Cara Cek Perusahaan PT Resmi atau Palsu Secara Online agar Tidak Tertipu

  • by
Cara Cek Perusahaan PT Resmi atau Palsu Secara Online agar Tidak Tertipu 01

Sudah banyak terjadi kasus penipuan yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab. Penipu seringkali menggunakan nama perusahaan atau PT palsu untuk mendukung aksi penipuannya supaya calon korban lebih percaya.

Cara cek yayasan resmi : Cara Cek Yayasan Resmi dan Terdaftar Gampang dan Mudah

Penipu yang mengatasnamakan PT atau perusahaan palsu biasanya melakukan penipuan secara online. Dengan online penipu dan calon korban tidak harus bertatap muka, sehingga resiko penipu dilaporkan sangat kecil. Tapi tidak jarang pula orang yang tidak malu-malu menggunakan PT palsu secara offline untuk menipu.

Jika Anda berurusan dengan calon rekan bisnis yang mengatasnamakan peruhaan atau PT tertentu, atau bagi Anda yang sedang mencari lowongan kerja melalui PT tertentu, hendaknya berhati-hati.

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan kebenaran perusahaan calon rekan bisnis Anda adalah dengan mengecek apakah PT yang ia gunakan resmi dan terdaftar atau tidak? Jika nama perusahaannya tidak terdaftar, jangan ragu untuk tidak berbisnis dan berhubungan dengan perusahaan tersebut, karena dapat dipastikan perusahaannya tidak resmi.

Baca juga:  Info, Gambar, Video Jembatan Barelang 2 dan 3 Batam Kepri

Cara Cek Perusahaan PT Resmi atau Palsu Secara Online agar Tidak Tertipu

Sekarang Anda bisa dengan mudah mengecek secara online apakah suatu PT resmi dan terdaftar di pemerintahan atau tidak. Anda dapat mengeceknya melalui website milik  Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia di ahu.go.id. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka situs Dirjen AHU (Administrasi Hukum Umum) di http://ahu.go.id
  2. Kemudian pada kolom pencarian, isi nama perusahaan (PT) yang ingin Anda cari, disarankan untuk menuliskan namanya secara lengkap untuk mempercepat pencarian. Misalnya Anda ingin mencari perusahaan dengan nama “PT. Maju Mundur”, hendaknya Anda menuliskan pada kolom pencarian “Maju Mundur”, karena jika Anda hanya menuliskan salah satu kata saja, kemungkinan pada hasil pencarian Anda akan menemukan banyak nama perusahaan dengan kandungan kata yang sama, ini akan memperlambat proses pencarian Anda.

    Cara Cek Perusahaan PT Resmi atau Palsu Secara Online agar Tidak Tertipu 01

    Ketik nama perusahaan pada kolom pencarian

  3. Setelah mengisi kolom pencarian dengan nama PT yang ingin Anda cari, lalu scrool kebawahnya dan klik pada kotak centang reCAPTCHA disamping tulisan “Saya Bukan Robot”. Klik dan tunggu sampai kotaknya berubah menjadi tanda centang (lihat gambar) Cara Cek Perusahaan PT Resmi atau Palsu Secara Online agar Tidak Tertipu 02
  4. Kemudian klik tombol “Cari” dibawahnya, maka Anda akan menuju ke halaman hasil pencarian. Pada halaman hasil pencarian Anda dapat melihat apakaha PT perusahaan yang ingin Anda check ada atau tidak, jika ada berarti perusahaan tersebut resmi dan terdafatar, tapi jika tidak ada berarti perusahaan tersebut palsu.
    Cara Cek Perusahaan PT Resmi atau Palsu Secara Online agar Tidak Tertipu 03

    Contoh hasil pencarian

     

Demikian Cara Cek Perusahaan PT Resmi atau Palsu Secara Online agar Tidak Tertipu, semoga ulasan ini bisa membantu Anda agar tidak tertipu dengan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan PT.