Model Pintu Kamar Mandi Minimalis Terbaru

  • by
model pintu kamar mandi terbaru minimalis modern

Model Pintu Kamar Mandi Minimalis Terbaru- Pintu kamar mandi atau toilet seringkali kurang diperhatikan, padahal, mereka sebenarnya memainkan peran yang sangat penting dalam desain interior ruangan dan suasana yang diciptakan di dalamnya.

Karena kamar mandi adalah ruang fungsional, maka fokus utamanya adalah pada fungsionalitas dan segala sesuatu yang bersifat dekoratif menempati posisi kedua. Pintu ini menggabungkan dua kategori, yaitu ukuran dan fungsi, dimana secara fungsi  maksimal sekaligus indah secara estetika.

Baca juga: Model Kusen Pintu dan Jendela Minimalis Modern Terbaru

Model Pintu Kamar Mandi Minimalis Terbaru

Di bawah ini Anda dapat menemukan deskripsi singkat untuk serangkaian jenis dan model pintu yang kami kira cocok untuk kamar mandi.

Pintu Kamar Mandi Pocket yang Hemat Tempat

model pintu kamar mandi pocket

(sumber: homedit.com)

Pintu pocket adalah salah satu pilihan ideal untuk kamar mandi. Karena pintu ini tidak membuka dengan sistem diayunkan kedalam seperti umumnya pintu, melainkan dengan cara digeser kedalam dinding, menjadikan model pintu ini lebih hemat ruang.

Baca juga:  19 Ide Pintu Rumah Modern Minimalis Terbaru

Model Pintu Lumbung Sliding Kayu

model pintu kamar mandi lumbung barn door

(sumber: pinterest.com / myhomedecorworld.com)

Seperti halnya dengan model pintu pocket diatas, pintu lumbung ini selain praktis juga lebih hemat ruang karena dibuka dengan cara digeser (sliding) ke samping dinding. Pintu lumbung sangat cocok dan nyaman digunakan pada kamar mandi. Pintu model ini umumnya terbuat dari kayu dan daun pintunya dibuat pada bagian luar kamar mandi seperti terlihat pada gambar diatas.

Pintu Panel 

model pintu kamar mandi panel warna biru tua

(pinterest.com / housebecominghome.com)

Pintu panel adalah jenis pintu yang paling umum dipakai pada bagian interior rumah, termasuk pada pintu kamar mandi. Pintu panel dikenal dengan pola kotak atau persegi panjangnya.

Model Pintu Plastik PVC

pintu kamar mandi plastik pvc

(pinterest.com/directdoors.com)

model pintu plastik folding lipat

Pintu plastik PVC lipat (folding door) (pinterest.com/peppermillhome.com)

Pintu plastik (PVC) merupakan salah satu model pintu yang ideal digunakan pada kamar mandi atau toilet. Bahannya yang anti air membuat pintu jenis ini sangat populer untuk digunakan pada kamar mandi. Selain itu, pintu plastik ini juga kuat, tahan lama dan relatif lebih murah dibandingkan dengan pintu model lainnya.

Pintu Aluminium

model pintu kamar mandi aluminium

(pinterest.com/hugealu.com)

Sama seperti pintu PVC, model pintu aluminium juga umum digunakan pada kamar mandi dan toilet karena karakternya yang anti karat, tahan lama dan lebih ringan.

Pintu Kaca

model pintu kamar mandi kaca

(pinterest.com/architecturaldigest.com)

Pintu model ini lebih cocok pada kamar mandi pribadi di dalam kamar tidur, terutama pintu kaca yang benar-benar trasparan. Cocok bagi Anda yang lebih suka desain transparansi. Pintu kaca membuat desain lebih elegan dan modern.

pintu kamar mandi kaca panel

(overstock.com)

pintu kamar mandi kaca

(overstock.com)

Tips Cara Memilih Model Pintu Kamar Mandi/Toilet

Jika saat ini Anda sedang berencana membangun atau merenovasi rumah dan melibatkan pemilihan atau penggantian pintu atau jendela, mungkin Anda perlu sedikit bantuan dalam memilih model pintu kamar mandi yang cocok.

Baca juga:  Model Pintu Minimalis Elegan Lengkap Terbaru

Mungkin Anda akan sedikit menghadapi tantangan dalam meilih model pintu ini. Karena kebanyakan kamar mandi atau toilet relatif berukuran kecil, mungkin Anda akan kesulitan mencari ukuran yang pas untuk pintu kamar mandi Anda.

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah kondisi kamar mandi yang sering terpapar dengan air dan kelembaban ekstra yang dapat menyebabkan kerusakan sebagian tipe pintu.

Dalam memilih pintu yang cocok untuk kamar mandi Anda, hal yang perlu diperhatikan adalah fungsi, estetikan dan keindahan, dan harganya. 

Berikut kami telah mengumpulkan beberapa tips untuk membantu Anda memilih pintu kamar mandi yang cocok.

1. Pilih Material yang Cocok

Meski popular digunakan pada interior rumah, pintu kayu mungkin kurang cocok dipakai untuk ruang kamar mandi karena kayu bisa cepat rusak dan lapuk terkena air. Pilihan terbaik mungkin menggunakan pintu plastik PVC, aluminium, fiberglass, kaca dan lainnya yang bahannya tahan air.

2. Tentukan Arah Bukaan

Karena kebanyakan kamar mandi notabene berukuran kecil,maka sangat penting menentukan arab membuka pintu apakah ingin dibuka ke kanan atau ke kiri. Pastikan agar pintu kamar mandi Anda tidak berbenturan dengan benda-benda lain yang ada disana, seperti cermin, rak, dsb.

3. Tentukan Apakah Anda Memerlukan Pintu Pre-hung

Prehung door (pintu pre-hung) adalah pintu praktis yang telah dilekatkan pada bingkai atau kusennya. Pintu ini memungkinkan untuk lebih mempermudah pemasangan, dan pilihan yang tepat jika suatu saat Anda ingin mengganti pintu sekaligus kusennya. Tapi, apabila Anda ingin tetap menggunakan kusen yang sama, gunakan pintu yang biasa saja.

Baca juga:  Model Pintu Depan Rumah Minimalis Terbaru

4. Hitung Ukuran Bukaan

Ukur bukaan pintu, ukuran pintu hendaknya dipilih lebih kecil 1/8 inchi lebih kecil dari bukaannya, dan juga lebar kusen harus sama dengan ketebalan tembok.

5. Bandingkan Pilihan Desain

Ada banyak pilihan desain pintu yang dapat Anda pilih, mulai dari yang klasik sampai yang modern, dari yang minimalis sampai dengan yang rumit. Bandingkan sebanyak mungkin desain yang ada dan tentukan desain pintu yang menurut Anda cocok untuk kamar mandi Anda.

6. Pilih Finishing yang Cocok

Pintu kayu dan besi ada yang dijual dalam kondisi belum dicat dan yang sudah dicat. Anda akan mendapatkan garansi yang lebih panjang dan finishing yang lebih baik jika membeli pintu yang belum dicat. Adapun pintu plastik dan sejenisnya biasanya sudah dalam bentuk jadi dan diberi warna dari pabriknya.

 

Referensi:

  • https://www.overstock.com/guides/how-to-pick-a-bathroom-door