8 Jenis Pintu Berdasarkan Gayanya, Desain Cantik dan Fungsional

Kenali Jenis Pintu Berdasarkan Gayanya, Desain Cantik dan Fungsional

Jenis Pintu Berdasarkan Gayanya, Desain Cantik dan Fungsional- Ketika mulai membuat desain interior hunian, Anda mungkin sempat merasa bingung karena ada begitu banyak jenis pintu yang bisa dipilih. Tidak hanya tersedia dalam berbagai bentuk model yang cantik, ada berbagai jenis pintu yang mampu memberikan ruangan tampilan unik dan menakjubkan, tanpa mengabaikan sisi fungsionalnya.

Pintu merupakan salah satu bagian penting untuk melindungi properti dan menjaga privasi Anda. Sekaligus, memberikan sentuhan estetika ruangan. Sekadar informasi, jenis pintu juga diklasifikasikan berdasarkan gayanya. Mau tahu apa saja? Baca terus yuk!

Baca juga: 5 Jenis Pintu Rumah Berdasarkan Material Bahan dan Gambarnya

8 Jenis Pintu Berdasarkan Gayanya, Desain Cantik dan Fungsional

1. Pintu Berengsel

Pintu berengsel minimalis
(sumber: houzz.com)

Dikenal pula dengan sebutan “passage doors” atau “hinged doors”, pintu berengsel merupakan jenis pintu yang paling sering digunakan di banyak rumah di seluruh dunia.

Related post:  Model Pintu Lipat Minimalis Terbaru dengan Harga dan Gambarnya

Salah satu sisi pintu dipasang pada engsel, sedangkan pada sisi lainnya berayun kedalam atau dari luar ruangan. Pintu berengsel dapat dipasang terpisah dan mudah dalam proses instalasinya.

2. Pintu Belanda

pintu belanda
(sumber: houzz.com)

Sesuai namanya, pintu belanda merupakan jenis pintu yang terinspirasi dari rumah – rumah tradisional Negeri Kincir Angin. Pintu belanda mudah dikenali berkat gayanya yang unik. Karena terbagi dua secara horizontal dengan panel yang berbeda untuk bagian atas dan bawah.

Pintu belanda merupakan pilihan terbaik untuk ruang dapur atau ruang memasak untuk menyediakan sirkulasi udara yang lancar dan juga tanpa mengabaikan privasi. Dengan model bukaan separuh. Sisi pintu bawah tetap bisa terkunci/ tertutup, sementara sisi pintu atas terbuka untuk mengalirkan sirkulasi udara.

3. Pintu Saku (pocket door)

pintu saku
(sumber: houzz.com)

Pintu saku sebenarnya sudah ada sejak bertahun – tahun lalu. Namun, pintu saku mulai dikenal beberapa tahun terakhir karena cocok diterapkan dalam rumah modern minimalis.

Pintu saku sangat menghemat ruangan karena pintu ini dapat digeser masuk dan keluar dari dalam dinding. Pintu saku ada dalam model pintu tunggal maupun pintu ganda.

4. Pintu Roller

pintu roller
(sumber: houzz.com)

Pintu roller atau pintu overhead sectional umumnya digunakan untuk garasi dan fasilitas penyimpanan alias Gudang. Namun, pada umumnya pintu roller juga dapat menjadi sebagai tambahan dekorasi yang sangat trendy untuk ruang tamu, misalnya.

Related post:  10 Contoh Pintu Prancis yang Cantik Menawan untuk Inspirasi Anda

Anda dapat menggunakan pintu roller untuk memisahkan interior rumah dari halaman atau area taman.

5. Pintu Bifold

pintu bifold
(sumber: houzz.com)

Pintu bifold adalah seperangkat pintu yang disatukan dan dilipat satu sama lain atau disebut juga dengan pintu lipat. Pintu-pintu ini umumnya dipasang di trek yang menggantung dari atas atau dibuka dari sisi samping. Pintu-pintu ini biasanya dipakai untuk lokasi seperti ruang utilitas, lemari, dan dapur.

6. Pintu Geser

pintu geser sliding
(sumber: houzz.com)

Pintu geser umumnya dipakai untuk lokasi seperti kamar tidur maupun lemari. Pintu – pintu ini tidak mengayun terbuka dan harus digeser di atas jalurnya. Karena tidak berayun terbuka, maka pintu ini tidak akan memakan tempat maupun menganggu komponen ruang lainnya.

Namun demikian, hanya sebagian pintu yang bisa diakses untuk digeser. Sedangkan, sisi yang lain umumnya statis atau tidak dapat digeser.

7. Pintu Pivot

pintu pivot
(sumber: houzz.com)

Pintu pivot dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menambahkan nilai seni sekaligus gaya eksentrik pada ruangan. Pada pintu pivot terdapat 2 logam yang terpasang di sisi atas dan bawah pintu.

Related post:  Tutorial Cara Membuat Pintu Rumah Anti Maling

Jenis pintu ini benar – benar gaya dan tiada duanya. Gaya dan struktur yang minimalis menjadikan jenis pintu ini cocok untuk hunian modern yang minimalis.

8. Pintu Prancis

pintu prancis
(sumber: houzz.com)

Jika Anda mendambakan jenis pintu yang elegan, cantik dan memberikan fungsi signifikan, pintu Prancis adalah pilihan ideal. Pintu Prancis terpasang pada engsel yang terdapat di setiap sisi bukaan.

Bukaan pintu dapat bertemu atau berayun di sisi tengah. Ketika kedua pintu dibuka ke samping, pintu Prancis akan menghadirkan pemandangan yang tak terhalang menuju area luar.

Dari beberapa jenis pintu di atas, manakah yang menjadi pilihan Anda?

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap