5 Karakter Desain Rumah Minimalis dan Modern

  • by
9834 7 Langkah Menyulap Rumah Anda jadi Minimalis

Rumah minimalis beberapa dekade ini begitu populer sebagai sebuah gaya desain dan gaya hidup. Bagi Anda yang belum mengetahui pengertian minimalis silahkan baca artikel kami yang berjudul: Perbedaan Desain Minimalis, Modern dan Kontemporer

Desain rumah minimalis juga menekankan pengendalian dan kehati-hatian dalam pemotongan dan editing ruangan untuk mendapatkan kejelasan yang lebih. Arsitektur dan desain rumah minimalis adalah mengenai pencapaian hasil desain yang terbaik melalui kesederhanaan, kesederhanaan dalam bentuk, ruang, material, detail dan warna.

Siapa yang tidak suka keringkasan, ruang yang terbuka yang menyediakan tempat “bernafas” bagi arsitektur, furnitur dan bahan-bahan didalam ruangan? Yang membuat desain rumah minimalis begitu menggoda adalah kesederhanaan materialnya, detailnya. Itulah mengapa kita menghargai ruangan rumah minimalis, karena ketenangan, kehangatan dan keindahan yang dipancarkannya.

5 Ciri Desain Rumah Minimalis dan Modern

Setidaknya ada 5 ciri bagi suatu desain rumah dan lainnya agar disebut dengan minimalis. Berikut ciri-ciri dan penjelasannya.

1. Bentuk dan fungsi yang sederhana

eksterior rumah minimalis

Banyak dari rumah minimalis memiliki denah tata letak yang simpel, polos dan efisien dengan volume ruang yang luas. Ini membuat kejelasan dalam rencana, dimana luas area ruangan dapat ditebak dan tidak rumit. Bentuk yang sederhana, denah lantai terbuka, dinding interior minimalis, ruang penyimpanan yang cukup, dan penekanan pada pemandangan dan cahaya siang mendefinisikan karakteristik dan ciri dari banyak denah rumah minimalis.

Bukaan pintu dan jendela yang tidak rumit juga memperjelas bagian muka bangunan. Secara umum, desain rumah minimalis menghindari terlalu banyak lekukan, lengkungan dan sisi-sisi.  Bentuk atap yang sederhana juga menjadi ciri rumah minimalis.

2. Pewarnaan dan Finishing Dinding yang Tidak Rumit

Baca juga:  Jenis dan Harga Besi Hollow Berbagai Ukuran 2019

Mengunakan pengecatan untuk material eksterior yang los dan sederhana dengan mudah dapat menyediakan tampilan yang menarik dan artikulasi dengan mengekspresikan karakteristik fisik dari material dan teksturnya.

Pada gambar sebelah kiri di bawah ini, memperlihatkan bilah cedar horizontal 2 × 2 memberikan efek lapang dan menarik untuk tampilan bagian depan.Pada sisi sebelah kanan menciptakan daya tarik pada sendi pangkuan dan warna biru yang muncul di bagian interior putih pada foto sebelah kanan. Perhatikan juga kurangnya sambungan sambungan di kedua foto. Fitur menarik lainnya adalah pada setiap kursus horizontal adalah satu bagian yang berkelanjutan.

arsitektur minimalisrumah minimalis 7373

Bentuk rumah kotak berikut , dengan terusan dinding secara vertikal dan bukaan jendela yang polos adalah solusi modern dan minimalis untuk rumah singgah hutan ini.

Baca juga:  Cara Mengukur Jarak Meja Makan, Kursi dan Ruang Makan

desai eksterior rumah minimalis

3. Ruangan yang Jernih, Lapang dan Terang

Denah lantai yang terbuka antara ruang keluarga dan dapur mengizinkan cahaya yang cukup untuk masuk ke ruangan.  Cahaya yang masuk memberi warna pada permukaan dinding membuat ruang interior rumah minimalis seperti ini sebagai tempat yang tenang dan menarik.

Ruangan rumah minimalis yang dipenuhi dengan cahaya, garis pandang yang luas dan estetika yang tidak kusut merupakan tipikal dari banya interior minimalis. Hanya furnitur dan aksesoris yang benar-benar diperlukan ditempatkan diruangan sehingga objek-objek tersebut memiliki ruang untuk “bernafas”. Cahaya yang alami menambahkan susana yang nyaman untuk ruangan, membuatnya terasa hangat dan tenang, tidak dingin dan hampa.

rumah minimalis

 

4. Detailing yang Sederhana Tanpa Dekorasi

Banyak dari interior rumah minimalis memiliki ciri laci dan lemari yang polos, tangga dan potongan detailnya hanya digunakan sesuai kebutuhan saja.

Baca juga:  Bagaimana Cara Mengukur Meja Anda Agar Pas Dengan Ruangan

Kabintet dengan panel lempeng dan datar dan pengurangan eksposur dari perangkatnya mengurangi pemandangan yang terlalu kusut.

deatil rumah minimlis

5. Penggunaan Material Secara Strategis untuk Visual yang Menarik, Tekstur dan Personalitas

Ciri rumah minimalis lainnya adalah penggunaan bahan dan material secara strategis untuk menciptakan visual yang sederhana, tidak kusut, tapi juga sekaligus menarik dan nyaman.

detail jendela rumah minimalis desain interior minimalis

Demikian penjelasan singkat  mengenai 5 Karakter Desain Rumah Minimalis dan Modern kali ini, bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menyulap rumah Anda menjadi minimalis?

Sumber: http://www.yr-architecture.com/5-characteristics-of-modern-minimalist-house-designs/