Model Pintu Belanda Klasik tapi Stylish, Sejarah dan Contohnya

  • by
Model Pintu Belanda Klasik tapi Stylish, Sejarah dan Contohnya

Pintu belanda adalah pintu model klasik yang memiliki dua daun secara horizontal yang dapat dibuka bagian atas dan bawahnya. Gaya pintu yang telah berumur 400 tahunan ini cocok untuk digunakan untuk pintu akses ke halaman belakang rumah, dimana Anda Anda dapat membuka salah satu daunnya (terutama yang atas) untuk mendapatkan udara outdoor, dan tetap menutup bagian bawah pintu agar hewan peliharaan tidak bisa keluar-masuk.

Baca juga:  Model Pintu dengan Mekanisme Buka Tutup Berbeda

Meskipun gayanya yang klasik, bukan berarti tidak relevan untuk digunakan pada era modern. Pintu belanda saat ini telah ada dalam banyak model dan gaya menyesuaikan dengan konteks modern dan minimalis.

Pintu belanda cocok untuk Anda yang memelihara hewan peliharaan dirumah seperti kucing, kelinci dan lainnya. Jika Anda tidak ingin hewan peliharaan keluar atau masuk ruangan tapi disaat yang sama Anda tetap ingin mendapatkan pasokan cahaya dan udara dari luar, maka pintu belanda cocok diaplikasikan di pada rumah Anda.

Baca juga:  5 Jenis Pintu Rumah Berdasarkan Material Bahan dan Gambarnya

Model Pintu Belanda Klasik tapi Stylish, Sejarah dan Contohnya

Model Pintu Belanda Klasik tapi Stylish, Sejarah dan Contohnya

(sumber: homedit.com)

Sejarah Pintu Belanda

Seperti namanya, model pintu belanda berasal dari negeri belanda. Pintu ini pertama kali dipakai di Belanda pada abad ke 17 masehi, tujuan dibuatnya pintu model ini murni fungsional. Dibuat dengan dua pintu secara horizontal, dimana bagian bawah biasanya dibiarkan tertutup supaya hewan pengerat dan hewan ternak tidak nyelonong ke dalam rumah, sementara bagian atasnya dibiarkan terbuka untuk akses masuk cahaya dan udara segar.

Imigran Belanda membawa desain pintu belanda ke Amerika dan sebagian wilayah jajahan mereka, dan secara cepat menjadi pintu favorit di kalangan kolonialis dan penduduk pedesaan. Desain pintu belanda tetap menjadi pilihan favorit sampai akhir tahun 1800 an ketika pintu kasa/pintu angin (screen door) diciptakan. Meski tren pintu belanda untuk penggunaan eksterior mulai berkurang, tapi penggunaan interior mulai ramai terutama dipakai untuk memisahkan ruang makan dan dapur.

Kelebihan dan Kekurangan Pintu Belanda

Setiap desain dan gaya tentunya ada kelebihan dan kekurangan masing-masing, berikut ini beberapa kelebihan dan juga kekurangan pintu belanda.

Kelebihan

  • Menampilkan gaya klasik pedesaan yang kental
  • Lebih aman untuk Anda yang memiliki bayi atau hewan peliharaan, dengan menutup daun pintu bagian bawah untuk memastikan bayi Anda tidak keluar
  • Demikian juga untuk penggunaan interior, pintu belanda dapat berfungsi untuk menjaga bayi Anda agar tidak keluar ke tempat yang tidak aman bagi mereka.
Baca juga:  Model Pintu Kamar Mandi Minimalis Terbaru

Kekurangan

  • Pintu belanda tidak cocok jika di area rumah Anda banyak terdapat hama. Pintu yang dibiarkan terbuka akan mengundang hama dan wereng menyerbu masuk rumah
  • Pintu belanda relatif lebih mahal dari pintu biasa
  • Harus ekstra hati-hati ketika menutup/membuka pintu ini karena kalau tidak celah diantara dua daun pintu dapat menjepit tangan Anda.

 

Contoh Gambar Model Pintu Belanda

Sebagai inspirasi Anda, berikut beberapa contoh model pintu belanda yang bisa jadikan acuan jika suatu saat Anda berniat memasang pintu model ini di rumah Anda.

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kate Walker Design (@katewalker_design) pada

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Karen Snyder (@sanctuaryhomedecor) pada

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Style Me Pretty Living (@smpliving) pada

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh GAZZOLI CONSTRUCTION INC (@gazzoli_construction_inc) pada

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sisal & Serendipity (@sisalandserendipity) pada

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Samantha Teson (@samanthateson_realtor) pada


Ref: https://www.bobvila.com/articles/dutch-doors/

Baca juga:  8 Jenis Pintu Berdasarkan Gayanya, Desain Cantik dan Fungsional