6 Cara Mudah Membuka Pintu Rumah Tanpa Kunci Tips Ketika Kunci Anda Hilang

6 Cara Mudah Membuka Pintu Rumah Tanpa Kunci Tips Ketika Kunci Anda Hilang

Apakah anda pernah kehilangan kunci pintu rumah? Hal seperti dapat terjadi karena beberapa faktor seperti lupa meletakkannya, atau ketinggalan di suatu tempat.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membuka pintu tanpa merusaknya. Yuk, simak ulasan 6 cara membuka pintu rumah tanpa kunci berikut ini!

1. Pakailah kunci L

Anda bisa mencoba menggunakan kunci L untuk gagang pintu rumah yang modern. Anda hanya perlu mencocokkan kunci L yang pas dengan ukuran gagang pintu.

Caranya adalah masukkan kunci L ke dalam lubang tersebut dengan gerakan maju dan mundur. Kemudian putarlah kunci L tersebut dengan pelan agar gagang pintu tidak rusak atau membuat kunci L nya patah. Putarlah hingga pintu terbuka.

2. Tarik baut menggunakan gantungan kawat

Untuk jenis pintu yang latchbolt, anda bisa menggunakan gantungan kawat. Caranya yaitu dengan membentuk gantungan kawat serupa pengait dengan pegangan yang agak panjang. Kemudian pengait tadi dimasukkan ke dalam celah kusen dan daun pintu. Pastikan posisi gagang tadi tepat, setelah itu satu tangan anda yang lain memegang gagang pintu.

Putarlah ke arah kenop jika keadaan tidak terkunci. Lalu tarik gantungan tadi ke arah anda. Dan pastikan kenop benar-benar berputar. Dengan begitu pintu akan terbuka.

3. Pakai obeng untuk melepas kenop

Gunakan obeng yang berbentuk flathead untuk melepas kenop. Trik membuka pintu rumah dengan cara ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu membuka lubang-lubang sekrup yang ada pada gagang pintu.

4. Memakai kartu ATM

membuka pintu pakai kartu kredit dan atm tanpa kunci

Mungkin anda masih belum yakin bahwa kartu ATM juga dapat dipakai untuk membuka pintu. Apalagi untuk jenis pintu latchbolt yang arah bukanya menghadap ke si pembuka pintu.

Prinsipnya hampir mirip dengan proses membuka pintu menggunakan gantungan kawat tadi. Akan tetapi, anda harus memastikan ujung kartu ATM bisa mendorong sisi ujung yang miring. Kemudian taruh pada sisi pintu dan tekan di bagian kenop.

Membuka pintu rumah dengan kartu ATM lebih menguntungkan daripada menggunakan gantungan kawat tadi. Pun tingkat keberhasilannya juga lebih banyak. Karena sifat kartu ATM yang lebih fleksibel sehingga lebih mudah untuk ditekuk masuk ke dapam celah pintu.

5. Memakai penjepit kertas

Benda ini termasuk salah benda yang sering terasingkan atau disepelekan. Namun dalam kondisi terjepit, benda ini selalu dapat menolong anda. Salah satunya ketika anda melupakan di mana meninggalkan kunci rumah.

Meskipun kecil namun penjepit kertas memiliki kelebihan tidak mudah patah dan kaku. Ukurannya yang kecil juga merupakan keuntungan sehingga dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam lubang kunci.

Ketika penjepit kertas sudah masuk ke dalam lubang kunci, sebaiknya pukullah perlahan pada bagian kenop hingga pintu kembali terbuka.

6. Mendobrak rumah

cara buka pintu dengan mendobrak pintu rumah
via: www.property118.com

Cara ini adalah cara terakhir yang bisa anda lakukan. Namun yang perlu dipelajari adalah teknik mendobrak pintu secara aman tanpa merusaknya. Berdirilah dengan posisi yang kokoh menghadap pintu tersebut. Angkat kaki yang paling dominan kuat sebatas lutut. Tendang pintu dengan bagian kaki yang bawah tepat di lubang kunci.

Demikianlah cara membuka pintu rumah tanpa kunci. Setelah kunci terbuka sebaiknya segera memanggil tukang kunci agar mengganti gagang kunci yang baru. Simpanlah kunci cadangan selalu di dalam tas anda, sebagai tindakan preventif jika anda lupa meletakkannya di mana.

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap