Kegiatan Berfaedah Saat Liburan di Rumah Agar Tidak Bosan

  • by
11 Kegiatan Berfaedah yang Bisa Dilakukan di Rumah Saat Liburan Agar Tidak Bosan

Berdiam diri di rumah tanpa tahu apa yang dilakukan tidak hanya membosankan, tapi juga dapat merugikan Anda sendiri, karena banyak waktu luang yang akan Anda lewatkan tanpa faedah.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat di rumah, tapi yang menjadi pertanyaan adalah, apakah aktivitas-aktivitas tersebut ada manfaatnya? Orang bijak tentunya tidak ingin waktu luangnya terbuang sia-sia dengan kegiatan yang kurang bermanfaat.

Maka dari itu, menentukan kegiatan yang berfaedah untuk dilakukan selama liburan di rumah sangat penting untuk mengisi waktu luang di rumah agar lebih bermakna. Tidak hanya itu, Anda juga harus bisa menentukan kegiatan mana yang lebih prioritas untuk didahulukan supaya hasilnya lebih maksimal.

Membaca Buku

Buku adalah jendela ilmu. Waktu luang di rumah adalah momen yang tepat untuk menambah ilmu dan wawasan Anda tentang apa saja dengan membaca buku. Agar lebih maksimal, usahakan untuk membaca buku yang kira-kira dapat menambah ilmu yang belum Anda ketahui sebelumnya.

Belajar Resep Baru

Ini cocok untuk ibu-ibu atau Anda yang memiliki hobi memasak. Dengan mencoba resep baru, maka Anda dapat menyajikan masakan yang lebih bervariasi, sehingga tidak merasa bosan dengan masakan yang itu-itu saja. Ada banyak panduan resep yang bisa Anda dapatkan di Internet, baik itu aplikasi maupun website yang membahas tentang resep masakan. Jika Anda tidak mau ribet, pilihlah resep masakan yang mudah dan simple, yang kira-kira bahan dan rempahnya mudah didapatkan.

Baca juga:  Cara Cek Yayasan Resmi dan Terdaftar Gampang dan Mudah

Ikuti Kelas Online

Selain dengan membaca, cara lain yang sangat efektif untuk menambah ilmu dan mengembangkan bakat Anda di saat liburan di rumah adalah dengan mengikuti kelas belajar online. Dengan mengikuti kelas online Anda akan dibimbing oleh tutor yang telah berpengalaman dalam bidangnya. Memiliki guru dan tutor yang ahli sangat penting dalam pengembangan keahlian dan skill Anda.

Hubungi Sanak Keluarga atau Teman Lama

Menjalin tali silaturrahim dapat menjadi sebab panjang umur dan murah rejeki. Waktu luang di rumah adalah momen yang tepat untuk menjalin kembali silaturrahim dengan kerabat maupun teman lama yang sudah lama tidak dihubungi. Pilihlah waktu-waktu yang tepat untuk menghubungi mereka, jangan menghubungi disaat jam istirahat, misalnya, karena itu akan mengganggu mereka.

Belajar Bahasa Baru

Menguasai bahasa adalah skill yang sangat bagus untuk komunikasi. Dengan kemampuan berbahasa, Anda dapat mengembangkan relasi dan mendapatkan teman yang lebih luas lagi. Pelajarilah bahasa-bahasa yang kira-kira memiliki manfaat yang lebih besar buat Anda di masa mendatang. Misalnya, jika Anda ingin bekerja di Jepang, maka manfaatkanlah waktu luang di rumah untuk menajamkan kemampuan berbahasa Jepang Anda.

Baca juga:  8 Tips yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Rumah (Bag. 2)

Berkebun

Jika Anda memiliki sedikit lahan baik di depan maupun di belakang rumah, tidak ada salahnya jika Anda gunakan untuk bercocok tanam kecil-kecilan. Gunakan lahan tersebut untuk menanam tanaman yang dibutuhkan untuk memasak sehari-hari, seperti cabai, tomat, sereh, lengkuas dan sebagainya. Dengan demikian Anda tidak terlalu bergantung dengan belanja di pasar untuk semua kebutuhan dapur, karena sebagiannya dapat dipenuhi dari kebun mini Anda di rumah. Hal ini selain lebih menghemat belanja Anda juga baik untuk kesehatan tubuh.

Mendengarkan Podcast

Mendengarkan podcast sangat baik untuk menambah wawasan, karena biasanya pada podcast, pembawa acara mengundang para tokoh dan para ahli untuk diwawancarai. Ada banyak perspektif yang berbeda yang bisa kita dapatkan dari sebuah podcast yang melibatkan para ahli, baik itu dalam keilmuan maupun pengalaman.

Workout/Latihan di Rumah

Workout tidak harus di gym, selagi di rumah Anda juga dapat melakukan workout untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan prima. Bagi Anda yang memiliki peralatan gym di rumah tentu ini lebih mengasyikkan, tapi Anda juga dapat melakukan workout tanpa peralatan seperti push-up, sit-up, plank, atau mungkin skipping.

Baca juga:  Cara Mengukur Jarak Meja Makan, Kursi dan Ruang Makan

Menulis Jurnal

Waktu luang sangat pas digunakan untuk Anda yang hobi menulis jurnal. Anda dapat menulis jurnal tentang suatu bidang tertentu yang kira-kira bermanfaat untuk orang banyak. Anda dapat melakukan penelitian dengan mengumpulkan data dari Internet atau menghubungi para ahli untuk ditanyakan pendapatnya, kemudian dituangkan hasilnya pada sebuah tulisan jurnal.

Mengatur Ulang Perabotan Rumah

Diantara hal yang efektif untuk menghilangkan rasa bosan di rumah adalah dengan mengatur ulang tata letak (layout) furnitur dan perabotan di rumah Anda. Hal sederhana seperti mengganti posisi letak lemari, meja dan kursi Anda secara bergantian akan memberikan suasat baru dan berbeda bagi rumah Anda.

Dengarkan Buku Audio (Audiobook)

Jika Anda merasa malas membaca buku konvensional, saat ini telah tersedia buku digital yang disebut Audiobook. Audiobook adalah rekaman teks buku atau bahan tertulis lainnya yang dibacakan oleh seorang atau sekelompok orang penyuara. (wiki)