Jenis Handle Pintu Rumah yang Mungkin Belum Anda Ketahui

  • by
berbagai macam jenis handle pintu door handles gagang dan pegangan pintu

Handle pintu rumah, atau di masyarakat biasa juga disebut dengan gagang dan pegangan pintu memiliki banyak macam jenis. Handle pintu adalah sebuah alat yang sangat penting pada pintu, alat ini berfungsi sebagai handle atau pegangan untuk membuka maupun menutup pintu.

Letak handle umumnya ada di sisi dan tengah, tempat dimana sistem kunci sebuah pintu berada. Umumnya untuk pintu modern menggunakan sistem kunci yang sekaligus terintegrasi dengan handle, tapi pada pintu tradisional, kunci pintu biasanya menggunakan slot dengan pegangan pintu terpisah.

Pada artikel ini, kami ingin sedikit mengulas tentang berbagai macam jenis handle pintu, dan penjelasan tentang fungsi dan cara kerjanya secara ringkas. Selamat membaca.

Baca juga:  Model Pintu Kamar Mandi Minimalis Terbaru

Artikel lainnya:Macam Jenis Pintu Minimalis Rumah Model Terbaru

Jenis Handle Pintu Rumah yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Secara garis besar, handle pintu dibagi menjadi 3 macam kategori handle, yaitu gagang pintu tuas (lever handles), gagang pintu tarik (pull handles) dan gagang pintu tombol (door knobs). Rincian masing-masing dari jenis ini akan dibahas berikut ini:

1. Handle Pintu Tuas (Lever Handles)

berbagai macam jenis handle pintu tuas lever handles

Berbagai model handle tuas, via ironmongeryexperts.co.uk

Lever handle adalah model pegangan pintu yang paling banyak digunakan baik pada rumah, gedung komersial, maupun gedung perkantoran. Cara kerja handle jenis ini adalah dengan cara diungkit (biasanya ke arah bawah) untuk membuka kunci, kemudian handlenya ditarik untuk membuka daun pintu.

Handle jenis ini setidaknya memiliki tiga mekanisme dan metode kerja, yaitu:

Lever Lock

jenis handle pintu rumah lever lock

Contoh lever lock, via greydock.com

Handle pintu ini menyediakan lobang untuk kunci, sehingga memberikan rasa aman dan juga privasi penghuni rumah atau kamar.

Baca juga:  5 Jenis Pintu Rumah Berdasarkan Material Bahan dan Gambarnya

Lever Bathroom

Lever bathroom biasanya digunakan untuk pintu kamar mandi dan kamar tidur, tempat dimana dibutuhkan privasi lebih. Handle ini dilengkapi dengan sebuah kunci yang melekat pada handle sehingga pintu dapat dengan mudah dibuka dan dikunci dari dalam dengan cara memutarnya. Tapi juga dapat dibuka dari luar, ketika ada kasus darurat.

Lever Latch

jenis handle pintu rumah lever latch

Contoh handle pintu lever latch, tanpa sistem kunci, dibuka hanya dengan cara diptar tuasnya kebawah dan ditarik. Via wayfair.co.uk

Handle pintu jenis ini biasanya digunakan untuk ruangan pada interior rumah, dimana kunci tidak diperlukan. Cara kerjanya sederhana, handle pintu hanya perlu ditekan kebawah agar pintu terbuka.

2. Handle Pintu Tarik (Pull Handles)

jenis handle pintu rumah pull handle door

Pull handle door, via etsy.com

Gagang pintu jenis ini idealnya digunakan untuk pintu lalu-lalang, seperti gagang pintu yang sering kita jumpai pada mini market, dimana kita hanya perlu mendorong atau menarik handle pintu untuk membukanya.

Baca juga:  Unik! Penampakan Pintu Minimalis Panjang Raksasa

3. Handle Pintu Tombol (Door Knobs)

Handle pintu jenis ini umumnya berbentuk bulat dan sistem bukanya mirip dengan handle pintu tuas, hanya saja door knob dibuka dengan cara diputar untuk membuka kunci penahan pintu, kemudian ditarik untuk membuka pintunya.

Demikian ulasan ringkas mengenai Jenis Handle Pintu Rumah yang Mungkin Belum Anda Ketahui yang bisa kami susun, semoga tulisan sederhana ini bermanfaat, menambah wawasan dan inspirasi Anda semua.

 

Referensi:

https://ironmongeryexperts.co.uk/blog/types-of-door-handles/