Macam-macam Jenis Kusen dan Cara Memilih Material Kusen Pintu Rumah Terbaik

Macam-macam Jenis Kusen dan Cara Memilih Material Kusen Pintu Rumah Terbaik

Ketika proses membangun rumah idaman, pasti anda akan memperhatikan dan memperhitungkan segala sesuatunya dengan sangat detail. Terlebih bagian pintu dan kusen, sebagai akses utama masuk ke dalam rumah biasanya pintu dan kusen rumah menjadi sorotan pertama mata memandang.

Anda sebaiknya selalu menyelaraskan model pintu dengan model rumah anda. Setelah menentukan bagaimana bentuk kusen pintu, sekarang tiba saatnya untuk memilih material terbaiknya. Berikut beberapa macam jenis material kusen yang dapat dipilih dan dipadu padankan dengan konsep rumah idaman anda.

Kusen Material kayu

Penggunaan material kayu adalah yang paling umum digunakan sebagai furniture rumah. Material kayu cenderung fleksibel jadi akan cocok jika dipadukan dengan gaya rumah klasik, modern atau tradisional. Material ini juga memudahkan pengrajin kayu untuk membentuk kusen sesuai permintaan pelanggan. Kelebihannya adalah sifat dasar kayu yang dingin akan membuat temperature suhu rumah tetap stabil.

Related post:  5 Ide Kreatif Hiasan Pintu Rumah yang Bisa Anda Buat Sendiri

Namun jika anda memilih material kayu, pilihlah jenis kayu yang tahan lama. Karena ada beberapa jenis kayu yang mudah dirusak hama seperti rayap. Juga beberapa kayu tidak tahan dengan terpaan panas matahari dan hujan.

Kusen Material vynil

Material vynil berbahan dasar PVC seperti yang biasa digunakan untuk membuat pipa plastik. Jika dibandingkan dengan material kayu, harga kusen pintu rumah dari vynil cenderung lebih murah. Dan material ini juga dapat menyerap panas dengan baik. Namun dari segi katahanan, material vynil kurang dapat bertahan untuk waktu yang lama.

Kusen Material aluminium

Jika anda termasuk orang yang memperhatikan soal ketahanan sebuah material, maka memilih aluminium sebagai kusen pintu rumah adalah pilihan terbaik. Tampilannya lebih modern, juga bisa menghasilkan pencahayaan yang baik untuk ruangan anda. Sayangnya, kusen bermaterial aluminium lebih mahal harganya dibanding dengan kusen lain.

Kusen Material pintu cor

Pintu cor berbahan beton. Pengrajin kusen biasanya membuatnya dengan sistem cetak dan menyambungkannya dengan kawat. Banyak kelebihan kusen pintu cor ini; anti rayap, tahan hujan juga panas matahari, dan ukurannya tidak mudah memuai. Namun segala sesuatu memiliki kelebihan pasti juga memiliki kekurangan.

Related post:  Model Pintu Depan Rumah Minimalis Terbaru

Kekurangan dari material ini, ukurannya lebih berat dan jika sudah terpasang maka sifatnya paten tidak bisa dipindah lagi posisinya.

kusen Material baja

Meskipun bahan pintu rumah ini terbuat dari besi baja namun beratnya cenderung lebih ringan. Ketahanannya lebuh kuat dari material alumunium dan tampilannya pun tidak mengesankan sesuatu yang kaku. Kusen pintu dari besi baja lebih awet, tahan lama, tahan segala cuaca dan anti rayap.

Meskipun harganya lebih mahal dibanding material alumunium namun jika menilik pada kelebihannya rasanya tak masalah jika mengeluarkan uang lebih banyak.

Material fiberglass

Kusen pintu rumah dengan material fiberglass lebih tahan lama dibandingkan dengan kusen dari vynil. Sebab bahan dasarnya terbuat dari pembuat kaca yang dapat menyesuaikan dengan segala cuaca.

Meski material fiberglass cenderung aman dari rayap ataupun perubahan cuaca yang ekstrim namun tampilan kusen ini cenderung biasa saja.

Material bahan campuran

Bahan campuran ini kurang lebih sama dengan bahan vynil. Karena material ini terbuat dari dua bahan kayu dan vynil. Bahkan pengrajin kusen juga kadangkala memberikan pilihan mencampur bahan alumunium dengan material kayu.

Related post:  Pintu Depan Rumah Minimalis Modern Model Terbaru dan Contohnya

Jika budget anda minim dan menginginkan pemasangan yang tidak repot, anda dapat menjatuhkan pilihan pada material ini.

Semoga dengan membaca beberapa macam dan jenis material kusen pintu rumah di atas, dapat membuat anda menentukan bahan mana yang akan dipilih untuk menghiasi rumah anda.

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap