Panduan Desain (Interior) Rumah Minimalis

Panduan Desain (Interior) Rumah Minimalis

Panduan Desain (Interior) Rumah Minimalis – Diantara ciri utama sebuah rumah minimalis adalah kesederhanaan dan bebas dari kekusutan. Nah, bagaimana membuat rumah Anda agar terlihat minimalis, apa saja yang perlu Anda perhatikan? berikut ulasannya.

Kelebihan Rumah Minimalis

Banyak keuntungan yang didapat dari desain rumah minimalis, namun berikut adalah beberapa keunggulan utama rumah minimalis:

  • Mengurangi pikiran stress: Ruangan yang kusut dan berantakan adalah diantara bentuk gangguan penglihatan, segala sesuatu yang dijangkau oleh pandangan akan menarik perhatian kita, sedikit atau banyak. Oleh karena itu, semakin tidak kusut dan berantakannya suatu rumah maka semakin kurang stress/tekanan pada pikiran kita. Rumah minimalis membuat pandangan lebih adem.
  • Lebih menarik. Coba perhatikan dan bandingkan foto-foto rumah rumang yang penuh dengan furnitur dan perkakas, dan bandingkan dengan gambar foto rumah minimalis.Rumah minimalis yang tidak memiliki banyak perabotan kecuali beberapa perabotan cantik, beberapa barang seni dan sedikit dekorasi terlihat lebih menarik untuk kebanyakan orang. Anda dapat membuat rumah lebih menarik dengan desain minimalis.
  • Lebih mudah dibersihkan. Memberihkan banyak barang dan furnitur di rumah sangat menguras tenaga. Semakin banyak barang di rumah Anda, maka makin banyak yang harus dibersihkan secara rutin, dan semakin banyak waktu terbuang hanya untuk kegiatan bersih-bersih. Bayangkan betapa mudah membersihkan rumah yang kosong, dengan ruangan yang penuh dengan furnitur. Tentunya itu adalah contoh yang berlebihan, tapi itu hanya ilustrasi perbedaan keduanya, bahwa semakin sedikit barang dirumah Anda maka semakin mudah dibersihkan, dan tentunya tidak membuang-buang waktu Anda.
Related post:  Rumah Minimalis dan Modern Sederhana Terbaru

Bagaimana sih bentuk desain sebuah rumah agar minimalis?

Tentunya ini bisa berfariasi, tergantung bagaimana selera Anda, dan seberapa ekstrim Anda menginginkan agar rumah Anda seminimalis mungkin. Akan tetapi, ada beberapa karakteristik yang mesti ada pada sebuah rumah agar dapat disebut sebagai minimalis, yaitu:

  • Furnitur yang minimal. Sebuah ruang interior minimalis hanya berisi beberapa furnitur yang dibutuhkan saja. Sebuah ruang tamu misalnya, mungkin hanya ada beberapa kursi dan meja, dan beberapa lampu. Ruang kamar tidur hanya berisi tempat tidur yang sederhana, lemari pakaian atau mungkin rak buku.
  • Permukaan polos. Pada desain rumah minimalis, permukaan yang datar dibuat polos, kecuali hanya satu atau dua item dekorasi. Pada permukaan minimalis tidak terdapat banyak pernak-pernik, seperti tumpukan buku, kerta dan barang-barang lainya.
  • Dekorasi aksen. Interior rumah yang sama sekali tanpa hiasan tentu akan terasa membosankan. Maka, menambahkan sedikit dekorasi pada rumah akan membuatnya lebih menarik, tanpa harus kehilangan gaya minimalisnya. Misalnya, daripada kosong melompong, meja ruang tamu ada baiknya diletakkan diatasnya sebuah vas bunga. Sebuah kaligrafi atau lukisan alam yang indah bisa ditambahkan pada dinding Anda.
  • Utamakan kualitas daripada jumlah (kuantitas). Daripada memiliki banyak barang di rumah, seorang yang berjiwa minimalis hanya akan memilih beberapa barang yang benar-benar bagus yang ia sukai dan sering ia gunakan. Sebuah meja yang cantik dan berkualitas, misalnya lebih baik daripada 5 buah meja yang kurang diperlukan dan berkualitas buruk.
Related post:  Tahapan Membangun Rumah di Amerika Serikat

 

[su_button url=”http://www.jasa-one.com/panduan-desain-interior-rumah-minimalis/” style=”glass” icon=”icon: backward”]Selanjutnya (part 2)[/su_button]

 


Referensi: https://zenhabits.net/a-guide-to-creating-a-minimalist-home/

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap