8 Tips yang Wajib Diketahui Sebelum Pindah ke Rumah Baru

  • by
tips pindah ke rumah baru

Proses pindah ke rumah atau kontrakan (kos) baru merupakan tugas yang melelahkan. Tapi kami yakin Anda harus mengetahui dan melaksanakan 8 tips berikut sebelum pindah ke rumah baru Anda, karena jika tidak maka nantinya Anda akan lebih repot sendiri.

Pastikan Anda melakukan 8 tips pindah rumah berikut supaya Anda dapat lebih menikmati proses pindah ke hunian baru Anda tanpa stres.

Sebelum pindah, buatlah check list untuk poin-poin berikut ini dan pastikan Anda telah melakukan tipsnya dengan baik.

1. Ganti Kunci Rumah Baru Anda

Pertama sekali, sangat penting Anda memastikan keamanan Anda dan keluarga di rumah baru. Anda tentu tidak ingin ada orang asing memegang kunci yang dapat membuka pintu rumah Anda, maka mengganti kunci rumah baru adalah langkah utama yang wajib dilakukan.

Lakukan penggantian kunci rumah sebelum Anda pindah, maka Anda akan merasakan kenyamanan terutama saat Anda tidur pada beberapa hari malam pertama tinggal di rumah baru.

Baca juga:  Panduan Desain (Interior) Rumah Minimalis

2. Perbaharui Alamat Anda

Pastikan Anda mengetahui alamat baru rumah Anda, jika alamat belum jelas, maka tanyakan ke tetangga atau ke pihak resmi, bila perlu mengganti alamat gantilah segera.

Jangan lupa untuk memperbaharui alamat Anda pada akun online yang penting, terutama yang berkaitan dengan keuangan, surat-menyurat dan pengiriman paket.

3. Perikasa Kebocoran Rumah

periksa kebocoran pipa sebelum pindah rumah

Periksa kebocoran pipa sebelum pindah rumah (sumber: thespruce.com)

Idealnya, rumah baru yang akan Anda tempati mesti dipastikan bebas dari bocor oleh penjual atau pemilik sebelumnya. Baik kebocoran pipaTapi dengan melakukan pengecekan sederhana, akan membuat pikiran Anda lebih tenang.

Ketika Anda baru pindah dan belum menggunakan air keran (PAM), periksa meteran air Anda. Tunggu selama 2 jam dan pastikan tidak ada yang menggunakan air selama 2 jam tersebut. Kemudian cek kembali meterannya. Seharusnya indikator meteran tidak berubah. Jika berubah, maka mungkin ada pipa yang bocor.

Mungkin Anda tidak perlu langsung memperbaikinya, tapi setidaknya Anda mengetahui kondisi terkini pipa dan kebocoran di rumah. Plus, Anda lebih mudah melakukan pengecekan dan menunggu 2 jam untuk tidak menggunakan air disaat pindah dimana Anda dan keluarga tidak perlu menggunakan air untuk keperluan rutin di rumah.

Baca juga:  Rumah Minimalis dan Modern Sederhana Terbaru

4. Ganti Toilet Duduk Anda

Jika Anda menggunakan toilet duduk, mungkin Anda perlu mengganti tatakan toilet Anda sebelum pindahan, dengan begitu Anda akan merasakan bahwa rumah baru tersebut adalah milik Anda – dan Anda tidak khawatir lagi tentang apa yang terjadi pada toilet tersebut sebelum Anda menerima kunci.

5. Periksa Alarm Pendeteksi Kebakaran dan Carbon Monoxide

Jangan tidur di rumah baru Anda sebelum memastikan alat keamanan ini berfungsi dengan baik. Periksa baterai atau alat Pendeteksi Kebakaran dan Carbon Monoxide apakah harus diganti.

Jika Anda belum memiliki alat pengaman ini, mungkin Anda perlu membelinya jika mau, terutama apabila Anda adalah tipe orang yang suka dengan keamanan ekstra.

6. Cari Lokasi Box Listrik dan Keran Air

stop kontak dan meteran listrik

(sumber: superbrightlights.com)

Mencari dimana lokasi kotak switch listrik Anda dengan lampu senter dikegelapan bukanlah pekerjaan yang menyenangkan, tapi banyak orang terjebak pada situasi ini karena mereka tidak memanfaatkan untuk mencari letak kotak switch listriknya ketika masih ada cahaya.

Anda juga perlu mengetahui lokasi katup (valve) utama gas dan air setelah pindah sebelum terjadi masalah.

7. Bersihkan Lemari, Laci dan Rak

Sebelum Anda memasukkan barang-barang Anda kedalam lemari dan rak, usahakan untuk membersihkan dan mengelap lemari, rak dan laci Anda terlebih dahulu. Ini akan memakan beberapa menit, tapi akan jauh lebih mudah jika Anda melakukannya nanti setelah barang-barang Anda dibongkar.

Baca juga:  Unik! Desain Rumah Terbalik (Upside Down House) yang Ada di Indonesia dan Dunia

8.  Prioritaskan Pekerjaan Perbaikan yang Utama Terlebih Dahulu

List semua tugas baik perbaikan, pembersihan dan setting yang harus di rumah baru yang akan Anda tempati, kemudian urutkan kembali tugas-tugas tersebut sesuai prioritasnya, mulai dari yang lebih utama terlebih dahulu. Dengan begitu maka pekerjaan Anda menjadi lebih ringan dan teratur, dan pikiran Anda tidak bercabang yang akhirnya membuat stres.

Demikian beberapa tips yang perlu Anda lakukan sebelum pindah rumah. Mungkin beberapa tips diatas tidak relevan dengan Anda, tapi tips yang lain kami yakin semua kita membutuhkannya.


Referensi: https://freshome.com/moving/8-things-you-need-to-do-before-moving-into-your-new-home/