5 Jenis Pintu Rumah Berdasarkan Material Bahan dan Gambarnya

5 Jenis Pintu Rumah Berdasarkan Material Bahan dan Gambarnya

5 Jenis Pintu Rumah Berdasarkan Material Bahan dan Gambarnya – Ada berbagai jenis pintu maupun jendela yang diproduksi oleh pabrik sekarang dapat dengan mudah ditemukan di toko bangunan ataupun supermarket material bangunan. Berdasarkan bahan materialnya terdapat berbagai macam pintu yang dilengkapi dengan fitur, kekurangan dan kelebihan yang beragam.

Baca juga: Model Pintu Lipat Minimalis Terbaru dengan Harga dan Gambarnya

Agar dapat menentukan pilihan pintu yang tepat untuk hunian Anda, mari disimak beberapa jenis pintu berdasarkan materialnya berikut ini!

5 Jenis Pintu Rumah Berdasarkan Material Bahan dan Gambarnya

1. Pintu Kayu/ Timber

pintu rumah dari kayu timber 02

(Pinterest)

Umumnya, kayu dikenal luas sebagai material pintu maupun jendela. Keuntungan utama kayu adalah ketersediaan material yang mudah dijumpai dan dari segi pembuatan juga lebih cepat.

Pintu kayu umumnya dipilih karena biaya yang terjangkau dan daya tahan usianya yang panjang. Meskipun bisa dipakai di semua ruang atau lokasi. Namun, pintu kayu akan lebih manis jika ditempatkan untuk lokasi eksterior.

2. Pintu Panel/ Pintu Frame

jenis pintu panel atau pintu frame

(houzz)

Jenis pintu ini paling sering digunakan untuk hunian. Rangka pintu terbuat dari kayu dan panel rana terbuat dari kayu, triplek, papan blok, hingga hard wood, dll. Dengan gaya desain yang ditambahkan pada panelnya, menjadikan pintu jenis ini begitu dekoratif.

Related post:  10 Desain Pintu Depan Rumah Modern Terbaru Satu dan Dua Pintu

Bagian panelnya juga bisa dimodifikasi dari bahan kaca atau material dekoratif lainnya. Dari segi estetika, pastinya jenis pintu panel atau pintu frame ini terlihat lebih indah dan fleksibel desainnya sesuai kebutuhan rumah.

4. Pintu Flush

jenis pintu flush

(houzz)

 

Pintu flush merupakan pintu yang jenis teksturnya begitu halus. Dilapisi kayu atau papan serat yang kepadatannya ringan dan dipasang pada kusen kayu. Pada bagian dalam (inti) pintu jenis ini, biasanya memiliki rongga diisi dengan bahan yang terbuat kardus.

Biasanya, pintu flush paling sering dipakai untuk interior hunian. Sekalipun, dengan beberapa variasi yang bisa dijumpai sebagai pintu eksterior hunian.

Kusen pintu flush umumnya terbuat dari kayu, baja, dan sebagainya untuk menahan beratnya. Pintu – pintu ini mempunyai engsel hanya di satu sisi supaya bisa terbuka hanya satu arah saja.

Pintu flush dipilih oleh konsumen karena harga yang ekonomis, desainnya menarik, serta daya tahan lumayan tinggi. Untuk mencegah kelembaban dan agar lebih tahan air, maka pintu flush harus dilapisi dengan lembaran aluminium, terutama jika ingin dipakai pada tempat yang rentan terkena air seperti pada toilet atau kamar mandi,  .

Related post:  10 Contoh Pintu Prancis yang Cantik Menawan untuk Inspirasi Anda

5. Pintu Kaca

jenis pintu kaca

(houzz)

Bahan kaca sebagian besar dipakai sebagai panel pintu. Namun, jika penghuni rumah ingin membuat pintu yang material atau panelnya full kaca biasanya tempat terbaik untuk menggunakan pintu jenis ini adalah di bagian belakang rumah yang menghadap kolam renang di belakang rumah atau taman.

Sehingga, dari sisi dalam rumah, penghuni dapat melihat pemandangan di sekitar rumah tanpa halangan apa pun.

Selain di belakang rumah, pintu kaca juga dapat dipakai pada bagian depan sebagai pintu akses utama. Tapi, yang harus diperhatikan dengan seksama untuk memastikan agar privasi penghuni rumah terjaga dengan baik.

Biasanya, pintu kaca dapat didesain dengan beberapa panel kaca yang dipotong menjadi bingkai kayu untuk pintu depan/ pintu utama rumah. Jenis pintu kaca ini membutuhkan perawatan yang baik dan harganya relatif lebih tinggi.

 

6. Pintu Aluminium

jenis pintu aluminium

(houzz)

 

Aluminium adalah logam yang telah banyak dipakai sebagai bahan material pintu karena memiliki karakter yang ringan dan tahan lama. Selain dipakai sebagai pintu rumah, aluminium juga dapat dijumpai di pasaran dalam bentuk partisi, jendela, hingga wall décor.

Rangka aluminium sebagai pintu mempunyai kelebihan yang berbeda dari jenis pintu berbahan lainnya. Terutama dari segi daya tahan terhadap cuaca dan kondisi lingkungan yang ekstrim.

Related post:  Jenis Handle Pintu Rumah yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Karena berbobot ringan, pintu aluminium bisa dengan mudah dipasang ke pondasi. Kusen aluminium juga memiliki usia yang panjang dan lebih awet karena tidak akan terpengaruh oleh rayap, jamur maupun kelembaban.

Pintu yang terbuat dari aluminium dapat digantung atau digeser ke samping dan cocok untuk lokasi eksterior maupun interior.

Nah, itu dia beberapa pertimbangan ketika memilih jenis – jenis bahan material pintu rumah Anda. Anda harus memastikan untuk memilih jenis pintu yang ideal, tidak hanya terlihat cantik untuk hunian, tapi juga memenuhi patokan finansial budget Anda.

 

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap