Model dan Desain Kanopi (Topi) Jendela Minimalis Terbaru

 Model dan Desain Kanopi (Topi) Jendela Minimalis Terbaru – Entah kenapa, kebanyakan jendela rumah di Indonesia jarang ada yang memasang kanopi (topi) untuk jendela mereka, padahal banyak sekali manfaat menggunakan jika jendela dipasangkan kanopi diatasnya. Diantara manfaat memasang kanopi jendala, seperti:

  1. Menjadikan suasana dan udara di sekitar jendela maupun di dalam ruangan mejadi lebih teduh dan sejuk
  2. Mencegah air masuk ke dalam ruangan jika terjadi hujan badai
  3. Menjaga kusen dan jendela dari terpapar langsung pada hujan dan panas sehingga tidak cepat rusak dan lebih awet

Selain banyak manfaat, penggunaan kanopi untuk jendela Anda juga akan menambah cantik tampilan rumah, sehingga apabila suatu saat nanti rumah Anda ingin dijual atau disewakan, maka ini menjadi nilai tambah di mata calon pembeli atau penyewa rumah Anda nantinya.

Ada banyak banyak model dan desain kanopi jendela yang bisa jadi pilihan. Salah satu model yang paling populer di era modern ini adalah desain kanopi jendela minimalis. Desain minimalis sendiri dapat diaplikasikan pada berbagai macam jenis kanopi. Karena desainnya yang simpel dan sederhana, desain minimalis mampu memikat banyak orang sepanjang masa. Bisa dikatakan, desain minimalis adalah desain evergreen yang tidak sirna lekang oleh masa.

Pada artikel ini kami akan mengulas beberapa model desain kanopi jendela untuk Anda, dilengkapi dengan contoh gambarnya.

Kanopi Jendela Cor Minimalis

kanopi jendela cor beton semen minimalis 01
(givdo.com)

Seperti namanya, kanopi jendela cor kanopi ini dibuat dengan semen beton yang dibentuk menjadi kanopi jendela yang bersifat permanen dan biasanya dibuat bersamaan dengan pembangunan rumah itu sendiri. Kanopi beton cocok untuk rumah minimalis, rumah terlihat semakin cantik dan elegan.

Karena kanopi cor memerlukan tulang besi penyangga pada bagian dalamnya agar kuat dan kokoh, maka sangat sulit apabila kanopi model ini dibuat setelah rumah dibangun, dinding atau tembok rumah Anda mungkin harus dibobok terlebih dahulu untuk menyambungkan tulang besi kanopi. Ini tentu pekerjaan yang memakan biaya, selain itu juga bisa merusak dinding rumah Anda.

Namun jangan khawatir, masih banyak pilihan kanopi model lainnya yang dapat Anda jadikan pilihan tanpa harus membobok dinding rumah Anda.

Kanopi Jendela Kain 

kanopi jendela kain minimalis
Kanopi jendela kain minimalis (via: windowfilmforturf.com)

Model kanopi jendela kain ini sering kita jumpai pada rumah eropa klasik (dalam bahasa inggris lebih dikenal dengan istilah awning), dengan ciri khas polanya yang bergaris-garis. Kanopi unik ini bisa menjadi pilihan untuk jendela Anda, selain praktis juga menambah cantik dan menarik untuk rumah Anda. Kanopi model kain juga tersedia model yang bisa dibuka-tutup sehingga sangat fleksibel.

Kanopi Jendela Baja Ringan

kanopi jendela baja ringan minimalis
Kanopi jendela baja ringan minimalis (via: homebunch.com)

Baja ringan (galvalum) adalah bahan yang sangat populer untuk konstruksi kanopi minimalis teras rumah di Indonesia, baja ringan populer karena bahannya murah, proses pembangunan cepat dan juga anti karat, lapuk dan tidak mudah terbakar.

Tidak diragukan lagi, baja ringan juga sangat cocok dijadikan bahan kanopi pada jendela Anda. Kanopi ini termasuk pilihan yang tepat untuk Anda karena harga bahan dan pemasangannya relatif murah, dengan tetap mempertahankan kualitas dan keindahan.

Kanopi Jendela Kayu 

kanopi jendela kayu 02
(blog.diyshutters.com)

Kanopi jendela dari bahan kayu bisa menjadi alternatif terbaik bagi Anda. Karena kayu bisa dibentuk sesuai keinginan dengan mudah, bahan kayu dapat disesuaikan dengan model dan desain kanopi jendela apa saja, bisa desain klasik, minimalis, dan sebagainya.

Banyak jenis kayu yang dapat dijadikan bahan kanopi jendela Anda, namun karena penggunaan outdoor, Anda disarankan menggunakan kayu yang kokoh dan tahan lama, seperti kayu jati, karena jika tidak maka konstruksi kanopi Anda akan cepat rusak dan keropos sering terpapar matahari dan air hujan.

Kanopi Jendela Metal, Besi, Aluminium dan Kaca

kanopi jendela metal stainless steel besi 03
(via: wayfair.com)

Penggunaan besi sebagai bahan bangunan tidak hanya membuat bangunan kokoh, tapi juga memberikan kesan elegan pada rumah, demikian juga penggunaan kaca. Kanopi jendela juga dapat dibuat dari besi baja (stainless steel) dengan bermacam model, terutama model klasik. Sebagai atapnya, kaca tempered (tempered glass) dapat menjadi pilihan untuk menambah gaya yang elegan rumah Anda. Alternatif lain, kaca akrilik juga bisa dicoba untuk atap kanopi.

kanopi jendela kaca
Kanopi jendela kaca tempered glass minimalis (via: wayfair.com)

Untuk bahan yang lebih ringan, bahan aluminium bisa menjadi pilihan yang tidak kalah bagus. Selain ringan, material aluminium juga anti karat, sangat cocok untuk digunakan pada area outdoor yang rentan terkena hujan.

