Cara Cek Yayasan Resmi dan Terdaftar Gampang dan Mudah

Cara Cek Yayasan Resmi dan Terdaftar Gampang dan Mudah

Yayasan adalah suatu badan hukum yang dibuat untuk tujuan sosial, masyarakat, kemanusiaan, keagamaan dan lainnya. Pendirian sebuah yayasan harus memperhatikan persyaratan-persyaratan formal yang telah ditentukan dalam undang-undang sebuah negara.

Adapun untuk mengecek perusahaan (PT) resmi, Anda bisa membaca caranya pada artikel ini: Cara Cek Perusahaan PT Resmi atau Palsu Secara Online agar Tidak Tertipu

Jika Anda ingin mengetahui suatu yayasan terdaftar (resmi) atau tidak, Anda bisa memeriksanya melalui online. Mengetahui sebuah yayasan resmi atau tidak sangat penting terutama jika Anda hendak berhubungan dengan mereka. Karena sering terjadi penipuan menggunakan nama yayasan tertentu untuk menipu dengan meminta sumbangan kepada masyarakat, dan modus-modus penipuan lainnya.

Related post:  The Best Web Hosting 2019

Cara Cek Yayasan Resmi dan Terdaftar Gampang dan Mudah

Dibawah ini kami akan menjelaskan langkah-langkah untuk mengecek secara online apakah suatu yayasan resmi terdaftar atau tidak. Jika tidak terdaftar, disarankan agar Anda tidak berurusan dengan mereka karena besar kemungkinan nama yayasan yang mereka gunakan adalah palsu.

Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, pada websitenya telah membuat sebuah fitur yang memungkinkan masyarakat mengecek apakah suatu yayasan terdaftar di pemerintahan atau tidak.

Berikut ini caranya:

  1. Buka link  ini https://ahu.go.id/pencarian/profil-yayasan
  2. Kemudian, ketika nama yayasan yang hendak Anda cari pada kolom pencarian
    Cara Cek Yayasan Resmi dan Terdaftar Gampang dan Mudah
    Ketik nama yayasan pada kolom pencarian

     

  3. Lalu klik pada box reCAPTCHA yang bertuliskan “saya bukan robot”, ini adalah fitur untuk mencegah spam pada suatu website. Klik pada box tersebut sampai boxnya berubah menjadi tanda centang (lihat gambar)02 Cara Cek Yayasan Resmi dan Terdaftar Gampang dan Mudah
  4. Setelah box Anda bertanda centang, klik tombol “Cari”  yang ada dibawahnya. Kemudian Anda akan menuju ke halaman hasil pencarian. Bila nama yayasan yang Anda cari terdaftar dan resmi, maka akan muncul di halaman pencarian terebut, tapi jika tidak ditemukan berarti yayasan yang Anda cari kemungkinan tidak resmi alias yayasan palsu.
    03 Cara Cek Yayasan Resmi dan Terdaftar Gampang dan Mudah
    Contoh halaman hasil pencarian nama yayasan

     

Demikian ulasan cara cek yayasan resmi dan terdaftar gampang dan mudah, semoga bermanfaat.

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap