16 Langkah Menyulap Rumah Menjadi Minimalis

16 Langkah Menyulap Rumah Menjadi Minimalis

16 Langkah Menyulap Rumah Menjadi Minimalis – Sebenarnya tidak ada sebuah set cara khusus tentang bagaimana membuat sebuah rumah menjadi minimalis, kecuali hanya dengan merubah cara pandang Anda agar memenuhi kriteria desain rumah minimalis. Hal itu bisa Anda baca pada tulisan kami sebelumnya yang berjudul Panduan Desain (Interior) Rumah Minimalis

Namun, ada beberapa tips yang akan kami bagikan pada tulisan ini yang dapat diikuti oleh semua orang untuk menyulap rumah Anda menjadi minimalis, berikut caranya.

16 Cara Menyulap Rumah Anda Menjadi Minimalis

  1. Kerjakan satu persatu ruangan. Akan sangat sulit sekali mengatur seluruh ruangan menjadi minimalis, kecuali Anda baru saja pindahan rumah. Oleh karena itu, fokuslah terlebih dahulu pada satu ruangan tertentu. Atur ruangan tersebut agar seminimalis dan senyaman mungkin. Kemudian jadikan ruangan tersebut sebagai model dan inspriasi untuk ruangan selanjutnya, dan selanjutnya. Kemudian buat hal yang sama pada luar ruangan.
  2. Mulai dengan perabotan (furnitur). Benda yang paling besar pada sebuah ruangan adalah perabotan, maka Anda harus selalu memulai dengan menyederhanakan ruangan dengan melihat pada furniturnya terlebih dahulu. Semakin sedikit jumlah perabotan maka semakin bagus. Lihat, perabotan mana yang memungkinkan untuk disingkirkan, tentunya tanpa mengorbankan kenyamanan Anda. Pilihlah furnitur yang polos dan sederhana, contoh meja minimalis dengan warna yang solid dan tidak norak.
  3. Hanya yang sangat diperlukan. Pikirkan lagi tentang furnitur atau barang-barang lainnya di ruangan Anda, dan tanyakan pada diri Anda apakah item tersebut benar-benar penting dan dibutuhkan. Kalau Anda bisa hidup tanpa item tersebut, maka sebaiknya disingkirkan saja. Coba lucuti ruangan Anda dari semua item kecuali sisakan yang benar-benar penting, Anda bisa menambahkan item-item yang bukan inti pada langkah selanjutnya nanti.
  4. Sterilkan lantai Anda. Selain perabotan, lantai Anda juga harus benar-benar steril. Lantai tidak boleh semrawut, tidak boleh ada tumpukan atau sesuatu yang tidak penting diletakkan pada lantai Anda. Setelah Anda mengatur semua perabotan Anda hanya menyisakan yang benar-benar penting, maka singkirkan item-item lainnya yang ada di lantai, baik dengan diberikan ke orang lain, dibuang, atau simpan di tempat yang tidak kelihatan.
  5. Bersihkan semua permukaan. Demikian halnya dengan permukaan-permukaan datar, jangan ada satu itempun padanya, kecuali satu atau dua dekorasi sederhana saja (lihat poin nomor 9 dibawah ini).  Selain itu, donasikan, buang atau simpan di tempat yang tidak kelihatan. Dengan demikian ruangan Anda akan terlihat lebih minimalis.
  6. Bersihkan dinding. Sebagian orang menggantungkan apa saja pada dinding mereka. Pada rumah minimalis, Anda tidak bisa melakukan itu. Sterilkan semua item dan gantungan pada dinding ruangan Anda, kecuali sisakan satu atau dua barang seni  sederhana yang bagus (lihat tips nomor 8 dibawah)
  7. Simpan ditempat yang tidak kelihatan. Simpan semua barang yang kurang penting di tempat yang tidak kelihatan oleh mata. Simpan di laci atau lemari. Rak buku, misalnya, gunakan untuk meletakkan hanya buku saja, tanpa banyak barang lain yang tidak relevan, kecuali satu atau dua buah dekorasi seperlunya.
  8. Rapikan kembali agar tidak berantakan. Jika Anda membersihkan permukaan dan lantai dan menyimpan barang-barang di laci dan lemari, Anda mungkin perlu merapikan tempat penyimpanan Anda juga agar tidak berantakan. Anda bisa melakukan ini nanti, setelah semuanya beres.
  9. Seni derhana. Agar ruangan Anda tidak terlalu membosankan, Anda dapat meletakkan sebuah lukisan alam, tulisan, dan lainnya dengan warna yang solid dan tidak norak pada setiap dinding kalau Anda mau. Jika memungkinkan, biarkan beberapa dinding polos saja.
  10. Dekorasi sederhana. Seperti yang telah disebutkan diatas, satu atau dua buah dekorasi sederhana dapat menambah penekanan pada ruang minimalis Anda. Contoh klasiknya seperti sebuah vas bunga, atau sebuah pot kecil tanaman. Jika semua ruangan Anda dicat dengan warna muda, maka untuk penekanan warnanya bisa menggunakan warna cerah seperti merah atau kuning, untuk memberikan sedikit energi pada ruang yang polos.
  11. Perawatan jendela sederhana. Penggunaan jendela polos, atau gorden sederhana dengan warna solid, atau tirai kayu yang simpel baik untuk dipertimbangkan. Adapun terlalu banyak hiasan pada jendela akan terlihat menjadi kusut.
  12. Pola yang jelas dan sederhana. Warna yang solid bagus diterapkan untuk melapisi lantai, pada furnitur, dan lainnya. Adapun pola yang terlalu rumit seperti bunga atau kotak-kotak adalah kusut secara  visual.
  13. Warna muda. Seperti yang telah disebutkan pada tips nomor 9 diatas, Anda bisa menambahkan sedikit warna cerah pada ruangan, akan tetapi sebagian besar ruangan harus dicat dengan warna lemah atau warna muda, warna putih adalah contoh warna minimalis yang klasik, tapi warna solid apa saja yang tidak membaut pandangan stress baik digunakan (seperti warna alami, biru, coklat dll)
  14. Sunting kembali dan singkirkan yang tidak perlu. Setelah selesai menyederhanakan ruangan Anda menjadi minimalis, mungkin Anda bisa membuatnya lebih sederhana lagi. Berikan waktu Anda berpikir dan mengamati ruangan untuk beberapa waktu dengan kepala dingin. Apa yang bisa disingkirkan? Apa yang bisa disimpan pada tempat yang tidak kelihatan, dan apa yang tidak begitu penting? Anda bisa menyunting kembali setiap kamar beberapa bulan sekali, kadang Anda akan menemukan sesuatu yang bisa Anda buat bahkana lebih sederhana lagi.
  15. Sediakan tempat untuk segala sesuatu. Pada desain rumah minimalis, sangat penting bagi Anda untuk menyediakan tempat khusus untuk setiap barang atau item, dan mengingat dimana tepatnya suatu barang ditempatkan. Misalnya dimana tempat blender? berikan titi, dan tetapkan tempatnya disana. Letakkan sesuatu sesuai logika, dimana item-item yang paling penting diletakkan ditempat yang lebih dekat atau gampang dijangkau agar lebih efisien. Kuncinya adalah tentukan tempat khusus untuk setiap item.
  16. Bersantailah, rileks dan nikmati. Setelah Anda menyelesaikan penyederhanaan ruangan Anda, bersantailah sedikit, lihat kembali sekitar rumah Anda dan nikmati. Anda akan mendapatkan rumah yang berbeda dari sebelumnya, terasa lebih damai dan memuaskan. Itulah hadiah dari kerja keras Anda!
Related post:  4 Aturan Pewarnaan Interior yang Harus Diketahui oleh Setiap Pecinta Desain Rumah (Bag. 2)

 

[su_button url=”http://www.jasa-one.com/panduan-desain-interior-rumah-minimalis/” style=”glass” icon=”icon: backward”]Sebelumnya (part 1)[/su_button]

 


Referensi: https://zenhabits.net/a-guide-to-creating-a-minimalist-home/

Scroll to Top
Copy link
Powered by Social Snap