Daftar Pengertian Istilah Terkait Wabah Virus Corona Covid-19 yang Wajib Diketahui agar Tidak Gagal Faham!

  • by
Daftar Pengertian Istilah Terkait Wabah Virus Corona Covid-19 yang Wajib Diketahui agar Tidak Gagal Faham!

Wabah virus Corona (Covid-19) yang terjadi secara global di seluruh dunia banyak melahirkan istilah-istilah baru yang mungkin tidak pernah kita dengar sebelumnya. Tidak hanya secara Internasional, istilah-istilah baru ini, baik dalam bidang medis maupun non medis, juga muncul secara khusus di negara kita.

Banyak masyarakat yang belum tahu dengan istilah yang sangat kontemporer ini, terutama mereka yang akses ke dunia informasi sangat terbatas. Bahkan mungkin banyak dari kita yang hanya mengetahui istilah dan singkatan ini secara sekilas, tapi belum memahami betul tentang pengertiannya secara benar.

Oleh karena itu, pada tulisan ini kami akan berusaha menjelaskan pengertian istilah-istilah ini untuk Anda secara ringkas sehingga tidak terjadi kesalah fahaman. Selamat membaca.

Daftar Pengertian Istilah Terkait Wabah Virus Corona Covid-19 

Daftar Istilah Pengertiannya
Covid-19 Kepanjangan dari Coronavirus Disease of 2019, yang artinya penyakit Corona virus (yang ditemukan) pada tahun 2019. Nama ini diberikan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) pada tanggal 11 Februari 2019 untuk penyakit yang disebabkan oleh novel coronavirus SARS-CoV-2.
Epidemi (Epidemik) Berasal dari bahasa Inggris Epidemic, adalah penyakit yang menjangkiti banyak orang sekaligus dan tersebar dari orang ke orang pada suatu area atau lokal. WHO kemudian mengkhususkan Epidemi ini hanya untuk penularan pada tingkat daerah atau komunitas.
Pandemi (Pandemik) Berasal dari bahasa Inggris Pandemic. Jika penyakit epidemi penyebarannya hanya pada tingkat daerah atau lokal, maka penyakit pandemi tersebar pada area yang lebih luas. Ia tersebar ke seluruh negeri, benua, bahkan seluruh dunia.
Epidemologi (Epidemology) Salah satu cabang dalam ilmu kedokteran yang berurusan dengan tersebarnya suatu penyakit dalam jumlah populasi yang besar dan menemukan sumber dan penyebab epidemi dari penyakit menular.
 PDP (Pasien dalam pengawasan) Orang yang mengalami panas tubuh yang tidak normal dan gejala gangguan saluran pernapasan, baik gangguan ringan maupun berat. Demikian juga mereka yang diketahui pernah berkunjung atau tinggal di daerah penularan Covid-19
ODP (Orang dalam pemantauan) Orang yang mengalami gejala panas badan dan gangguan saluran pernafasan ringan, dan diketahui pernah mengunjungi atau tinggal di daerah yang terkena virus. ODP juga termasuk orang sehat yang pernah kontak erat dengan kasus terkonfirmasi Covid-19
Suspek Memiliki pengertian yang sama dengan PDP
APD (Alat Perlindungan Diri) Kelengkapan yang wajib dipakai saat bekerja sesuai bahaya dan resiko untuk keselamatan pekerja dan orang-orang yang disekelilingnya.
Flatten the curve Upaya untuk memperlambat laju penyebaran virus penyakit supaya kapasitas sistem kesehatan tidak melampaui kemampuannya dalam melayani korban.
Mitigation (Mitigasi) Upaya yang diambil untuk memperlambat penyebaran dengan cara seperti isolasi dan karantina.
Masa Inkubasi (Incobation Period) Masa antara penularan dan munculnya tanda suatu penyakit
Lockdown Tindakan keamanan yang diambil pada waktu darurat untuk mencegah orang keluar maupun masuk dalam suatu gedung, kota, negara, dsb.
Isolasi (Isolation) Pemisahan total khalayak dari seorang yang menderita penyakit menular
Isolasi Mandiri (Self Isolation) Pemisahan diri secara suka rela.
Karantina (Quarantine) Isolasi ketat yang wajib dilakukan untuk mencegah tersebarnya suatu penyakit.
Social Distancing Tindakan yang diambil untuk mengurangi kontak antar kelompok besar massa. Social Distancing seringkali mengharuskan pembatalan perkumpulan-perkumpulan besar seperti sekolah, konferensi dan lainnya.
Physical Distancing Physical Distancing adalah alternatif lain dari Social Distancing.
Patient Zero Mengacu pada orang pertama yang diindentifikasi terinfeksi oleh penyakit menular dalam masa penularan.
Chloroquine Obat yang digunakan untuk menangani penyakit malaria. Ia kini sedang diteliti dan dites untuk kemungkinan menjadi obat untuk novel coronavirus.
Baca juga:  Pemerintah Saudi Karantinal Total Makkah-Madinah Warga Tidak Boleh Keluar 24 Jam

 

Referensi:

https://www.goodrx.com/blog/what-does-covid-19-mean-who-named-it/

https://www.dictionary.com/e/epidemic-vs-pandemic/