8 Tips yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Rumah

8 Tips yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Rumah

Apakah Anda ingin membeli rumah dalam waktu dekat?

Sebelum melakukannya, sangat penting untuk mengetahui beberapa informasi dan tips penting seputar pembelian properti agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari akibat kurangnya informasi sebelum berbuat.

8 Tips yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Rumah

Berikut ini 8 tips yang harus Anda ketahui sebelum membeli rumah. Tips ini juga berguna bagi Anda yang ingin menyewa/mengontrak rumah.

1. Lokasi: Periksa Konteks Kota dan Perkembangannya

Dalam perumahan, info penting yangperlu diketahui bukan hanya kebutuhan dasar seperti bagaimana menekan biaya energi listrik, tapi juga memahami tentang akses terhadap kebutuhan dasar lainnya seperti layanan kesehatan, suplai kebutuhan sehari-hari, keamanan, transportasi, dan sebagainya.

Related post:  Rumah Minimalis Konsep Terbuka di Tengah Sawah Dengan Kolam Renang

Pada kasus ini, sangat penting jika Anda mencari tahu tentang proyek infrastuktu dan proses sosial yang sedang berjalan baik disekitar rumah yang akan Anda beli maupun pada skala yang lebih luas pada area tetangga Anda.

Cari tahu masalah yang berkaitan dengan apakah nilai properti akan bertambah atau berkurang di kemudian hari?

2. Ketahui Peraturan Lokal dan Peraturan Negara Tentang Properti

Pikirkanlah tentang rencana jangka panjang Anda dan cek apakah peraturan setempat memungkinkan calon rumah yang akan Anda beli bisa sesuai dengan kebutuhan Anda: dalam banyak kasu, ketidaktahuan tentang peraturan pembangunan setempat dapat menghalangi rencana Anda dalam hal perluasan atau renovasi rumah.

Penting juga jika Anda mengetahui apakah rumah yang akan Anda beli terdaftar dengan sah dan memenuhi peraturan yang berlaku pada pemerintah kota setempat, ini untuk menghindari kemungkinan adanya tuntutan hukum yang tidak menyenangkan di kemudian hari.

Related post:  4 Aturan Pewarnaan Interior yang Harus Diketahui oleh Setiap Pecinta Desain Rumah (Bag. 2)

3. Perhitungkan Umur Bahan/Material dan Berapa Lama Ketahanannya

Bahan dan material bangunan tidak akan bertahan selamanya. Maka Anda perlu mengerti bahwa suatu saat nanti Anda perlu menginvestasikan pengeluaran Anda baik untuk pengecatan ulang maupun perbaikan beberapa bagian rumah Anda.

Maka sangat relevan jika Anda menyisihkan waktu untuk memeriksa kembali pada finishing dan kualitas material yang digunakan untuk mengetahui perkiraan biaya perbaikan di kemudian hari.

4. Pentingnya Memerikasa Struktur dan Instalasi

Tidak hanya Anda perlu memerikasa soal pemasangan seperti pemipaan air PAM atau listrik dan meterannya, tapi Anda juga perlu memerikasa struktur sistem pada rumah Anda. Ini akan membantu Anda untuk mengerti dengan cepat akan kapasitas ekstra jika di kemudian hari perlu renovasi, agar Anda nantinya tidak pusing sendiri.

Related post:  7 Ide Desain Interior Rumah Minimalis Disertai Contoh Model Gambar

Kembali lagi pada masalah peraturan setempat, sangat penting untuk memeriksa bahwa instalasi rumah sesuai dengan kebutuhan Anda, jika tidak maka akan menjadi masalah bagi keuangan Anda jika dibutuhkan update.

Bersambung…


Referensi: https://www.archdaily.com/914333/buying-a-home-what-you-should-know-before-you-purchase

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap