3 Step Cara Mengecat Kusen Pintu Rumah dan Jendela

cara mengecat kusen pintu rumah dan jendela

Bosan dengan warna cat pintu rumah dan jendela yang sudah memudar? Ingin mengecat kusen sendiri tapi kurang memahami dari mana harus memulainya. Maka sebaiknya mulailah dengan kumpulkan niat terlebih dahulu. Setelah niat terkumpul, mari ikuti langkah dan tips berikut ini.

Pahami tentang beragam cat kayu

Sebelum kamu membeli bahan cat sebaiknya kamu mengenal jenis kayu pada kusen , daun pintu rumah dan jendela rumah kamu. Karena beragam jenis cat kayu memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Berikut adalah macam jenis cat kayu :

a. Wood filler

Wood filler fungsinya untuk menutupi cacat pada tekstur kayu seperti retak pada kayu atau cacat kayu. Jika kamu menemukan retak di kusen, daun pintu rumah atau jendela sebaiknya terlebih dulu dioles dengan cat ini. Setelah itu baru dilakukan pengecatan

Related post:  Model Pintu Kamar Mandi Minimalis Terbaru

b. Wood stain

Wood stain, mungkin anda lebih mengenalnya sebagai plitur kayu. Fungsi plitur kayu hanya menutup permukaan kayu sehingga serat kayu masih tampak jelas. Jika kamu hanya ingin mengecat kusen, pintu dan jendela dengan warna kayu natural, maka anda cukup gunakan cat ini saja.

c. Cat pigmented color

Cat ini biasanya digunakan untuk menutupi serat kayu agar tak terlihat.

e. Clear coat

clear coat pernis kayu
via: diynetwork.com

Biasa dikenal dengan pernis, berfungsi untuk memberi warna transparan juga untuk menguatkan serat kayu. Bedanya dengan plitur, pernis digunakan untuk proses finishing. Pernis wajib digunakan untuk melindungi pintu rumah dari panas dan hujan.

Cara mengecat kusen pintu rumah dan jendela bagi pemula

Baca juga: Model dan Desain Kanopi (Topi) Jendela Minimalis Terbaru

Setelah mengetahui jenis-jenis cat kayu, sekarang persiapkan beberapa alat-alat yang dibutuhkan dalam proses pengecatan:

a. Kuas ukuran 3 inch dan kuas sponge

Kuas jenis ini dipilih dengan tujuan agar hasil pengecatan bebas percikan dari brush. Oleh karena brush yang digunakan harus memiliki sponge yang halus agar tidak meninggalkan brush mark.

Related post:  Model Jendela Minimalis Bahan Aluminium dan Kayu Terbaru Dengan Gambarnya

b. Cat wood stain/ pigmented color

Agar pengaplikasiannya lebih mudah, anda dapat memilih cat wood stain yang biovarnish atau yang water based agar mudah digunakan.

c. Siapkan thinner atau bahan pelarut.

Sesuai namanya pelarut memang berfungsi untuk melarutkan cat.

d. Amplas kayu

Amplas kayu hanya berfungsi untuk mengaluskan permukaan kayu yang kasar dan tidak rapi saja.

e. Kain lap yang masih bersih

Berfungsi untuk mengelap atau mengeringkan bagian cat yang masih basah atau lembap

f. Lakban

Lakban berfungsi untuk ceceran cat agar tidak terkena tembok. Sebaiknya lakban dipasang di sepanjang sisi tembok yang berdekatan dengan kusen pintu atau jendela

Langkah pengecatan

  1. Pastikan kondisi kusen, daun pintu rumah dan jendela dalam keadaan kering. jika anda melakukan recoating sebaiknya pastikan cat yang lama benar-benar hilang.
  2. Campur cat dengan thinner (bahan pelarut) sesuai ukuran yang terdapat dalam botol cat. Karena sifat cat itu gampang mengendap sebaiknya sering dilakukan pengadukan.
  3. Lakukan pengecatan pertama dimulai dari sisi kiri ke kanan, dan untuk pintu dimulai dari atas. Sedangkan untuk jendela mulailah pengecatan dari sisi samping, kemudian sisi atas dan bawah. Pastikan saat mengecat, arah sapuan kuas searah dengan serat kayu.
  4. Gunakan amplas untuk memperhalus permukaan kayu. Lakukan proses ini setelah anda memastikan bahwa cat pertama mulai kering.
  5. Lapisi dengan lapisan cat. Setelah diamplas, lakukan pengecatan ulang.
    Lakukan pemberian clear coat. Langkah terakhir perlu dilakukan agar kayu terlihat kembali baru.
Related post:  Pintu Depan Rumah Minimalis Modern Model Terbaru dan Contohnya

Setelah membaca ulasan di atas, bagaimana mudah bukan mempraktekkannya?  Yuk, coba perbaiki warna cat kusen dan pintu rumah kamu. Selamat mencoba!

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap