Pemerintah Saudi Karantinal Total Makkah-Madinah Warga Tidak Boleh Keluar 24 Jam

masjidil haram makkah kosong dan sepi

Setelah sebelumnya berlakukan larangan warga keluar selama 15 jam sehari, kini pemerintah Saudi Arabia melalui Kementerian Dalam Negerinya berlakukan karantina total untuk dua kota suci Makkah dan Madinah. Peraturan ini berlaku mulai hari kamis 2 April 2020 kemarin sampai dengan pemberitahuan selanjutnya.

Keputusan ini diambil seiring dengan laporan dari Kementrian Kesehatan Saudi Arabia terkait bertambahnya korban virus corona (covid-19) di negara ini. Laporan terkahir (2 April 2020) menyebutkan bahwa korban terdapak karena virus ini telah mencapai total 1885 orang, 328 orang sembuh dan 21 orang wafat. Ini menjadikan Saudi Arabia sebagai negara paling berdampak diantara negara-negara teluk.

Baca juga:  Daftar Pengertian Istilah Terkait Wabah Virus Corona Covid-19 yang Wajib Diketahui agar Tidak Gagal Faham!

Selama 24 jam, warga kedua kota suci tersebut dilarang berkeliaran di luar kecuali untuk keperluan darurat, seperti cek kesehatan, layanan makanan, dll. Keputusan ini diambil untuk mencegah meluasnya dampak penyebaran covid-19 ini.

Sementara itu, untuk mengatasi masalah ekonomi selama wabah virus Corona berlangsung, raja Salman bin Abdul Aziz memberikan bantuan kepada seluruh warganya total senilai 9 milyar Riyal Saudi atau setara dengan 39 Triliun Rupiah.

Ketidak Jelasan Soal Haji

Seperti yang telah diketahui layanan dan visa umroh telah ditutup untuk sementara oleh pemerintah Saudi beberapa minggu lalu.

Sementara itu belum ada keputusan resmi dari pihak terkait mengenai pelaksanaan haji yang akan berlangsung sekitar bulan Juli mendatang. Namun demikian, pemerintah menghimbau ummat Islam yang ingin pergi haji agar menunda keberangkatannya untuk tahun ini.

Baca juga:  Daftar Pengertian Istilah Terkait Wabah Virus Corona Covid-19 yang Wajib Diketahui agar Tidak Gagal Faham!

Foto-Foto Kota Madinah Setelah Peraturan Karantina 24 Jam

Jalanan kota madinah terlihat sepi 04

Kota madinah terlihat sepi warga tidak berani keluar rumah (sumber: https://akhbaar24.argaam.com)

Jalanan kota madinah terlihat sepi 03

(sumber: https://akhbaar24.argaam.com)

Jalanan kota madinah terlihat sepi 02

(sumber: https://akhbaar24.argaam.com)

Jalanan kota madinah terlihat sepi 01

Jalanan kota madinah terlihat sepi (sumber: https://akhbaar24.argaam.com)

Siarang Langsung (Live) Masjidil Haram Makkah dan Masjid Nabawi Madinah

Berikut ini Anda bisa menyaksikan siaran langsung dari dua Masjidil haram, Makkah dan Madinah yang disiarkan oleh TV yang dimiliki oleh kedua masjid tersebut.

Live Makkah:

Live Madinah:

Kita berdo’a semoga Allah¬†subhanahu wa ta’ala¬†segera mengangkat wabah ini, menyembuhkan orang yang terdampak, dan mengampuni segala dosa orang-orang yang telah meninggal dunia disebabkan wabah virus ini. Amin.