Pengertian Baja Karbon (Carbon Steel) Jenis dan Harganya

plat baja karbon

Pengertian Baja Karbon (Carbon Steel) Jenis dan Harganya – Baja karbon adalah baja campuran dimana karbon adalah campuran utamanya. Biasanya, baja ini mengandung seberat 2 % karbon, bersama dengan berbagai macam campuran elemen lainnya, seperti mangan, silikon, komposisinya tergantung pada sifat yang ingin dihasilkan untuk produk ini.

Baca juga: Pengertian Galvalum, Ketebalan, Aplikasi dan Jenis Logam

Perbedaan Baja Stainless dan Baja Karbon

Baja adalah campuran antara besi dan karbon. Perbedaan utama antara keduanya (baja stainless dan baja karbon) adalah komponen-komponen yang ditambahkan pada baja agar berfungsi untuk tujuan yang diinginkan.

Related post:  Pengertian Galvalum, Ketebalan, Aplikasi dan Jenis Logam

Hanya saja pada baja karbon, komponen tambahan utamanya adalah karbon, sedangkan komponen-komponen lain jumlahnya tidak didefiniskan.

Macam Jenis Baja Karbon

Baja ini dapat diklasifikasikan menjadi 3 macam, yaitu:

Baja Karbon Rendah

Dikenal juga dengan nama mild steel, biasanya mengandung antara 0,04 – 0,30 % karbon.

Baja Karbon Menengah

Baja karbon menengah biasanya mengandung antara 0,31 – 0,60 % karbon, dan biasanya lebih kuat dari karbon rendah, tapi lebih sulit untuk dibentuk, dibengkokkan, dan dipotong.

Baja Karbon Tinggi

Biasanya mengandung antara 0,61 – 1,50 % karbon, dikenal juga dengan carbon tool steel. Jenis ini sangat sulit dipotong, dibengkokkan dan dilas.

Harga

Harga baja karbon beragam tergantunga pada produk yang dihasilkan. Namun, sebagai contoh plat baja dengan ukuran 1 x 100 x 2000 mm dapat dihargai dengan Rp. 500rb.

Related post:  Berapa Lama Atap Galvalum Bisa Bertahan?

Penggunaan

Beberapa contoh produk yang terbuat dari baja karbon (carboon steel)

Baja karbon biasanya digunakan untuk bangunan, jembatan, gear kendaraan, poros, rel, pipa dan kopling, mobil, lemari es dan mesin cuci.

Baja karbon tinggi memiliki mempunyai tarik yang jauh lebih baik, biasanya dipakai untuk membuat alat pemotong, pisau, pedang, pegas dan rantai.

 


Referensi:

 

 

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap