Model Pintu dengan Mekanisme Buka Tutup Berbeda

  • by
pintu sistem engsel minimalis

Selain dari segi bentuk dan tampilan seperti pintu minimalis, ada banyak model pintu dengan mekanisme dan sistem buka-tutup yang beragam yang dipakai pada rumah, kantor, toko, mall dan lainya. Seiring dengan berkembangnya teknologi, pintu dengan cara kerja yang lebih canggihpun dikembangkan, dengan tujuan untuk memudahkan orang ketika hendak keluar masuk suatu bangunan, juga dari segi keamanannya.

Baca juga:  Pintu Depan Rumah Minimalis Modern Model Terbaru dan Contohnya

Pada tulisan kali ini, kami telah mengumpulkan beberapa informasi ringkas tentang berbagai macam pintu dengan mekanisme cara kerja berbeda, selamat membaca.

1. Pintu Engsel (hinged door)

 

Model pintu engsel minimalis

Pintu engsel (sumber: directdoors.com)

Pintu engsel adalah model pintu yang paling umum digunakan di dunia karena kesederhanaannya. Pintu ini menggunakan engsel pada sisi pangkalnya agar dapat dibuka tutup satu arah.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Pintu PVC Kamar Mandi yang Jarang Diketahui

2. Pintu Geser (sliding door)

Pintu geser atau sliding door adalah model pintu yang cara kerja buka tutupnya dengan cara digeser. Pintu ini digunakan orang biasanya untuk menghemat ruangan, karena pintu hanya digeser kesamping sehingga tidak memakan tempat untuk daun pintu yang membuka kedalam. Selain itu pintu ini tanpak lebih elegan dan secara estetika lebih indah. Pintu ini cocok digunakan pada indoor atau pintu akses ke belakang rumah minimalis.

Pintu geser bekerja menggunakan jalur (track) yang dipasang dibagian atasnya. Pintu model ini dapat dibuat dengan daun pintu tunggal atau dua daun pintu.

Pintu geser sering dijumpai pada ruang ber AC dan biasanya tracknya dibuat agar bisa menutup secara otomatis, sehingga udara diruangan lebih cepat.

Pintu geser minimalis

Pintu minimalis dengan sistem geser (sumber: hometoz.com)

3. Pintu Putar (rotating door)

pintu berputar (rotating door) kaca minimalis single

Pintu berputar (rotating door) single ( sumber: design-milk.com)

Pintu putar umumnya sering kita lihat di pusat perbelanjaan atau kantor di luar negri pada TV atau film. Sliding door biasanya memiliki 4 daun pintu yang bercabang dari tiang porosnya yang ada di tengah. Pintu model ini memungkinkan orang untuk keluar masuk dari arah yang berbeda tanpa harus bertabrakan dan juga dapat memblok udara akses seteleh orang keluar atau masuk, cocok untuk ruang berAC.

Baca juga:  Pintu Depan Rumah Minimalis Modern Model Terbaru dan Contohnya

 

4. Pintu Kecepatan Tinggi (high-speed door)

Pintu kecepatan tinggi adalah pintu yang memiliki kemampuan buka tutup sangat cepat, biasanya pintu model ini digunakan pada lingkungan industri dimana kecepatan buka tutup pintu berpengaruh besar pada produktifitas dan efisiensi produksi.

Pintu kecepatan tinggi (highspeed door)

Pintu kecepatan tinggi (highspeed door) (sumber: terrauniversal.com)

5. Pintu Otomatis (automatic door)

Pintu otomatis adalah pintu yang sistem buka tutupnya menggunakan pegas/per, elektrik atau keduanya. Pintu ini cocok bagi ruangan ber AC dimana kadang orang lupa menutup kembali pintu yang menyebabkan AC di ruangan tidak terasa dingin. Sistem buka tutupnya biaanya memakai sensor seperti yang sering kita jumpai di perkantoran atau mall dan pusat perbelanjaan.

Baca juga:  Model Pintu Lipat Minimalis Terbaru dengan Harga dan Gambarnya

 

Pintu otomatis automatic door dengan sensor

Contoh pintu otomatis automatic door dengan sensor (Sumber: lolwot.com)

 6. Lainnya

Sebenarnya ada banyak model dengan sistem buka tutup lainnya, seiring dengan berkembangnya teknologi dan inovasi manusia maka semakin hari semakin ada saja orang berinovasi membuat macam-macam jenis pintu.


Referensi: Wikipedia