Kanopi Jendela Model Klasik

kanopi jendela klasik
(via: designyourawning.com)

Kanopi jendela berdesain klasik cocok untuk Anda yang menyukai gaya vintage, tentunya desain ini harus menyesuaikan dengan gaya rumah Anda juga. Desan klasik biasanya ditandai dengan ciri khasnya yang memiliki banyak ornamen dan hiasan, kalau menggunakan bahan kayu biasaya ada hiasan berupa ukiran dengan pola bunga, demikian juga dengan besi biasanya dibuat lekukan-lekukan untuk ornamen tambahan.

Kanopi Jendela Model Minimalis

kanopi jendela minimalis rumah mewah
Kanopi jendela minimalis rumah mewah (via: thelilypadcottage.com)

 

Berseberangan dengan model klasik, kanopi jendela minimalis memiliki ciri desain yang simpel dan sederhana. Biasanya desain minimalis tidak memiliki banyak ornamen yang kurang pernting, desain ini lebih mengutamakan fungsi daripada hiasan-hiasan tambahan. Demikian juga dengan pewrnaanya, biasanya menggunakan warna muda dan kombinasi dua atau 3 warna saja. Desain ini cocok untuk Anda yang suka kesederhanaan. Walaupun sederhana, desain minimalis memiliki daya pikat tersendiri yang mungkin bagi sebagian orang tidak didapatkan pada model desain lainnya.

Kanopi Jendela Kisi Kayu

kanopi jendela kayu kisi kisi 2
(homedesignlover.com)

Kanopi jendela kisi kayu berfungsi lebih kepada untuk sisi keindahan estetika daripada fungsinya sebagai kanopi biasanya yang juga berfungsi sebagai pelindung jendela. Bentuknya seperti kanopi jendela pada umumnya, hanya saja atapnya berupa kisi-kisi dari kayu yang berjejer. Semakin rapat kisi-kisinya maka semakin baik untuk melindungi jendela dari hujan dan terik mentari. Jika Anda ingin membuat kanopi jendela model ini, tentunya Anda mesti menggunakan jenis kayu yang kokoh dan tahan lama agar tidak cepat keropos terkena hujan dan panas.

Kanopi Jendela Bagian Dalam dari Kanvas

kanopi jendela dalam
(via: mychicobsession.com)

Biasanya kanopi berada di bagian luar jendela, tapi kanopi model ini ditempatkan pada bagian dalam terutama pada bagian dalam jendela dapur atau jendela bagian-bagian tertentu di dalam rumah. Biasanya kanopi ini terbuat dari kain kanvas.

Dengan memasang kanopi pada jendela bagian dalam dapur Anda, memungkinkan Anda untuk mengatur cahaya di siang hari agar lebih fokus pada pada bagian tertentu pada rumah, seperti wastafel, hiasan bunga dll.

Jadi fungsinya mirip seperti lampu accent interior rumah Anda, hanya saja berfungsi di siang hari memanfaatkan cahaya matahari. Ini sangat bermanfaat terutama apabila di dapur atau ruangan tertentu pencahayaannya kurang memadai.

Kanopi Jendela Otomatis Elektrik Tenaga Surya

kanopi jendela elektrik otomatis tenaga surya
Kanopi jendela elektrik otomatis tenaga surya (sol-lux.com)

Semakin maju dan canggihnya teknologi semakin banyak produk-produk baru bermunculan yang semakin memudahkan manusia dalam hidup, tidak terkecuali dengan kanopi jendela. Saat ini telah tersedia kanopi jendela dengan teknologi mutakhir. Kanopi ini memanfaatkan tenaga surya sebagai power supplynya. Kanopi ini bekerja secara otomatis, jadi Anda tidak perlu repot untuk membuka atau menutup atapnya. Ketika terpapar matahari, atap kanopi yang berupa kain fabric ini secara otomatis keluar dari gulungannya dan membentang menaungi jendela Anda. Saat matahari terbenam maka atap kanopi secara otomatis pula menggulung dengan sendirinya. Mudah bukan?

Kami mendapatkan info kanopi model elektrik tenaga surya ini dari sebuah perusahaan di Amerika yang membuat produk ini, tapi kami tidak tahu, apakah teknologi kanopi jendela ini sudah tersedia di Indonesia.

Kanopi Jendela Gaya Juliet (Juliet Style Awning)

kanopi jendela juliet style window awning
Kanopi jendela juliet style (cannoncopper.com)

Kanopi juliet style termasuk desain kanopi klasik dengan ciri khas ornamen dan lekukan yang unik. Meskipun berdesain klasik, namun kanopi model ini tetap terlihat elegan dan futuristik. Ciri khas kanopi juliet style ini adalah tidak panjang alias pendek, tapi kemiringian atapnya sangat curam dengan sedikit lekukan di bagian bawah. Atapnya sendiri terbuat dari bahan metal yang bisa ditekuk.

Kanopi Jendela Bentuk Kubah

kanopi jendela kubah window dome window awning
Kanopi jendela kubah (wayfair.com)

Kanopi pada umumnya memiliki bentuk flat standar, tapi ada kanopi jendela dengan desain setengah kubah. Desain setengah kubah ini cocok diterapkan pada bangunan bergaya klasik atau bangunan bergaya timur tengah.

 

 

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap