7 Cara Mudah dan Alami Mengatasi Gusi Berdarah Saat Sikat Gigi

gusi berdarah ketika sikat gigi

Apakah Anda pernah mengalami pendarahan pada gusi pada saat gosok gigi? Mungkin semua orang pernah, bahkan sering mengalaminya, tapi kebanyakan orang tidak ambil pusing soal itu. Gusi berdarah saat menyikat gigi menandakan ada sesuatu yang tidak beres dengan gusi.

Faktor seperti menyikat gigi terlalu keras, luka, radang, hamil bisa menjadi penyebab gusi berdarah. Mencari tahu penyebab gusi berdarah adalah kunci untuk menentukan perawatan apa yang pas untuk gusi Anda.

Berikut ini beberapa tips alami yang bisa Anda lakukan untuk mengobati gusi berdarah saat menggosok gigi.

1. Jaga Kebersihan Mulut Anda

Gusi berdarah mungkin saja dikarenakan oleh mulut yang kurang bersih dan higienis.

Gusi dapat berdarah dan terjadi peradangan ketika ada plak di celah-celah gigi. Plag yang melekat tersebut mengandung bakteri, jika tidak disikat dengan baik dan teratur, bakteri akan menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi.

Untuk meningkatkan kebersihan mulut, setidaknya sikat gigi Anda dua kali sehari.

2. Berhentilah Merokok

Merokok dapat menurunkan imunitas tubuh, membuat tubuh Anda kesulitan dalam melawan bakteri penyebab plak gigi dan ini dapat menyebabkan penyakit pada gusi. Bahkan menurut Centers for Disease Control and Prevention, merokok adalah penyebab utama terjadinya penyakit gusi yang parah di Amerika Serikat.

Berhenti merokok dapat membantu menyembuhkan gusi Anda dan menghentikan pendarahannya.

3. Hindari Stress

Menurut penelitian, stress dan depresi berpengaruh buruk pada imunitas daya tahan tubuh, sampai pada titik dimana tubuh tidak dapat melawan infeksi pada gusi. Stress juga dapat membuat orang malas untuk memperhatikan kebersihan gusi mereka, sehingga gusi berdarah ketika menyikat gigi akibat plak yang terkumpul.

4. Perbanyak Konsumsi Vitamin C dan Vitamin K

Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C dapat menguatkan imunitas tubuh dalam melawan infeksi gusi penyebab gusi berdarah. Diantara buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk, kiwi, wortel dan lainnya.

Demikian juga mengkonsumsi vitamin K dapat meringankan gusi berdarah ketika menggosok gigi. Vitamin adalah nutrisi yang sangat penting karena ia membantu darah menggumpal. Diantara makanan yang kaya akan vitamin K seperti bayam dan kubis.

5. Kurangi Konsumsi Karbo

Makanan yang mengandung karbohidrat dan gula tinggi akan mempercepat perkembangan plak dan bakteri. Semakin banyak plak di gigi maka semakin besar resiko gusi Anda berdarah.

7. Minum Teh Hijau

Mengkonsumsi teh hijau setiap hari sangat membantu menghentikan pendarahan pada gusi. Teh hijau mengandung catechin, yaitu anti oksidan alami yang dapat membantu tubuh Anda memperlambat respon tubuh pada peradangan akibat bakteri di mulut.

 

Referensi:


https://www.healthline.com/health/how-to-stop-bleeding-gums

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap