3 Langkah Menentukan Warna Pintu Rumah

3 Langkah Menentukan Warna Pintu Rumah

Membangun rumah dan memiliki kediaman yang nyaman dan elok dipandang tentu sudah menjadi impian setiap orang. Ketika anda memutuskan untuk membangun rumah, tentu hal yang perlu Anda persiapkan adalah dana dan konsep tempat tinggal yang Anda idamkan.

Memilih desain interior tentu juga menjadi proses yang panjang dan membingungkan. Dalam kasus ini, berbicara lebih spesifik, adalah bingungnya memilih warna cat pintu. Anda mungkin sempat memutuskan untuk memilih warna kayu seperti biasa. Namun, apakah anda tidak merasa bosan dan sayang apabila kesempatan merancang rumah idaman anda ini Anda lewatkan begitu saja?

Sebenarnya, Anda tidak harus mengambil keputusan dengan buru-buru, lho! Dalam artikel ini, anda bisa mulai mengambil tindakan dalam pemilihan warna cat pintu rumah Anda.

Selain untuk anda yang sedang membangun rumah, artikel ini juga cocok untuk anda yang sedang berencana mengganti suasana rumah anda dengan menerapkan beberapa perubahan. Perubahan warna pintu tentu akan sangat membantu banyak.

Langkah-langkah untuk memilih warna ideal untuk pintu rumah Anda adalah sebagai berikut.

Related post:  4 Aturan Pewarnaan Interior yang Harus Diketahui oleh Setiap Pecinta Desain Rumah (Bag. 2)

1. Pelajari mengenai warna itu sendiri

roda warna komplementer
Via: Roda Warna Komplementer/fashionstylemag.com

Anda mungkin berniat untuk asal menentukan warna apa yang ingin anda gunakan untuk cat pintu rumah anda. Pernahkah anda mendengar mengenai color wheel komplementer, atau roda warna?

Dalam roda warna, terdapat enam teori yang biasa digunakan, mereka adalah monokromatik, analog, komplementer, paduan tiga warna, komplementer terpecah, dan kompleks.

Contohnya, pada roda warna komplementer sendiri, ada setidaknya 12 pilihan warna. Untuk teori komplementer, anda bisa mencoba menentukan keserasian warna dengan memilih dua warna yang posisinya berseberangan. Contoh lain lagi, pada teori analog, kombinasi warna yang bisa dipilih adalah tiga warna yang posisinya berdekatan.

Untuk teori monokromatik, anda tinggal memilih salah satu warna dasar, diikuti dengan warna turinannya. Misalnya, ketika anda memilih warna hijau, anda kemudian bisa memilih warna turunannya seperti warna hijau daun, lime, atau warna turunan hijau lainnya.

Selain berguna untuk memilih warna cat pintu rumah, pengetahuan ini tentu juga berguna untuk menyusun interior dalam rumah Anda dan menjadi pertimbangan saat mengisi ruangan dengan perabotan.

Related post:  Tips Memilih Warna Cat Pintu Rumah yang Menarik dan Trendy Terbaru

2. Pertimbangkan tampilan sekitar

Selesai memilih paduan warna apa yang ingin anda hadirkan dalam desain interior rumah anda, saatnya menyesuaikan warna pintu rumah dengan tema rumah anda.

Tema-tema rumah tertentu membutuhkan sentuhan warna khusus yang tidak bisa diisi oleh warna yang lain. Oleh sebab itu, ketika Anda sedang memikirkan warna apa yang akan anda pilih untuk menjadi warna cat pintu anda, alangkah baiknya menyesuaikan dengan tema tampilan rumah anda.

Misalnya, jika rumah yang sedang anda bangun memiliki tema mediterania, maka warna pintu yang serasi untuk mengisinya adalah warna turquoise atau warna biru telur asin. Atau jika misalnya warna tembok eksterior rumah anda memperlihatkan warna bata merah, maka warna cat pintu rumah anda juga harus menyesuaikan dan mendukung tampilannya.

3. Lakukanlah Uji Coba Warna Pada Berbagai Intensitas Cahaya

Hal ini tidak kalah penting anda lakukan. Beberapa warna akan kehilangan karakternya apabila dipadukan dengan warna lain atau mungkin memang kurang cocok apabila diletakkan pada lokasi eksterior rumah.

Related post:  3 Warna-Warna Baru untuk Pintu Rumah Anda Anti Mainstream

Hal ini dapat anda lakukan dengan menganalisanya dalam intensitas cahaya yang berbeda. Apakah warna pilihan anda tersebut akan masih terlihat cerah dan kuat, atau sebaliknya?

Selain berubah warna pada jenis bahan bangunan yang berbeda, warna cat juga akan berbeda dalam intensitas cahaya yang berbeda. Langkah terakhir ini akan makin memantapkan perjalanan anda dalam memilih warna cat pintu rumah ideal.

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap