Asal Usul Nama Hot Dog, Arti dan Sejarahnya

  • by
apa itu hotdog

Pertama kali saya mendengar nama makanan Hot Dog (hotdog) saya membayangkan bahwa makanan ini terbuat dari daging anjing yang dihidangkan panas, karena secara harfiah hot dog kan berarti anjing panas? Saya yakin banyak dari kita berpikiran sama, bahwa makanan orang barat yang termasuk kategori sandwich ini mengandung daging anjing, betul?

Setalah waktu berlalu, saya baru mengerti bahwa hotdog tidak ada hubungannya dengan daging anjing dan hotdog tidak mengandung daging anjing sama sekali. Jika tidak megandung daging anjing kenapa dinamakan dengan hot dog, apa sejarahnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Hotdog?

Hotdog adalah sandwich dengan sosis yang dikukus atau dipanggang dimana sosis diselipkan pada celah roti (bun) yang telah dipotong di bagian tengahnya agar sosis bisa masuk. Istilah Hotdog juga dapat merujuk kepada sosis itu sendiri. Sosis yang digunakan adalah jenis wiener atau frankfurter yang berasal dari Jerman. (Wikipedia)

Related post:  The Best Web Hosting 2019

Note: Anjing dachshund, juga dikenal dengan nama anjing the wiener, badger atau anjing sosis, adalah anjing jenis kaki pendek dan memiki badan yang panjang.

Sejarah dan Penamaan Hotdog

Pada pertengahan abad ke 19, tukang daging imigran yang berasal dari Jerman di Amerika Serikat mulai menjajakan berbagai macam jenis sosis, dimana sebagiannya ada yang kecil dan panjang mirip seperti anjing peranakan dachshund. Mereka menamakannya dengan sosis dachshund. Seiring waktu istilah ini berubah nama menjadi “hot dog”.

Sebagian orang mengatakan, bahwa kata hotdog diciptakan pada tahun 1901 di stadion Polo Ground di kota New York, pada acara cold April Day.  Pada waktu itu, para penjual hotdog berteriak menjajakan dagangan mereka “they are red hot, get your dachshund sausage while they’re red hot!” (merah panas!, dapatkan sosis dachshund Anda selagi masih merah dan panas!)

Related post:  Cara Cek Perusahaan PT Resmi atau Palsu Secara Online agar Tidak Tertipu

Tad Dorgan, seorang kartunis olahraga, yang menyaksikan pemandagnan itu, buru-buru menggambar kartun anjing dachshund yang menggonggong hangat yang bersarang di dalam roti rolls. Karena ia tidak mengerti cara mengucapakan “dachshund”, ia memilih untuk menulis “hot dog”.

Disebutkan bahwa kartunnya sempat menjadi sensasional, sehingga nama dan istilah “hot dog” tercipta. Walaupun demikian, para sejarawan belum menemukan keberadaan kartun ini, meski popularitas Dorgan yang begitu besar.

Cara Membuat Hotdog

sosis panggang untuk membuat hotdog

via: weber.com

Cara membuat hotdog sangat gampang. Cukup Panggang atau kukus (tergantung selera) sosis Anda. Potong roti setengahnya dan masukkan sosis yang telah dipanggang atau dikukus tersebut kedalam roti Anda. Jika ingin, Anda bisa menambahkan saus atau mayonnaise pada hotdog Anda. Dan hotdog Anda siap disantap.

Related post:  7 Perusahaan Minyak dan Gas di Indonesia dengan Gaji Besar yang Menggiurkan

 

 

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Hot_dog

https://www.hot-dog.org/culture/hot-dog-history

https://www.quora.com/How-did-hot-dogs-get-their-name