Unik! Desain Rumah Terbalik (Upside Down House) yang Ada di Indonesia dan Dunia

  • by
rumah terbalik polandia

Manusia seringkali mencari dan menciptakan suasana baru untuk menghilangkan rasa bosan, termasuk menciptakan ide-ide gila yang belum pernah terpikirkan oleh manusia sebelumnya.

Rumah umumnya seperti rumah minimalis atau rumah mewah sudah biasa. Diantara ide gila tersebut adalah ide desain rumah terbalik, dimana bagian bawah (pondasi) dibuat keatas, dan bagian atas kebawah (upside down) sehingga terlihat seperti rumah terbalik.

Sekilas, rumah-rumah ini terlihat seperti rumah yang baru saja terkena bencana yang menyebabkan pondasinya tercabut, terhempas, kemudian terbalik atau seperti habis jatuh dari langit. Tapi tidak, rumah-rumah ini sengaja didesain sedemikian rupa oleh orang-orang yang memiliki ide “gila” sehingga terlihat seperti rumah terbalik.

Rumah-rumah ini setahu kami dibuat hanya sebatas untuk daya tarik pengunjung di tempat-tempat wisata saja. Belum ada orang yang benar-benar mendesain rumah dengan konsep terbalik sebagai hunian.

Baca juga:  8 Tips yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Rumah (Bag. 2)

Seperti apa tampilan rumah dengan desain gila tersebut? Baca terus ulasan berikut ini.

1. Rumah Terbalik di Desa Temajuk, Sambas, Kalbar

desain rumah terbalik desa temajuk sambas kalimantan barat 01

via resortcamarbulan.blogspot.com

Ini adalah rumah terbalik pertama yang ada di Indonesia, tepatnya di desa Temajuk, Sambas, Kalimantan Barat. Rumah dengan desain upside down ini tidak hanya tampilan luarnya yang terbalik, tapi juga interior dalamnya disetting terbalik, sehingga sering dijadikan untuk tempat befoto unik. Untuk masuk dan berfoto didalam rumah ini dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,-

2. Rumah Terbalik di Lombok, NTB

Rumah terbali kali ini ada di Lombok. Rumah unik ini sedang naik daun dan ramai dikunjungi orang, terutama wisatawan lokal. Disamping rumah ini juga terdapat pemandangan unik dan masik dengan tema desain terbalik, yaitu sebuah mobil sedan yang dibuat seolah sedang berjalan terbalik.

3. Rumah Terbalik Eco Green Park, Malang, Jawa Timur

Rumah terbalik yang berwarna pink ini adalah salah satu ikon unik yang ada di Eco Green Park di Batu, Malang. Eco Green Park adalah wahana wisata yang bertemakan alam. Di tempat ini, banyak hal unik yang dapat dilihat dan juga cocok untuk ajang edukasi anak-anak. Terdapat berbagai jenis burung unik yang ada di dunia, dan hal-hal unik dan menarik lainnya.

Baca juga:  Model Desain Dapur Minimalis Sederhana

4. Rumah Terbalik Kuala Lumpur, Malaysia

desain rumah terbalik kuala lumpur malaysia

Rumah upside down Kuala Lumpur, Malaysia, via lifestyle.okezone.com

Tidak hanya menara kembar Petronas, Malaysia juga menawarkan banyak destinasi wisata yang menarik dan unik lainnya. Diantara hal unik yang mungkin bisa dikunjungi adalah rumah terbalik. Setidaknya ada dua rumah terlbalik yang ada di Malaysia, yang pertama dibangun pada 2012 ada di Negeri Sabah, kemudian di Kuala Lumpur.

rumah terbalik tamparuli sabah malaysia

via tripadvisor.co.id

5. Rumah Terbalik di Thailand

Rumah terbalik berikutnya ada di  Pattaya, Thiland. Sekilas rumah ini tidak berbeda dengan rumah terbalik pada umumnya, tapi pengunjung rumah ini ditawarkan sensasi terbalik dan kemirinngan yang luar biasa, seperti terombang-ambing.

6. Rumah Terbalik Ontario, Kanada

rumah terbalik ontario kanada canada

via harian.co

Rumah terbalik yang satu ini didirikan oleh pasangan imigran asal Polandia yang ada di kota Ontario, Kanada. Diberi nama Upside Down House Niagara Falls. Dinamakan demikian karena kesan mereka ketika mengunjungi air terjun niagara pada tahun 2004 silam.

Baca juga:  5 Alasan Kenapa Anda Harus Menyewa Desainer Interior

7. Rumah Terbalik Polandia

rumah terbalik polandia

via elitereaders.net

Rumah terbalik satu ini berada di Szymbark, sebuah kota kecil di utara Polandia. Rumah ini dibuat oleh seorang pebisnis Polandia untuk melambangkan berakhirnya pengaruh Komunisme di negara itu.

Demikian beberapa ulasan desain rumah terbalik yang ada di Indonesia dan tempat lain di dunia. Bagaimana, apakah Anda terinspirasi untuk membuat rumah dengan desain terbalik?