Kanopi Baja Bingan: Kelebihan dan Kekurangannya yang Wajib Anda Ketahui

kanopi minimalis baja ringan galvalum terbaru 100

Kanopi Baja Bingan: Kelebihan dan Kekurangannya – Kanopi dengan material baja ringan (Cold-formed steel) merupakan diantara bahan pembuatan kanopi yang populer digunakan saat ini sebagai alternatif kanopi dari kayu atau besi. Tentu dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan baja ringan sebagai bahan kanopi (canopy) pada rumah Anda, ada baiknya Anda mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari penggunaan baja ringan sebagai kanopi Anda. Sehingga Anda memiliki gambaran yang baik sebelum memutuskan membuat kanopi rumah.

Baiklah, mari lanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahui lebih jauh apa saja kelebihan dan kekurangan kanopi baja ringan ini.

Kelebihan Kanopi Baja Ringan

Banyak kelebihan dari kanopi baja ringan dibanding kanopi jenis lainnya, maka tidak heran kanopi dengan bahan baja ringan ini sangat populer digunakan untuk saat ini. Berikut beberapa kelebihan kanopi baja ringan yang perlu Anda ketahui.

1. Anti karat

kelebihan kanooi baja ringan anti karat
kanopi baja ringan anti karat

Tidak seperti biasa, kanopi baja ringan tidak rentan terhadap karatan yang dapat membuat besi keropos. Ini berkat campuran dasar dari baja ringan yang terdiri dari zinc dan zinc alumunium sehingga membuatnya anti karat.

Karena anti karat, maka penggunaan baja ringan sebagai bahan kanopi akan tahan lebih lama dan dapat lebih menghemat biaya perawatan.

2. Harga Relatif Lebih Murah dan Terjangkau

kelebihan kanopi baja ringan harga murah
kanopi baja ringan lebih murah

Bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan, kanopi baja ringan sangat cocok untuk dijadikan pilihan karena dibandingkan kanopi dengan bahan lain, baja ringan bisa dikatakan lebih murah baik dari segi bahan bakunya maupun pemasangan yang murah dan waktu lebih cepat.

Related post:  100 Contoh Model Kanopi Minimalis Baja Ringan Terbaru

Meskipun murah, kanopi baja ringan tidak kalah kualitasnya dari kanopi dengan bahan lainnya, bahkan dari beberapa segi, kanopi baja ringan jauh lebih unggul daripada kanopi besi yang rentan karat misalnya, atau kanopi kayu yang rentan dengan rayap dan keropos.

3. Kanopi Baja Ringan Tidak Susut dan Memuai

kelebihan kanopi baja ringan anti muai dan anti susut
kanopi baja ringan anti muai dan anti susut

Kanopi dengan bahan baja ringan tidak akan berubah bentuk karena perubahan cuaca, kanopi dengan bahan ini anti susut dan anti muai sehingga kanopi akan tetap terlihat bagus sepanjang waktu.

Dengan material yang tidak susut dan memuai seiring perubahan cuaca, maka  Anda tidak perlu khawatir dengan kanopi Anda menjadi jelek. Lagi-lagi ini menjadi faktor kenapa kanopi baja ringan adalah pilihan yang hemat untuk kanopi rumah, kantor, ruko atau keperluan Anda lainnya.

4. Tidak Mudah Terbakar

kelebihan kanopi baja ringan tidak mudah terbakar
kanopi baja ringan tahan api

Berbeda dengan kanopi bahan kayu yang mudah dilahap api, kanopi dengan bahan baja ringan ´tidak mudah terbakar karena baja ringan bersifat non-combustible (tidak membesarkan api) sehingga relatif lebih safety jika sewaktu-waktu musibah kebakaran terjadi.

5. Proses Pengerjaan dan Pemasangan Lebih Cepat

kelebihan kanopi baja ringan pemasangan yang cepat
pemasangan kanopi baja ringan lebih cepat

Dibandingkan dengan kanopi material lain, proses pemasangan dan istalasi kanopi baja ringan dapat dikatakan lebih cepat tergantung luas dan tingkat kerumitan sebuah kanopi.  Sebagai contoh, dua buah rumah dengan ukuran yang sama, rumah yang kontruksinya memakai bahan baja ringan hanya membutuhkan waktu pemasangan sekitar empat hari, sedangkan rumah dengan konstruksi kayu bisa memakan waktu berminggu-minggu.

Related post:  25 Model Awning Rumah dan Bedanya dengan Kanopi

Proses pengerjaan pemasangan yang singkat ini merupakan salah satu keunggulan kanopi baja ringan terutama buat Anda yang buru-buru ingin punya kanopi rumah.

Kekurangan  Kanopi Baja Ringan

Seperti kata pepatah “Kesempurnaan hanya milik Allah”, meskipun memiliki banyak kelebihan kanopi dengan material baja ringan juga tidak lepas dari kekurangan.

Nah, apa saja kekurangan dari kanopi baja ringan ini? Berikut ulasannnya.

1. Tampilan yang Kurang Indah

kekurangan kanopi baja ringan tampilan yang kuran indah
Struktur yang rumit membuat kanopi baja ringan kurang enak dipandang

Alasan kenapa kanopi dengan bahan baja ringan kurang indah ialah karena struktur kanopi baja ringan perlu didesain sedemikian rupa dan perlu banyak sambungan agar mampu menopang beban dan lebih kokoh, semakin berat atap yang digunakan untuk kanopi maka struktur baja ringannya juga semakin rumit.

Karena kerumitan inilah, kadang jika struktur baja ringan terekspose akan menjadi kurang indah  dipandang. Namun, hal ini tergantung dari bagaimana keahlian tukang yang mendesain rangka atau struktur kanopi agar terlihat lebih menarik.

2. Perlu Ketelitian Dalam Kontruksi Struktur

kekurangan kanopi baja ringan butuh ketelitian ekstra

Sambungan antar komponen pada kanopi baja ringan menggunakan baut, bukan menggunakan las seperti besi atau dipaku seperti pada struktur kayu.  Sistem baut ini kelemahannya adalah ia akan menjadi kendor seiring waktu jika seiring bergoyang. Maka dari itu perlu perhitungan yang teliti untuk pengerjaannya agar benar-benar kokoh, terutama jika daerahnya sering terjadi angin kencang atau badai.

3. Rentan Terhadap Penipuan dan Permainan Harga

kekurangan kanopi baja ringan rentan terhadap penipuan
kanopi baja ringan rentan terhadap permainan

Jika Anda tidak hati-hati dan kurang mengerti tentang kontruksi baja ringan, Anda bisa saja dipermainkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan lebih dari proyek kanopi Anda. Misalnya dari segi kualitas bahan,  jarak kuda-kuda, ketebalan struktur dan ketebalan penutup atapnya, dan juga jumlah sambungannya, semuanya itu dapat dikurangi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Related post:  Desain Carport Minimalis Terbaru

Maka Anda harus benar-benar mempelajari terlebih dahulu tentang penggunaan baja ringan sebagai material kanopi Anda supaya tidak mudah dipermainkan, sebaiknya lakukan konsultasi dengan ahli yang Anda percaya sebelum memutuskan membuat kanopi dari baja ringan

Nah, itu tida beberapa kelebihan dan kekurangan dari kanopi baja ringan yang perlu Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk membuat kanopi rumah, kantor, toko dll. Kami harap setelah membaca ini Anda dapat sedikit pencerahan dalam membuat kanopi baja ringan.

Jika Anda merasa tulisan ini bermanfaat, jangan lupa untuk dishare dan juga tinggalkan komentar Anda.

 

 

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap