3 Makanan dan Minuman yang Bikin Bahagia Anti Galau

Perasaan stress kadang tidak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Banyak faktor yang memicu terjadinya tekanan psikologis baik internal maupun eksternal, misalnya masalah dalam keluarga, pekerjaan, teman, bisnis dan lainnya. Masalah-masalah eksternal tersebut dapat memicu reaksi didalam tubuh dan membuat jiwa tertekan.

Perasaan tertekan sedih dan tertekan ini tidak baik untuk dibiarkan dan tidak berusaha diatasi. Hal ini berefek tidak baik bagi kesehatan tubuh sendiri, maupun dalam pekerjaan dan mengejar impian dalam hidup.

Olahraga dan latihan yang rutin, demikian juga berusaha untuk selalu sibuk dengan hal-hal yang berguna sangat membantu untuk menyingkirkan stres dan tekanan tersebut. Disaat kita telah menyelesaikan suatu tugas yang bermanfaat, maka akan muncul perasaan bahagia. Demikian juga setelah kita bersedekah, membantu orang lain, atau berbuat baik, maka kita akan merasa bahagia, dan otomatis persaan stress yang kita rasakan bisa terobati atau bahkan bisa hilang.

Related post:  Stop Beli Bawang Putih. Ini Cara Mendapatkan Suplai Bawang Putih tak Terbatas di Rumah

Tentu banyak lagi hal-hal yang dapat membantu kita menghilangkan stress dan membuat kita lebih kalem, tenang dan bahagia, termasuk dari makanan dan minuman yang kita konsumsi.

3 Makanan dan Minuman yang Membuat Senang dan Kalem

Jangan remehkan makanan atau minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Selain untuk pertumbuhan dan kesehatan badan, makanan juga berperan dalam membentuk perasaan (emotion) kita.

Berikut ini 3 makanan dan minuman yang apabila dikonsumsi, bisa membantu meringankan perasaan tertekan (stress) yang kita alami:

Bubur Talbinah

bubur talbinah membantu menghilangkan perasaan sedih
via: muslim.or.id

Talbinah adalah salah satu asupan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad -shallallallahu’alaihi wa sallam- untuk membantu mengurangi perasaan sedih dan galau.

Talbinah adalah sejenis bubur yang terbuat dari tepung sya’iir atau tepung barley/cereal (bukan tepung gandum atau wheat) yang dimasak diatas api kecil, kadang juga dicampur dengan madu dan susu. Namun, menurut sebagian ulama, gandum biasa juga tidak mengapa untuk dijadikan talbinah jika tidak ada tepung sya’iir.

Dalam sebuah haditsnya, Nabi -shallallallahu’alaihi wa sallam- bersabda:

Talbinah dapat menyegarkan hati orang yang sakit dan dapat menghilangkan sebagian rasa sedih”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Produk Coklat

minuman coklat untuk obat stress dan membuat bahagia
via: beritagar.id

Makanan dan minuman dari coklat juga dikenal dapat membuat perasaan menjadi senang, rileks dan kalem. Maka tidak heran, produk coklat sangat digemari di seluruh dunia. Ketika Anda tress, buatlah minuman coklat, bisa dicampur dengan susu, maka perasaan stress Anda akan terobati.

Related post:  Stop Beli Bawang Putih. Ini Cara Mendapatkan Suplai Bawang Putih tak Terbatas di Rumah

Minuman Teh

minuman teh hitam membantu membuat tenang
via: dailynewsegypt.com

Teh adalah salah satu minuman yang paling digemari di seluruh dunia. Teh adalah diantara minuman yang mengandung zat untuk membuat Anda rileks dan kalem, terutama teh hitam. Karena kandungan zatnya yang membuat kalem, teh juga membantu untuk tidur dengan nyenyak. Jika Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari, cobalah minum teh hitam beberapa saat sebelum tidur, itu akan membantu Anda untuk memejamkan mata dengan cepat.

Tentu saja banyak makanan dan minuman lainnya yang dapat memicu perasaan senang dan bahagia, tapi 3 hal diatas kami rasa cukup mudah didapat disekitar kita.

 

Catatan: Jangan menambahkan gula secara berlebihan pada minuman ketika membuat makanan dan minuman diatas, dan pada konsumsi Anda secara umum. Gula yang berlebih dapat menghambat kelancaran sirkulasi darah dan beresiko terkena penyakit gula.

 

Related post:  Stop Beli Bawang Putih. Ini Cara Mendapatkan Suplai Bawang Putih tak Terbatas di Rumah

Referensi:

https://muslim.or.id/14134-fatwa-ulama-apa-makna-talbinah

 

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap