Info, Gambar, Video Jembatan Barelang 2 dan 3 Batam Kepri

jembatan barelang

Pada artikel ini kami akan membagi kepada Anda sedikit info tentang jembatan Barelang, jembatan 2 dan 3, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) disertai dengan video, foto/gambarnya.

Video Jembatan Barelang 

Info, Sejarah Jembatan Barelang dan Peresmiannya

Barelang adalah singkatan dari Batam, Rempang dan Galang, merupakan nama dari berberapa jembatan yang menghubungkan pulau-pulau utama tersebut. Totalnya ada 6 jembatan penghubung, jembatan pertama adalah jembatan Barelang 1 (diberi nama jembatan fisabilillah) yang juga terbesar, terpanjang dan terindah.

Orang yang berjasa pemilik ide pembangunan jembatan Barelang adalah Presiden RI yang 3 yaitu BJ Habibie, oleh karena itu jembatan ini juga disebut oleh masyarakat dengan “Jembatan habibi” untuk mengenang jasa beliau.

Dalam proyek pembangunannya, BJ Habibie tidak memakai tenaga asing untuk mewujudkan pilot project yang berteknologi tinggi ini, tapi murni didirikan oleh insinyur ahli dan ratusan pekerja warga Indonesia.

Related post:  Stop Beli Bawang Putih. Ini Cara Mendapatkan Suplai Bawang Putih tak Terbatas di Rumah

Pembangunan jembatan ini menelan biaya 400 miliar Rupiah dan memakan waktu selama 6 tahun. Mulai dibangun pada 1992 selesai dan diresmikan pada tahun 1987.

Jembatan Barelang merupakan salah satu ikon utama kota Batam dan merupakan salah satu objek wisata yang setiap harinya ramai di kunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah, bahkan dari luar negeri.

Akses Menuju Jembatan Barelang

Perjalanan dari pusat kota batam (Batam center dan Nagoya) menuju jembatan Barelang lumayan jauh, menelusuri jalan Trans Barelang sekitar 22 KM dan menghabiskan waktu sekitar 30 menit pakai mobil atau motor. Setau kami ada angkutan umum yang menuju kesana, tapi sangat jarang. Wisatawan biasanya menggunakan kendaraan pribadi, atau menyewa bus pariwisata.

Di sekitar jembatan banyak ditemukan penjual makanan dan minuman yang mangkal di pinggir jalan sepanjang jembatan pertama. Terdapat juga warung-warung kecil sepanjang jalan dekat jembatan barelang yang menjual snack, terutama jagung bakar. Anda dapat menikmati jagung bakar sambil menikmati pemandangan laut yang cantik dan indah.

Related post:  Pergi Umroh, Wajib atau Sunnah?

Nama Pulau dan Jembatan Barelang

Ada 6 jembatan yang menghubungkan pulau utama batam dengan pulau-pulau besar disekitarnya. Pulau-pulau yang terhubung dengan jembatan balerang adalah pulau Batam, pulau Tonton, pulau Nipah, pulau Rempang, pulau Galang dan pulau Galang Baru. Jembatan 1-6 memiliki nama masing-masing, yaitu:

  1. Jembatan I: Jembatan Tengku Fisabilillah
  2. Jembatan II: Jembatan Nara Singa
  3.  Jembatan III: Jembatan Raja Ali Haji
  4. Jembatan IV: Jembatan Sultan Zainal Abidin
  5. Jembatan V: Jembatan Tuanku Tambusai
  6. Jembatan VI: Jembatan Raja Kecik

Gambar Jembatan Barelang dan Jembatan 2

Berikut ini adalah beberapa gambar foto jembatan barelang 1 dan 2, jarak antara jembatan 1 dan 2 sangat dekat, tidak sampai satu KM, bahkan kita dapat melihat dengan jelas jembatan satu sama lain. Jembatan satu dan dua menghubungkan pulau utama Batam dan Pulau Setokok

Jembatan Barelang 1 tampak dari jembatan 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jembatan 3 Barelang, Batam Kepri, Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related post:  The Best Web Hosting 2019
View sebuah pulau dari dekat jembatan 3 barelang Batam Kepri
Desa dekat pantai Setokok Batam Kepri 

 

Desa dekat pantai Setokok Batam Kepri (2)

Gambar Jembatan Barelang di Malam Hari

Jembatan balerang tidak hanya ramai di siang hari, banyak juga pengunjung yang datang di malam hari untuk menikmati udara laut diatas jembatan, terurama di akhir pekan dan hari libur.

balerang di malam hari
Gambar jembatan Balerang 1 di malam hari (sumber: abesagara)
malam hari di jembatan balerang
(sumber: batamnews.co.id)

kondisi di malam hari jembatan balerang

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap