Wow! 7 Model Desain Pintu Geser untuk Rumah yang Lebih Hemat Ruang

model desain pintu geser panel kaca dan kayu

Pintu Geser atau pocket door cocok sekali digunakan pada pembangunan sebuah rumah yang tidak memiliki space yang luas. Contohnya sebuah rumah yang dibangun di daerah perkotaan. Di mana harga lahan sudah sangat mahal, sehingga lahan pembangunan rumah tidak terlalu luas. Mari baca selengkapnya.

model desain pintu gerser minimalis depan
via: wayfair.com

Bangunan apapun jenisnya pasti membutuhkan yang namanya pintu. Jadi memang elemen ini tidak dapat dihilangkan. Karena pintu adalah akses keluar masuk rumah. Walaupun memang kalau antar ruangan beberapa boleh tidak menggunakan pintu, contohnya dari ruang dapur ke ruang makan.

Namun masih banyak yang tidak mengenal model pintu geser ini. Padahal kamu dapat mempertimbangkan ini untuk alternatif pilihan.

Mengapa memilih pintu geser?

model desain pintu gerser
Model desain pintu gerser (directdoors.com)

Tentu saja ada alasan mengapa kamu sebaiknya memilih jenis pintu geser ini. Karena dengan menggunakannya, maka kamu dapat menghemat penggunaan tempat.

Related post:  8 Jenis Pintu Berdasarkan Gayanya, Desain Cantik dan Fungsional

Selain itu mempertahankan luas hunian. Kalau jaman dahulu itu hanya ada pintu engsel biasa, namun kelemahannya saat dibuka akan membutuhkan space yang lebih banyak.

Jenis pintu geser juga cocok untuk tampilan rumah kamu yang menggunakan konsep tertentu. Contohnya aja kalau kamu memiliki rumah yang menggunakan konsep interior ala Jepang, maka pintu ini cocok sekali untuk kamu gunakan.

Variasi pintu geser ada banyak

Namun, memang variasi jenis pintu ini ada banyak. Karena itu supaya kamu tidak bingung. Maka ada yang dapat kamu jadikan patokan. Yakni kamu dapat melihat dari segi bahan baku, kebutuhan, serta fungsi dari pintu geser tersebut di rumah kamu.

Selain itu kamu juga perlu memperhatikan material apa yang digunakan untuk membuatnya. Untuk pembahasan material dapat kamu lihat di bawah ini.

Pintu geser kayu

model desain pintu geser kayu
archdaily.com

Salah satu material favorit dalam pembuatan pintu geser adalah kayu. Di mana dengan menggunakan material ini maka privasi pun akan lebih terjaga. Karena pintu geser berbahan kayu itu tidak tembus pandang. Selain itu kayu adalah bahan yang solid dan kuat, juga murah, kecuali menggunakan bahan kayu jati.

Related post:  Merawat Pintu Rumah Anda Agar Memiliki Daya Tahan Lama

Ruangan apa saja yang cocok menggunakan pintu geser kayu? Beberapa di antaranya adalah ruang kamar, ruang makan, dan yang paling cocok adalah ruang gudang.

model desain pintu gerser minimalis ruang tamu
Model desain pintu gerser minimalis (directdoors.com)

Misalkan rumah kamu ada gudang kecil untuk menyimpan peralatan kebersihan rumah. Maka untuk ruangan tersebut kamu dapat menggunakan pintu geser material kayu ini. Selain itu motif kayu dengan motifnya yang unik dan berbeda-beda juga akan menjadikan interior rumah terlihat lebih rapi, dan efek lebih hidup di dalam rumah.

Pintu geser dengan panel kaca dan kayu

model desain pintu geser panel kaca dan kayu
directdoors.com

Memang ada bahan kayunya, tetapi berbeda dengan pintu geser yang full material kayu. Kalau ini ditambah dengan panel kaca. Cocok digunakan sebagai pintu untuk ruang keluarga dan halaman belakang. Tetapi kurang cocok untuk ruang kamar tidur, atau ruangan lain yang membutuhkan privasi. Karena tembus pandang. Iya, kan kacanya tembus pandang. Untuk kayu hanya digunakan di sekeliling kaca tersebut saja.

model desain pintu geser panel kaca dan kayu 323202
Model desain pintu geser panel kaca dan frame kayu untuk pintu depan (uswindow-door.com)

Lalu apakah kelebihan dari pintu geser dari panel kaca dan kombinasi kayu ini? Jadi dengan menggunakan pintu ini maka pencahayaan matahari pun akan bisa masuk ke dalam ruangan. Selain itu sirkulasi udara juga terasa lebih menyegarkan.

Related post:  Model Pintu Dua Minimalis (Pintu Double) Elegan Terbaru

Pintu geser dengan material kaca buram

pintu kaser dengan panel kaca buram
Pintu kaser dengan panel kaca buram (etsy.com)

Pintu geser dengan bahan ini bisa menjaga privasi. Biasanya digunakan dalam kamar mandi. Karena pintu ini tak memakan tempat. Kalau kamu ingin melihat penggunaannya, biasanya digunakan di hotel-hotel. Sehingga privasi orang yang menggunakan kamar mandi akan tetap terjaga.

Di ruangan hotel antara kamar tidur dengan kamar mandi kan satu ruangan. Sehingga pintu geser dengan material kaca buram ini cocok sekali untuk digunakan.

 

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap