Kelebihan dan Kekurangan Pintu PVC Kamar Mandi yang Jarang Diketahui

  • by
pintu pvc kamar mandi kelebihan dan kekurangannnya

Pemilihan pintu kamar mandi tentunya tidak sama dengan pintu-pintu bagian lain di rumah. Kamar mandi yang udaranya selalu lembab dan seringkali basah terkena air membutuhkan pintu dengan karakter yang tahan air dan tidak gampang keropos. Diantara pilihan pintu tersebut adalah pintu aluminium dan pintu berbahan PVC.

Pada postingan kali ini kita akan mencoba membahas tentang pintu PVC untuk kamar mandi, apa saja kelebihan dan kekurangnya? Berikut ulasannya.

Kekurangan Pintu Kamar Mandi PVC

Sebelum kita membahas kelebihan dari pintu PVC, ada baiknya kita mengetahui kekurangannya terlebih dahulu.

1. Tidak Cocok untuk Outdoor

Pintu PVC kurang bagus digunakan untuk luar ruangan, terutama jika langsung terpapar sinar matahari. Pintu ini tidak tahan dengan udara panah yang terus menerus. Pintu ini akan mudah retak dan keropos jika sering terkena panas dan juga warnanya akan memudar.

Baca juga:  Model Pintu Kamar Mandi Minimalis Terbaru

Jika Anda berencana ingin membuat kamar mandi di luar ruangan, carilah alternatif pintu lain selain pintu berbahan PVC. Mungkin Anda dapat menggunakan pintu aluminium, misalnya.

2. Tidak Ramah Lingkungan

Bahan plastik polimer yang dikandung PVC membuatnya tidak ramah terhadap lingkungan. Bahan ini juga dapat berbahanya bagi kesehaatan, karena pintu PVC dapat melepaskan zat berbahaya ke udara yang bernama Volatile Organic Compounds (VOC).

Seperti halnya plastik, pintu bahan PVC sulit untuk didaur ulang .

Kelebihan Pintu Kamar Mandi PVC

Disamping kekurangan, tentu banyak sekali kelebihan dari penggunaan pintu berbahan PVC. Sebelum Anda memutuskan memasang pintu PVC pada kamar mandi Anda, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu beberapa kelebihan dan keunggulan pintu ini. Berikut diantara beberapa kelebihan pintu PVC:

1. Harga Lebih Murah

Hal utama yang sering menjadi pertimbangan orang ketika membeli sesuatu, selain kualitas, adalah harga. Harga pintu PVC tergolong lebih murah dari pintu jenis lainnya. Hal ini dikarenakan bahannya yang tersedia melimpah dan produksinya massal oleh pabrik. Harga pintu ini berkisar diantara 200r sampai dengan 600 ribu rupiah, tergantung kepada ukuran dan desain pintu.

Baca juga:  Macam Jenis Pintu Minimalis Rumah Model Terbaru

2. Lebih Mudah Dipasang

Karena timbangannya yang ringan, pintu PVC sangat mudah dipasang. Anda tidak perlu bantuan orang lain untuk memasang pintu ini di kamar mandi Anda, Anda bisa mesangnya sendiri.

Meskipun ringan bukan berarti pintu ini tidak kokoh. Bahan PVC dikenal cukup kokoh dibanding bahan plastik biasa. Karakternya yang sedikit lentur membuatnya lebih tahan terhadap benturan dan anti pecah.

3. Tidak Berkarat dan Tidak Mudah Keropos

Asalkan tidak terpapar panas dan matahari, pintu PVC tidak mudah lapuk dan keropos, dan sudah pasti pintu ini tidak berkarat. Oleh karena ini, pintu PVC sangat ideal digunakan di tempat yang basah dan lembab seperti kamar mandi. Selain tahan air, pintu ini juga anti rayap, sehingga sangat awet dan dapat digunakan sampai bertahun-tahun.

4. Banyak Pilihan Desain

Karena begitu banyak peminat pintu PVC, maka produsen-produsen pintu ini berlomba membuat berbagai desain terbaik untuk menarik pembeli. Hal ini tentu menguntungkan bagi konsumen. Konsumen lebih leluasa untuk memilih dan menyesuaikan pintu dengan desain kamar mandi.

Meskipun begitu, kekurangan pintu ini jika kita membeli eceran, tidak bisa dipesan costum seperti pintu kayu pada umumnya, karena pintu PVC diproduksi massal di pabrik.

Baca juga:  8 Jenis Pintu Berdasarkan Gayanya, Desain Cantik dan Fungsional

5. Mudah Dibersihkan

Tidak perlu peralatan khusus untuk merawat dan membersihkan pintu PVC. Untuk membersihkannya, pintu ini cukup dicuci dengan sabun, bisa sabun cuci piring, sabun mandi, atau deterjen, kemudian digosok dengan spon atau kain yang agak kasar, lalu dibilas maka pintu akan bersih seperti baru. Jika pintu berdebu, Anda cukup mengelapnya dengan kain, bisa juga dilap dengan kain basah untuk menyingkirkan debu yang menempel.

Demikian sedikit ulasan tentang Kelebihan dan Kekurangan Pintu PVC Kamar Mandi yang Jarang Diketahui. Semoga bermanfaat.

 

Referensi:

https://www.99.co/blog/indonesia/kelebihan-kekurangan-pintu-kamar-mandi-pvc/