50 Kanopi Kaca: Tempered, Akrilik, Minimalis dll

  • by
1214 awning rumah kaca

50 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis dll – Apakah Anda sedang berencana membuat kanopi kaca (glass canopy) di rumah? Jika iya, Anda sebaiknya mencari info mengenai seluk beluk  glass canopy  terlebih dahulu. Misalnya tentang apa saja kelebihan dan kekurangan dari kanopi ini, apa saja jenis dan modelnya.

kanopi kaca tempered, akrilik dll

(sumber: solarlux.com)

Lihat juga info kanopi minimalis baja ringan pada artikel ini: 100 Contoh Model Kanopi Minimalis Baja Ringan Terbaru

Dengen mengetahui lebih banyak info mengenai glass canopy  yang ingin Anda pasang di rumah, maka kesalahan akibat kurangnya informasi dapat dihindari atau diminimalisir.

Nah, pada artikel kali ini, kami ingin membantu Anda memberi informasi mengenai kanopi tersebut dan juga contoh gambar dan modelnya, mengenai jenis-jenisnya dan lain-lain.

Kanopi Kaca (Glass Canopy): Tempered, Akrilik, dll

Sesuai namanya kanopi ini adalah kanopi yang atapnya terbuat dari kaca. Penggunaan kaca sebagai atap bertujuan agar supaya sinar matahari dapat menembus kanopi dan pemandangan langit bisa terbuat dengan jelas, dan tujuan-tujuan lainnya.

Glass canopy tergolong kanopi jenis mewah, oleh karena itu harga kanopi ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan kanopi jenis lain.

Jenis Kaca yang Digunakan

Jika dilihat dari kaca yang menjadi bahan atap kanopi ini, secara umum ada dua jenis kaca yang digunakan, yaitu:

Kanopi Kaca Tempered

kanopi kaca tempered, akrilik dll 03

solarlux.com

Kanopi kaca tempered adalah kanopi yang menggunakan kaca tempered sebagai bahan atapnya. Menurut Wikipedia, kaca tempered (tempered glass) adalah jenis kaca pengaman yang dibuat melalui proses pemanasan suhu tingkat tinggi tertentu, dan diproses dengan proses kimia tertentu untuk menambah kekuatan kaca melebihi kaca biasa.

Kaca tempered digunakan untuk banyak keperluan seperti untuk dinding, jendela sampai untuk pelapis layar handphone. 

Penggunaan kaca tempered untuk atap kanopi sangat cocok, karena atap memerlukan bahan yang kekuatannya terjamin untuk menaungi bagian bawahnya.

Related post:  Harga Atap Spandek Galvalum Terbaru

Diantara kelebihan kaca tempered adalah, ketika kaca ini pecah karena benturan atau lainnya, maka pecahan kaca tempered akan membentuk gumpalan-gumpalan kecil seperti biji jagung. Berbeda dengan kaca biasa apabila pecah maka akan menjadi serpihan tajam yang membahayakan jika terkena kulit.

Apakah Kaca Tempered Dapat Pecah

Meskipun kuat, pada titik bentur tertentu kanopi kaca tempered juga dapat pecah, tapi kaca jenis ini memiliki karakteristik tersendiri ketika pecah. Tidak seperti kaca biasa yang ketika pecah menjadi serpihan-seriphan kecil yang tidak beraturan dan berpotensi melukai orang, kaca tempered ketika pecah akan membentuk bulatan-bulatan kecil yang tidak tajam dan saling mengikat satu sama lain. (sumber)

Apakah Kaca Tempered Lebih Aman

Permukaan kaca tempered kira-kira 4 kali lebih kuat daripada kaca biasa yang non tempered, dengan ketebalan yang sama. Dan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kaca tempered relatif tidak berbahaya ketika pecah, karena kaca ini akan membentuk bulatan-bulatan yang saling interlock satu sama lain.  (sumber)

Maka kanopi kaca tempered relatif lebih aman dari kaca biasa.

Kanopi Kaca Akrilik

kanopi kaca tempered, akrilik dll 04

solarlux.com

Orang menyebutnya kaca akrilik.  Sekilas akrilik memang bentuknya seperti kaca, tapi sebenarnya akrilik adalah salah satu jenis plastik yang dibuat sebagai alternatif kaca. Bahkan, penggunaan akrilik jauh lebih unggul dari pada kaca. Diantara keunggulan akrilik adalah:

  • Ringan
  • Tidak mudah pecah
  • Mudah diukir, dipotong, dibor, dll
  • Kuat dan tahan lama
  • Lentur
kaca akrilik warna

Kaca akrilik warna

Karena sifatnya yang anti pecah, akrilik ideal diaplikasikan pada tempat-tempat yang rawan pecah jika karena tekanan atau benturan, misalnya bahan kaca akrilik digunakan untuk jendela kapal selam.

Kaca akrilik sangat mudah dibentuk, maka tidak heran jika kaca akrilik banyak dibuat untuk berbagai produk bentukan, seperti tempat atau box kosmetik, dan lainnya.

Sebagaimana halnya kaca tempered, kaca akrilik juga ideal untuk diaplikasikan pada atap kanopi, bahkan mungkin lebih baik, karena sifatnya yang anti pecah. Kanopi kaca akrilik bisa Anda pertimbangan sebagai pilihan kanopi terbaik di rumah Anda.

Penerapan Kanopi Kaca di Rumah

Ada beberapa cara penerapan glass canopy di rumah Anda, diantaranya bisa diterapkan pada teras rumah, bagian belakang, pada carport dan lainnya.

Untuk Carport

kanopi kaca carport

Glass canopy  untuk carport

Untuk tempat parkir kendaraan atau carport, Anda bisa menggunakan kaca yang tidak transparant agar panas matahari tidak langsung menembus ke mobil.

Related post:  Contoh Model Teras Kanopi Dak Atap Beton buat Teras & Garasi Terbaru

Kanopi untuk Backyard (Halaman Belakang) Rumah

kanopi kaca belakang rumah backyard

Glass canopy belakang rumah (backyard) membuat suasana kumpul keluarga semakin ceria

Memasang kanopi kaca di belakang rumah sangat baik untuk bersantai bersama keluarga. Dengan kanopi ini, selain terlihat lebih elegan, juga membuat suasana lebih lapang dan terang, membuat suasana bersantai Anda dan keluarga lebih terasa hangat dan ceria.

Kanopi untuk Teras Rumah

kanopi kaca teras rumah

Bagian teras rumah juga tidak kalah bagus untuk dipasang kanopi kaca. Bagian depan rumah yang dipasangkan kanopi model ini akan terlihat lebih elegan dan stylish. Apalagi jika Anda biasa menjadikan teras rumah untuk tempat bersantai dan berkumpul bersama keluarga, kanopi model ini sangat mendukung untuk membuat suasana lebih hangat dan ceria disaat berkumpul.

Kanopi Kaca untuk Gazebo

kanopi kaca gazebo

Kanopi kaca gazebo

Gazebo adalah sebuah bangunan kecil yang terpisah dari rumah atau bangunan utama. Gazebo dibuat untuk bersantai dan melepas penat, untuk berkumpul bersama keluarga.

Umumnya atap gazebo menggunakan atap biasa, tapi tidak ada salahnya jika Anda menggunakan gazebo kanopi kaca sebagai alternatif, terutama jika di tempat Anda tinggal memiliki cuaca tidak terlalu panas atau ditengah taman. Dengan kanopi ini, suasana berkumpul terasa lebih ceria. Selain itu, dengan glass canopy, Anda bisa melihat pemandangan langit yang inda di malam hari.

Kelebihan dan Kekurangan Kanopi Kaca

Selain kelebihan yang banyak, penggunaan kaca sebagai atap kanopi juga memiliki kekurangan. Kekurangan utamanya adalah harga dan biaya pemasangannya yang relatif lebih mahal dari pada kanopi jenis lainnya. Oleh karena itu sangat jarang masyarakat menggunakan kanopi jenis ini, tidak seperti kanopi baja ringan yang rata-rata digunakan orang.

Kekurangan lainnya ialah proses pemasangan yang rumit yang membutuhkan keahlian yang tinggi. Karena kanopi dengan bahan kaca tidak mudah dipasang dan disambungkan seperti kanopi lainnya, butuh tekhnik khusus untuk mengaplikasikan kanopi ini agar kokoh dan kuat.

Struktur kanopi kaca lebih kokoh karena menggunakan baja dan besi yang kuat. Ini dibutuhkan karena penggunaan kaca sebagai atap lebih berat dari bahan lainnya, sehingga memerlukan penopang yang kokoh pula agar mampu menopang beratnya kaca.

Selain itu, jika Anda memiliki budget yang cukup, maka tidak salah memasang kanopi model ini di rumah Anda. Rumah yang dipadukan dengan sentuhan kaca mampu membuatnya terlihat elegan dan ekslusif.

Related post:  Desain Carport Minimalis Terbaru

Contoh Model dan Gambar Kanopi Kaca 

Anda sedang mencari inspirasi untuk memasang kanopi di rumah? Dapatkan inspirasi Anda dengan melihat contoh model gambar kanopi dengan atap kaca dibawah ini.

Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 44 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 43 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 42 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 41 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 40 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 39 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 38 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 37 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 36 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 35 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 33 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 34 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 31 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 30 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 14 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 13 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 12 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 11 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 10 Glass Canopy Design 569809

Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 15 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 16 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 17 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 18 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 19 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 20 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 21 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 22 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 23 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 24 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 25 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 26 Glass Canopy Design 569805  Glass Canopy Design 569807 Glass Canopy Design 569808 Glass Canopy Design 569809 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 10 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 11 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 12 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 13 Kanopi Kaca Tempered, Akrilik, Minimalis 14

Demikian artikel kami kali ini mengenai glass canopy elegan dan minimalis. Semoga bisa menambah wawasan dan menginspirasi Anda ketika nanti ingin memasang glass canopy di rumah.

Canopy memiliki banyak kegunaan, umumnya orang memasang canopy pada bagian depan atau beranda rumah, biasanya untuk parkir kendaraan seperti motor, sepeda dan mobil. Bagi Anda yang tidak memiliki garasi mobil, membuat canopy pada bagian depan rumah (teras) sangat disarankan untuk parkir mobil agar mobil Anda tidak cepat rusak atau buram terkena paparan matahari dan hujan secara langsung.

Canopy juga berfungsi untuk menambah estetika dan keindahan rumah Anda. Canopy yang dipasang dengan baik dan benar serta memperhatikan keserasian dengan desain rumah secara keseluruhan akan menambah keindahan rumah. Terlebih jika Anda menggunakan glass canopy maka kesan mewah dan elegan pada rumah semakin terasa.

Untuk tujuan bersantai dan tempat kumpul keluarga glass canopy juga dapat diaplikasikan pada gazebo ditengah taman atau dibelakang rumah Anda, juga dapat dibuat pada beranda belakang rumah Anda.

Penggunaan glass canopy memberikan kesan cerah dan jarak pandang yang luas, ini sangat baik untuk bersantai dan menghilangkan rasa suntuk di sore atau pagi hari. Pada malam hari, pemandangan langit yang luas dengan hiasan bulan dan bintang yang berkedip cantik akan mampu membuat suasana malam Anda lebih rilex. Bahkan Anda bisa mempertimbangkan untuk tidur dibawah glass canopy sekali-kali jika Anda merasa bosan tidur di dalam rumah. Tentunya dengan pertimbangan keamanan, tapi jika di area Anda relatif tidak aman, lebih baik Anda tidur di dalam rumah saja.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memasang glass canopy?