Merawat Pintu Rumah Anda Agar Memiliki Daya Tahan Lama

Merawat Pintu Rumah Anda Agar Memiliki Daya Tahan Lama

Merawat Pintu Rumah Anda Agar Memiliki Daya Tahan Lama – Jika anda memutuskan untuk membuat rumah atau membeli rumah, tentu keberadaan komponen pintu menjadi sangat penting bagi rumah anda. Pintu rumah memiliki fungsi utama sebagai jalur masuk dan keluar penghuninya dari rumah.

Karena memiliki peran yang sangat penting, sudah seharusnya anda tidak melewatkan komponen satu ini dalam perawatan sehingga pintu rumah anda bisa memiliki umur lebih panjang dan fungsinya tetap bisa dirasakan dalam jangka waktu selama mungkin.

Untuk mencapai umur yang panjang, tentu pintu rumah harus anda rawat, pun jika terdapat kerusakan kecil di sana-sini, Anda tidak lantas menggantinya. Untuk pintu rumah sendiri, terdapat berbagai macam gangguan yang biasa terjadi.

Berikut akan kami bahas permasalahan pintu rumah yang biasa terjadi dan bagaimana cara untuk menghindari atau menghilangkannya.

1. Pintu Rumah Yang Mengeluarkan Decitan

Ketika pintu rumah anda menimbulkan bunyi decitan saat didorong, dapat mengindikasikan bahwa pintu rumah anda memiliki pelumas engsel dan rel yang sudah mulai mengering, atau mungkin sudah berkarat.

Related post:  Macam-macam Jenis Kusen dan Cara Memilih Material Kusen Pintu Rumah Terbaik

Untuk mengatasi hal ini yang anda harus lakukan adalah memberikan pintu rumah Anda minyak pelumas secara berkala dalam jangka waktu satu bulan sekali pada bagian engsel pintu dan rel, dan kemudian lakukan beberapa kali dorongan bolak-balik agar minyak pelumas yang anda berikan bisa meresap.

2. Pintu Rumah yang Menggesek Lantai

Pernahkan Anda mengalami kondisi ini? Pintu rumah yang menggesek lantai tentu akan banyak menimbulkan kekesalan pada pemiliki rumah, terlebih apabila permasalahan ini tidak kunjung diatasi sehingga menimbulkan lecet pada lantai atau kusen.

Jika pintu rumah anda terbuat dari double teak wood atau bahan tripleks, gesekan antara pintu dan lantai ini akan membuat kayu lapisannya terkelupas dan menjadi tidak enak dipandang. Terlebih lagi apabila lokasinya terletak pada tempat yang berair atau cenderung memiliki kadar kelembapan tinggi, tiap lembar kayu yang melapis pintu juga akan sangat mudah terkelupas.

Permasalahan ini disebabkan oleh deformasi sambungan, engsel aus atau bisa juga lepas lantaran beban pintu rumah yang terlalu berat, atau bisa juga disebabkan oleh kayu yang memuai.

Related post:  Arti Dibalik Warna Pintu Rumah dan Tips Memilih Warna yang Benar

Deformasi yang terjadi pada sambungan dipicu oleh pemilihan jenis kayu yang terlalu lunak, lapuk, dan butuh penanganan khusus. Jika permasalahan ini disebabkan oleh kayu yang memuai, maka pintu tersebut bisa anda copot atau asah (disayat) pada bagian yang bersentuhan dan selalu bergesekan. Bagaimanapun, anda bisa menghindari pemuaian kayu dengan memilih kayu yang benar-benar kering.

3. Pintu Rumah Yang Renggang

Masalah berikutnya yang tidak jarang terjadi adalah pinturumah yang mulai renggang dan retak lantaran terjadi penyusutan. Permasalahan ini umunya ditemui pada pintu panil, karena volume papan tersebut mengalami penyusutan sehingga menyebabkannya tak menyatu dengan rangkanya.

Penyusutan ini diakibatkan oleh pemakaian kayu basah dan belum kering untuk membuat pintu rumah. Setelah beberapa waktu, karena pengaruh cuaca, maka akan terjadi penyusutan yang menyebabkan volume kayu berkurang.

Hal yang bisa anda lakukan adalah dengan mencopot panil dan mengolesi sisi papan kayu dengan lem, dan tambal dengan menggunakan jenis kayu yang sama. Jika kerenggangan terjadi minim, Anda hanya perlu mendempulnya dengan jenis yang mirip dengan finishing pintu.

Related post:  Model Pintu Belanda Klasik tapi Stylish, Sejarah dan Contohnya

Tiga hal di atas adalah hal-hal yang sering terjadi pada pintu rumah anda. Mengatasi hal-hal diatas dapat membantu merawat pintu rumah Anda agar memiliki daya tahan yang lebih lama. Anda juga perlu untuk memilih jenis bahan yang sesuai dengan kebutuhan untuk menghindari kerusakan dini yang tidak diinginkan.

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap