bagian “ekstra” sebisa mungkin, mengurangi semuanya pada sebuah desain dan hanya berfokus pada fungsi sebuah desain saja.

It also focuses on space and how open space can be enhanced by the placement of only the essential functional elements.

Related post:  Contoh Rumah Super Minimalis dari Kayu Papan yang Nyaman

Desain minimalis juga lebih memperhatikan pada ruang, dan bagaimana ruang lebih bisa dihasilkan dengan hanya menggunakan fungsi elemen-elemen yang utama saja.

Dalam hal ini, dapat dikatakan segala model desain bisa dikatakan “minimalis” jika suatu desain lebih memprioritaskan efisiensi.

Anda bisa saja memiliki rumah yang bergaya sangat modern dengan sentuhan minimalis dengan hanya menggunakan fungsi elemen-elemen utama saja tanpa yang lain.

Kontemporer

1212 perbedaan desain minimalis modern dan kontemporer
Penggunaan metal dan kaca pada sebuah desain dikategorikan termasuk kepada gaya kontemporer yang mengikuti trend

Sebenarnya desain kontemporer lebih kepada trend, gaya kontemporer sering berubah-ubah mengikuti perubahan tren.

Selain itu, desain kontemporer berfokus pada gaya kesederhanaan. Desain ini fokus bagaimana mendesain sesuatu secara modis tanpa ornamen dan hiasan yang berlebihan.

Kesimpulannya adalah jika Anda ingin memiliki salah satu dari ketiga desain tersebut, pada dasarnya bersumber dari desain gaya modern.

Kemudian terserah Anda apakah Anda ingin memutuskan sebuah ruangan hanya menggunakan elemen yang sangat mendasar saja untuk mendapatkan gaya minimalis, misalnya.

Tentu, bahan dan material suatu desain berperan besar apakah ruangan Anda disebut modern atau kontemporer. Penggunaan kaca dan metal lebih condong kepada desain kontemporer, sedangkan penggunaan kayu alami memberi kesan gaya estetika modern abad pertengahan.

Related post:  Bagaimana Cara Mengukur Meja Anda Agar Pas Dengan Ruangan

Referensi: apartmenttherapy.com

Baca juga:

 

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap