Apa itu White Man’s Burden? Pengertian dan Penjelasan Istilah

apa itu white mans burden

White Man’s Burden secara harfiah berarti “beban orang kulit putih”, adalah sebuah kepercayaan yang diyakini oleh penjajah kulit putih bahwa mereka harus memaksakan peradaban mereka kepada orang kulit hitam di  wilayah penjajahan mereka.

Keyakinan ini juga yang menjadi pembenaran bagi orang Amerika dan Eropa untuk menjajah bangsa lain. Mereka mengklaim bahwa hal itu sudah menjadi kewajiban mereka sebagai ras yang paling super untuk meningkatkan, memberikan peradaban dan mengkristenkan penduduk-penduduk asli (di wilayah jajahan mereka). Inilah yang dikenal dengan White Man’s Burden dan keyakinan juga ini berdasarkan teori sosial Darwinism. Sebuah teori bahwa individu, kelompok, dan masyarakat tunduk pada hukum Darwin tentang seleksi alam yang sama seperti tumbuhan dan hewan.

Rudyard Kipling juga pernah menulis sebuah puisi yang sangat terkenal yang diterbitkan pada tahun 1899 dengan nama yang sama, berikut bunyi puisinya:

Take up the white man’s burden
Send forth the best ye breed-
Go bind your sons to exile
To serve your captives need
To wait, in heavy harness,
On fluttered folk and wild-
You new-caught sullen peoples,
Half devil and half child.
 
Take up the white man’s burden,
And reap his old reward-
The blame of those ye better
The hate of those ye guard-
The cry of those ye humor
Ah, slowly toward the light:
“Why brought ye us from bondage,
Our loved Egyptian (heathen) night?
 
–Rudyard Kipling, “The White Man’s Burden”

Puisi ini dibuat untuk menyemangati penjajah kulit putih bahwa penjajahan kepada ras non putih adalah tugas moral mereka. Menurut puisi ini, penjajahan bangsa lain bukan untuk keuntungan pribadi atau nasional, akan tetapi untuk kebaikan orang lain, secara khusus, mereka yang dijajah. Puisi The White Man’s Burden terkhusus dipersembahkan untuk Amerika Serikat pada saat itu untuk mengambil alih bekas jajahan Spanyol, terutama pada waktu perang Amerika-Filipina.

Related post:  Apa itu political correctness/politically correct? Pengertian dan Istilah

Pada awalnya, Kipling menulis puisi ini untuk merayakan ulang tahun ratu Victoria’s Diamond Jubilee pada tahun 1897, tapi pada tahun 1899, Kipling merevisi puisinya untuk menyemangati orang Amerika untuk menaklukkan Filifina.

Penaklukan dalam puisi ini tidak digambarkan sebagai cara orang kulit putih untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau keuntungan nasional. Melainkan ia menggambarkan penjajahan yang dilakukan orang kulit putih tersebut dengan istilah moral “burden” (beban). Beban yang harus ditanggung orang kulit putih untuk membantu orang yang non kulit putih dalam mengembangkan peradaban mereka.

Karena pengaruhnya yang kuat, puisi ini menjadi salah satu pemicu terjadinya perdebatan kongres Amerika tentang apakah Amerika harus mencaplok pulau Filifina, setelah perang Spanyol-Amerika atau tidak.

Related post:  Apa itu political correctness/politically correct? Pengertian dan Istilah

Ungkapan “white man’s burden” tetap menjadi nama buruk atas pembenaran rasis penjajahan barat.

 

Referensi:

http://english.oxforddictionaries.com/white

http://english.oxforddictionaries.com/social%20Darwinism

https://faculty.chass.ncsu.edu/slatta/hi216/documents/kipling.htm

https://www.litcharts.com/poetry/rudyard-kipling/the-white-man-s-burden

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap