25 Model Awning Rumah dan Bedanya dengan Kanopi

perbedaan awning dan kanopi

perbedaan awning dan kanopi

25 Model Awning Rumah dan Bedanya dengan Kanopi- Sebagian besar kita di Indonesia mengenal awning sebagai kanopi dengan bahan kain yang menempel pada jendela atau pintu.

Memang antara kanopi dan awning memiliki banyak kesamaan, tapi ada beberapa perbedaan yang memisahkan antara keduanya. Apa saja perbedaan dan kesamaan awning dan kanopiMari kita simak penjelasan berikut ini.

Model Awning dan Bedanya dengan Kanopi

3231 perbedaan awning dan kanopi

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai perbedaan antara awning dan kanopi, dan beberapa contoh model awning untuk rumah sebagai inspirasi dan referensi Anda nantinya.

Perbedaan Awning dan Kanopi

Seringkali orang bingung membedakan antara awning dan kanopi, sebagian bahkan mengira bahwa tidak ada perbedaan diantara keduanya, alias sinonim. Tapi setidaknya ada beberapa perbedaan antara awning dan kanopi yang kami rangkum dalam poin-poin berikut ini:

Awning

Awning adalah lembaran material yang menempel pada eksterior rumah Anda, yang menempel permanen diatas jendela atau pintu, dan yang menggantung pada teras, beranda atau gang rumah. Awning bisa menjadi peneduh dan pelindung  dari sengatan matahari untuk outdoor dan indoor sekaligus. Awning melindungi sinar matahari agar tidak langsung masuk melalui jendela, yang dapat membuat furniture di rumah memudar, dan juga menjaga bagian luar jendela tetap teduh.

Related post:  Jasa Pasang Kanopi di Jogja Harga Murah

Berbeda dengan kanopi, awning merupakan benda permanen yang menempel  di bagian luar rumah Anda, dan tidak memerlukan pembongkaran, walaupun ini mengurangi fleksibilitas. Ada dua model awning: yaitu awning jendela dan awning yang dapat dikembangkan dan bisa dilipat ketika  tidak dipakai.

Karena sifatnya yang permanen, awning bisa menjadi area untuk  penyimpanan sepatu, sepeda dan lainnya.

Awning memiliki panjang yang bervariasi, tapi secara umum lebih kecil dari kanopi. Bagaimanapun, penting untuk memilih ukuran yang tepat untuk kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan ruang untuk menampung sebuah pesta kecil dan acara bakar-bakar, maka awning yang lebih besar bisa jadi pilihan, atau mungkin bisa menggunakan kanopi.

Tersedia berbagai macam warna, pola dan model awning yang cocok untuk arsitektur berbagai macam rumah.

Perlu diingat bahwa awning adalah struktur permanen, karena itu disarankan untuk memilih model awning yang cocok dengan gaya dan dekorasi rumah atau taman Anda.

Canopy

Kanopi biasanya berukuran lebih besar, berdiri sendiri dan digunakan untuk menyediakan naungan untuk tempat duduk-duduk di luar ruangan.

Kanopi biasanya terbuat dari kain kanvas besar dan tahan lama yang tergantung diatas rangka metal dengan tiang-tiang.

Kanopi juga kadang dipasang menempel pada jendela dan pintu, dan ini mungkin yang membuat orang bingung antara awning dan kanopi.

Kanopi biasanya lebih besar daripada awning, sehingga kanopi lebih cocok dijadikan untuk tempat berkumpul dan pesta.

Related post:  Kanopi Minimalis Modern Terbaru

Kanopi lebih portable dan mudah dibongkar dan disimpan jika sedang tidak digunakan. Karena portable, maka kanopi ideal untuk dijadikan sebagai tempat untuk acara luar ruangan, festival atau perjalanan liburan.

Karena kanopi tidak permanen, kanopi lebih fleksibel daripada awning. Ini memudahkan Anda untuk memasang kanopi dimana saja.

Model Awning Rumah

Apakah Anda sedang mencari ide awning rumah untuk dipasang di rumah Anda? Awning rumah adalah  awning yang dipasang di sekitar rumah, biasanya pada jendela, pintu dan teras rumah. Berikut ini beberapa contoh model awning rumah untuk inspirasi Anda.

awning rumahawning lipat gulung
awning rumahawning lipat gulung
awning rumah 2321
awning rumah 2321
awning rumah 2322
awning rumah 2322
awning rumah awning kaca
awning rumah awning kaca

awning rumah

Model Awning  Kain

Awning kain adalah model awning yang bahan atapnya terbuat dari kain. Bahan kain ini membuat awning mudah dibentuk dan pada atapnya bisa dibuat sablon, ini cocok untuk awning toko (shop awning). Karena fleksibel awning kain juga digunakan untuk awning yang bisa dilipat. Berikut ini beberapa contoh awning kain,

awning kain 1094
awning kain 1094
awning kain rumah awning gulung
awning kain rumah awning gulung
awning kain rumah jendela 1218
awning kain rumah jendela 1218
awning kain 1092
awning kain 1092
awning kain 1093
awning kain 1093

Model Awning  Gulung

Awning gulung adalah awning yang dapat digulung atau dilipat ketikat tidak digunakan. Awning gulung cocok digunakan untuk bersantai di teras, jika Anda sedang ingin menikmati matahari pagi atau sore, maka Anda bisa menggulung awning nya. Dan berikut ini beberapa contoh awning rumah model gulung,

Related post:  5 Perbedaan Carport dan Garasi yang Mungkin Anda Tidak Tahu

Model Awning  Kayu

Adapun awning kayu adalah awning yang konstruksinya terbuat dari kayu. Awning kayu cocok untuk rumah yang bergaya klasik. Kayu yang digunakan untuk awning kayu bervariasi, ada yang menggunakan kayu jati, mahoni dan lainnya. Tapi jika ingin agar awning rumah tahan lama, maka disarankan untuk memakai kayu jati, karena kayu jati dikenal sangat kuat dan tahan lama. Berikut beberapa contoh model awning rumah model kayu yang bisa Anda contoh.

43436 awning rumah kayu awning rumah kayu 43434 awning rumah kayu 43434 awning rumah kayu 43435 awning rumah kayu

Model Awning  Kaca

Awning kaca adalah awning yang atapnya terbuat dari kaca. Awning atau kanopi kaca sangat cocok bagi Anda yang ingin rumahnya berpenampilan elegan. Ada beberpa pilihan jenis kaca yang digunakan untuk atap awning, diantaranya kaca tempered dan kaca akrilik. Berikut beberapa contoh model awning rumah bahan kaca.

1217 awning rumah kaca 1213 awning rumah kaca 1214 awning rumah kaca 1215 awning rumah kaca 1216 awning rumah kaca

 

Referensi: https://www.kingstonblinds.net/news/what-is-the-difference-between-an-awning-and-a-canopy/

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap