Cara Mengukur Jarak Meja Makan, Kursi dan Ruang Makan

  • by
02 Cara Mengukur Jarak Meja Makan, Kursi dan Ruang Makan

Desain ruang makan dan dapur Anda agar lebih nyaman dengan tips ukuran berikut ini.

Susunan Tempat Duduk

07 Cara Mengukur Jarak Meja Makan, Kursi dan Ruang Makan

Jumlah kursi, bangku atau tepat duduk yang dapat Anda tempatkan pada sebuah meja makan ditentukan oleh beberapa cara. Bahkan, dua meja dengan ukuran atasan yang sama memungkinkan untuk menampung jumlah orang yang berbeda, tergantung pada penempatan kaki-kakinya dan bagian atas meja.

Apakah Anda ingin memaksimalkan jumlah tempat duduk pada ruangan kecil?  Anda bisa menggunakan meja makan bulat dengan satu kaki ditengahnya (pedestal table) atau meja persegi panjang dengan kaki masing-masing disamping kiri dan kanan tanpa bagian tengah (trestle table) dan kombinasikan dengan bangku. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir dengan adanya halangan kaki meja maupun kursi. Selain itu, Anda bisa memilih kursi tanpa lengan sehingga dapat ditempatkan secara berdekatan satu sama lain.

Baca juga:  7 Perusahaan Minyak dan Gas di Indonesia dengan Gaji Besar yang Menggiurkan

Pengaturan Lebar Jarak

06 Cara Mengukur Jarak Meja Makan, Kursi dan Ruang Makan

Aturan umum untuk lebar jarak ialah dengan memberikan ruang antara 18 – 24 inchi untuk setiap orang pada meja makan Anda, tapi ukuran itu bisa diatur lebih atau kurang tergantung ruangan yang Anda miliki.

Lebar Meja Makan

02 Cara Mengukur Jarak Meja Makan, Kursi dan Ruang Makan

Secara umum, lebar meja makan yang rekomendasikan adalah 30 sampai dengan 36 inch. Tapi jika Anda perlu meja dengan ruang hidangan yang signifikan, maka lebar 36 inch atau lebih dapat menampung  lebih banyak piring, mangkut dan peralatan makan lainnya.

Jarak Antara Meja dengan Dinding atau Furniture

03 Cara Mengukur Jarak Meja Makan, Kursi dan Ruang Makan

Disarankan agar anda memberi jarak setidaknya 36 inchi antara ujung meja makan Anda dengan dinding ruangan atau furniture yang ada di ruangan tersebut. Jarak ini memberikan ruang yang cukup dan keleluasaan untuk orang lewat melalui belakang meja, disaat yang lainnya sedang duduk, juga memberikan keleluasaan untuk membuka pintu atau lemari terdekat.

Baca juga:  Cara Cek Yayasan Resmi dan Terdaftar Gampang dan Mudah

Jarak Ruang di bawah Meja

01 Cara Mengukur Jarak Meja Makan, Kursi dan Ruang Makan

Jika Anda memiliki kursi makan dengan lengan, ruang antara meja dengan lantai akan menentukan apakah lengan kursi masuk kedalam bawa meja. Pertimbangkan juga mengenai ujung sisi meja yang bisa menentukan jarak ruang yang ada, dan juga menentukan bagaimana jarak ruang untuk menjulurkan kaki Anda di bawah meja.

Karpet

05 Cara Mengukur Jarak Meja Makan, Kursi dan Ruang Makan

Jika Anda memutuskan untuk memakai karpet pada alas meja dan kursi makan, maka karpet hendaknya bisa mencakup seluruh kaki kursi, sekalipun saat kursi ditarik keluar meja. Setidaknya ada jarak sekitar 24 inchi antara ujung meja dengan ujung karpet, jarak  ini akan memberikan ruang yang memadai  dan mencegah kaki kursi agar tidak keluar dari karpet.

Baca juga:  Jenis dan Harga Besi Hollow Berbagai Ukuran 2019

Jarak Lampu Liontin

Cara Mengukur Jarak Meja Makan, Kursi dan Ruang Makan 1

Jika Anda ingin membuat pencahayaan pada ruang makan Anda, hendaknya mulai pada lampu bagian atas meja makan. Pilih lampu liontin yang mampu membuat pencahaan yang cukup terang, untuk memasikan agar tamu Anda duduk pada bayang-bayang. Gantung lampu liontin Anda, kira-kira 30 inchi diatas meja, untuk menjaga agar cahaya lampu terbuka.

Sumber: https://www.roomandboard.com/ideas-advice/design-your-space/dining-kitchen/how-to-measure-your-dining-space.ftl