Pengertian Pergola, Macamnya dan Perbedaannya dengan Kanopi

pergola kayu minimalis warna putih

Pengertian Pergola, Macamnya dan Perbedaannya dengan Kanopi – Berbeda dengan kanopi, jarang orang mengetahui yang namanya pergola. Maka pada artikel ini kami akan membahas sedikit mengenai hal ini. Selamat membaca.

pintu minimalis

Apa itu Pergola?

Pergola adalah bangunan (struktur) luar ruangan yang terdiri dari tiang-tiang untuk menopang atap berupa kisi-kisi balok, dan kasau. Atap kisi-kisi balok ini dapat dibiarkan terbuka begitu saja atau dapat juga ditutup. Perola dapat dibangun menempel pada rumah atau terpisah, seperti di tengah taman misalnya. (sumber)

Pargola dapat dibiarkan terbuka tanpa atap, tapi dapat juga ditutup dengan tumbuhan rambat. Jadi atapnya adalah atap alami dari tumbuhan, bukan atap seng atau galvalum.

Related post:  Harga Kanopi Baja Ringan Permeter Terbaru 40+ Contohnya

pergola kombinasi beton dan kayu

Perbedaan Pergola dengan Kanopi

Sekilas pargola mirip dengan kanopi, tapi sebenarnya keduanya memiliki beberapa perbedaan. Diantara perbedaanya ialah:

Struktur Atap

Secara visual, yang tampak berbeda dengan kanopi adalah pada atapnya. Jika kanopi bisa menggunakan atap apa saja, atap pergola hanya berupa kisi balok dan kasau.

Kisi balok tersebut umumnya dari bahan kayu, namun bisa juga menggunakan baja ringan atau beton. Kisi balok ini dapat dibiarkan terbuka dan bisa juga ditutup dengan tanaman rambat sebagai peneduhnya.

Atap pada kanopi biasanya dibuat miring agar air hujan dapat mengalir kebawah, namun atap pergola dibuat datar saja.

Fungsi

Fungsi pergola terbatas hanya untuk tempat bersantai menikmati area luar ruangan. Oleh karena itu, bangunan ini sering kali dibangun ditengah taman.

Adapun kanopi, fungsinya lebih beragama. Multifungsi. Kanopi dapat dijadikan sebagai tempat berteduh/parkir kendaraan, tempat bersantai, dan sebagainya.

Bahan

Pergola biasanya dibuat dari kayu. Karena fungsinya sebagai tempat untuk bersantai, maka kayu lebih cocok untuk memberi kesan teduh dan alami. Namun pada perkembangannya, kini orang-orang ada yang membuat struktur ini dari bahan beton, logam, atau kombinasi dari bahan-bahan tersebut.

Related post:  Kanopi Minimalis Modern Terbaru

Adapun kanopi material pembuatnya lebih beragam, mulai dari kanopi kayu, kanopi baja ringan, kanopi dak beton dan lainnya.

Macam-Macan Pergola

Ada macam-macam struktur untuk tempat bersantai ini, baik dari segi bahannya maupun model dan peletakannya. Berikut beberapa diantaranya:

Pergola Taman Minimalis

pergola taman minimalis dari kayu

Pergola Kayu Minimalis

Asalnya bangunan ini memang dibuat dari kayu. Karena fungsinya sebagai tempat untuk rileks, maka kayu lebih cocok untuk itu, karena kayu memberi kesan alami, natural dan teduh.

pergola kayu minimalis warna putih

 

pergola kayu alami

Pergola Wedding/Pernikahan

pergola wedding pernikahan

Pergola wedding atau pernikahan adalah digunakan untuk acara walimahan atau pesta pernikahan di luar ruangan yang umum ditemukan pada kebudayaan barat. Biasanya dibuat di taman atau di tepi pantai, dan dihiasi dengan ornamen bunga dan dekorasi khas untuk wedding.

Related post:  Kanopi Baja Bingan: Kelebihan dan Kekurangannya yang Wajib Anda Ketahui

Pergola Baja Ringan dan Besi

Struktur tiang maupun kisi-kisinya terbuat dari besi atau baja ringan. Baja ringan, selain ringan juga lebih tahan lama, anti karat dan korosi, cocok untuk bangunan outdoor.

pergola dari baja ringan

Demikian sedikit ulasan tentang pergola, pengertian dan macam-macamnya. Semoga bermanfaat.

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap