Home » Kusen dan Daun Pintu » Model Pintu Minimalis Elegan Lengkap Terbaru

Model Pintu Minimalis Elegan Lengkap Terbaru

  • by
pintu minimalis

Model Pintu Minimalis Elegan Lengkap Terbaru- Daun pintu menjadi bagian yang tidak kalah penting dari sebuah bangunan baik itu rumah, kantor dan lainnya.

Selain fungsi utamanya sebagai tempat keluar masuk, daun pintu juga berfungsi sebagai sentral keamanan rumah, oleh karena itu, pintu harus memiliki daya tahan dan keamanan yang kuat supaya maling atau rampok tidak mudah membobol suatu rumah.

Anda dapat membuat jendela kaca super lebar disamping pintu minimalis agar cahaya alami dapat masuk kedalam ruang tamu lebih banyak, dan juga berfungsi untuk ventilasi udara yang baik. Lihat contoh pintu minimalis berikut.

pintu minimalis dengan jendela kaca disamping 02

pintu kayu 02 dengan jendela kaca disamping

Contoh Gambar Model Pintu Minimalis Terbaru Elegan

Untuk inspirasi ada baiknya Anda melihat gambar-gambar pintu minimalis model terbaru berikut ini.

pintu minimalis model terbaru

(contoh pintu minimalis)

pintu minimalis model terbaru 2121

(contoh pintu kaca model putar)

pintu minimalis model terbaru 2123

(contoh pintu kayu 3)

pintu minimalis model terbaru 2125

(contoh pintu geser kayu 4)

pintu minimalis model terbaru 2130

(contoh pintu kayu)

pintu minimalis model terbaru 2129

(contoh pintu kayu)

pintu minimalis model terbaru 2128

(contoh pintu kayu geser)

pintu minimalis model terbaru 2127

(contoh pintu minimalis)

pintu minimalis model terbaru 2126

(contoh pintu minimalis)

pintu minimalis model terbaru 2124

(contoh pintu kayu)

pintu minimalis model terbaru 2122

(contoh pintu kaca)

pintu minimalis 2323

Pintu warna hitam polos dengan gagang yang panjang (sumber: anywaydoors.be)

pintu minimalis 2322

Pintu warna hitam polos (sumber: anywaydoors.be)

pintu minimalis 2321

Pintu nuansa putih (sumber: anywaydoors.be)

pintu minimalis 2320

Pintu warna kayu (sumber: anywaydoors.be)

Pintu minimalis juga tidak kalah penting untuk dekorasi dan estetika suatu rumah, pintu yang cantik dan menarik menjadi impresi pertama yang mengesankan bagi orang yang berkunjung ke rumah.

Maka, memilih model pintu minimalis yang tepat dan cocok dengan gaya rumah Anda adalah keharusan jika Anda ingin menjadikan rumah Anda enak dipandang.

pintu minimalis 2 2 daun dari kayu

(contoh pintu kayu)

pintu minimalis 2 2 daun

(contoh pintu kayu)

pintu minimalis 2 2 daun handle besi

(contoh pintu kayu)

Pintu bukan hanya tempat untuk keluar masuk, ada fungsi-fungsi lain dari sebuah pintu yang tidak seharusnya diabaikan. Pintu juga berfungsi sebagai pengamanan, sebagai dekoratif, dan sebagai tempat keluar masuknya udara.

Oleh karena itu, pintu minimalis yang baik adalah yang memperhatikan kesemua unsur-unsur tersebut dengan baik dan memastikan pintu Anda memerankan fungsinya dengan baik dan sempurna.

Salah satu model pintu yang cantik dan elegan yang banyak diminati adalah pintu minimalis. Model pintu ini elegan cocok untuk rumah yang bergaya modern dan rumah minimalis.

Apakah Anda sedang mencari model pintu minimalis untuk rumah Anda?

Mungkin Anda berpikir bahwa semua daun pintu itu sama saja, tapi kenyataannya tidak demikian.

Pertama yang harus dipertimbangkan adalah material pintu itu sendiri: Apakah Anda menginginkan pintu kayu, pintu fiberglass atau pintu kaca? Kemudian, jika Anda memilih pintu kayu, kayu jenis apa yang akan digunakan, apakah kayu jati, kayu mahoni misalnya.

Kemudian, yang perlu dipertimbangkan juga adalah gaya dan model pintu minimalis . Anda dapat memilih model apa yang Anda suka, seperti model Pintu Belanda, Pintu Prancis, atau Pintu Panel.

Ada banyak model dan jenis pintu baik yang sederhana maupun minimalis yang dapat Anda temukan di pasaran, oleh karena itu berikut kami akan mengulas beberapa diantaranya sebagai referensi untuk Anda.

Baca juga:  Model Pintu Belanda Klasik tapi Stylish, Sejarah dan Contohnya

1. Pintu Minimalis Kaca

model pintu kaca minimalis

Pintu kaca minimalis

Kaca biasa digunakan untuk pintu dan jendela, biasanya untuk panel. Jika Anda suka, Anda bisa membuat pintu minimalis kaca untuk tempat-tempat tertentu pada rumah Anda.

Normalnya, pintu kaca digunakan untuk pintu belakang rumah agar pemandangan halaman belakang atau taman belakang rumah bisa kelihatan. Untuk pintu depan rumah, menggunakan model pintu kaca juga cantik. Tapi, harus dipertimbangkan juga soal privasi dan ketahanannya.

Pintu dengan panel kaca yang disisipkan pada bingkai (frame) kayu merupakan pilihan yang umum dan sekaligus cantik untuk pintu depan.

Pintu kaca biasanya lebih mahal dan membutuhkan perawatan yang baik. Pintu kaca juga lebih berat dibanding pintu jenis lain.

2. Pintu Minimalis Besi

model pintu besi minimalis dan elegan

model pintu besi minimalis dan elegan

Besi, baja dan kontruksi logam sejenis telah digunakan selama bertahun-tahun, karena lebih efisien dan lebih kokoh baik untuk pintu eksterior maupun eksterior rumah. Pintu besi bisa saja menggunakan besi solid atau besi hollow.

Pintu minimalis besi merupakan salah satu pilihan pintu yang serbaguna yang bisa Anda terapkan pada rumah Anda.

Pintu besi berfungsi sangat baik untuk pintu eksterior yang memerlukan ketahanan bagi lalu lintas yang padat.

Dengan pintu model ini, maling akan berpikir dua kali untuk melakukan kejahatan di rumah Anda, dan kemungkinan besar akan mencari target lain yang lebih mudah.

Pintu besi mampu bertahan terhadap cuaca buruk dan mungkin tidak memerlukan perawatan rutin. Model pintu ini juga mudah dirawat dan dibersihkan dan mungkin relatif lebih murah dari model pintu jenis lain.

3. Pintu Kayu

model pintu kayu minimalis

Model pintu kayu minimalis

Hampir semua orang menggunakan pintu kayu dan sudah digunakan orang sejak zaman kuno. Ya, karena pintu kayu merupakan bahan yang paling mudah didapatkan dan mudah dibentuk dan dibuat oleh tukang kayu lokal setempat.

Saat ini ada banyak pilihan dan variasi pintu kayu tersedia di pasaran. Anda dapat memilih model pintu kayu sesuai kualitas, bahan, ukuran dan bentuk pintu sesuai budget Anda.

Bahan pintu kayu yang yang paling mahal adalah kayu jati. Kayu jati dikenal kokoh dan tahan lama. Bila Anda memiliki budget yang cukup, disarankan untuk memilih pintu dari kayu jati ini, meskipun sedikit mahal tapi ketahanan dan kekokohannya sepadan dengan harga.

Pilihan lain untuk bahan pintu kayu Anda adalah kayu mahoni, kayu jati belanda, kayu sengon dan lainnya.

Meski dapat digunakan untuk lokasi mana saja, pintu kayu terbaik digunakan untuk bagian eksterior rumah. Kayu umumnya digunakan untuk jendela, daun pintu dan kusen.

4. Pintu PVC

model pintu pvc minimalis

Pintu PVC

PVC adalah istilah yang umum digunakan untuk produk dengan bahan  Polyvinyl Chloride atau (Polivinil klorida). PVC pada dasarnya adalah material plastik yang umum digunakan untuk berbagai produk termasuk tanki air, pipa, fitting dan lainnya.

Penggunaan PVC sebagai bahan pembuat pintu sudah menjadi sangat popular dewasa ini dan banyak model pintu PVC bisa ditemukan dipasaran dengan berbagai warna dan desain.

Keunggulan dari pintu PVC ialah ketahanannya terhadap rayap, tahan lama, anti terhadap korosi, ringan dan anti air. Pintu jenis ini juga mudah dibuat dan dipasang.

Baca juga:  19 Ide Pintu Rumah Modern Minimalis Terbaru

Namun demikian pintu PVC tidak cocok digunakan untuk pintu masuk rumah karena beratnya yang terlalu ringan dan tidak tahan terhadap perubahan cuaca seperti pintu kayu dan besi, juga pintu minimalis ini tidak tahan terhadap kondisi lingkungan yang kasar.

Umumnya pintu PVC digunakan untuk pintu kamar mandi dan toilet karena ketahanannya terhadap air.

Anda bisa mendapatkan pintu modelini dengan mudah di pasaran dengan harga yang tentunya lebih murah dari pintu kayu atau pintu besi. Bahkan saat ini jendela PVC juga sudah tersedia dipasaran.

5. Model Pintu Panel

model pintu panel kayu minimalis

Contoh pintu panel

Pintu atau jendela panel adalah model paling umum yang dipasang di rumah.

Bingkai pintu minimalis panel terbuat dari kayu, kemudian panelnya menggunakan berbagai macam jenis kayu seperti triplek, papan, dan lainnya.

Berbagai desain untuk pintu panel dapat dibuat, oleh karena itu membuat pintu panel lumayan bagus secara dekorasi.

Panel pintu juga dapat menggunakan kaca. Bahkan banyak yang sebagian panelnya menggunakan kaca dan sebagian lain menggunakan kayu.

Pintu model ini memang fleksibel dari segi desain yang secara estetika akan kelihatan menarik. Gaya dan desainnya bisa dibuat menyesuaikan lokasi di bagian mana pintu panel akan di pasan pada rumah.

Meski umumnya menggunakan kayu untuk bingkai pintu panel, metal juga bisa digunakan untuk framnya.

6. Pintu Fiberglass

model pintu fiberglass minimalis

Pintu fiberglass

Serat kaca dibalut dengan resin atau yang disebut dengan fiberglass dapat digunakan untuk membuat berbagai macam produk, termasuk diantranya bathubs, pintu, jendela dll.

  • Fiberglass dipercaya sebagai salah satu material yang kuat dengan biaya perawatan yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan material kayu dan besi.
  • Pintu fiberglass diperkirakan lebih stabil karena materialnya yang tidak bisa bengkok atau melengkung.
  • Pintu minimalis model ini juga dapat di tambahkan berbagai macam warna dan ukiran untuk desainnya.
  • Pintu fiberglass dapat dibuat dengan panel kayu pada permukaannya untuk menambahkan keindahannya.
  • Pintu yang terbuat dari fiberglass dapat digunakan baik untuk dalam ruangan maupun luar ruangan.
  • Pintu fiberglass dapat ditemukan di pasarang dengan berbagai macam model dan gaya.

7. Pintu Alumunium

model pintu alumunium minimalis elegan

Pintu alumunium

Alumunium adalah salah satu metal yang banyak digunakan karena beratnya yang ringan. Berbagai macam produk di pasaran banyak menggunakan alumunium, termasuk pintu, jendela, partisi, gorden dinding, dan lainnya.

Bingkai alumunium untuk pintu dan jendela memiliki keunggulan seperti ketahanannya dalam kondisi cuaca yang sulit.

Karena ringan, pintu alumunium tidak menambah beban pada pondasi pintu.

Pintu minimalis model ini juga tidak dimakan rayap sehingga akan tahan lebih lama.

Model pintu alumunium dapat dijadikan pintu sliding atau pintu biasa, dan cocok digunakan baik untuk dalam maupun eksterior rumah.

8. Pintu Geser

model sliding door pintu geser

Pintu model sliding atau geser

Pintu sliding atau pintu geser cocok digunakan untuk lokasi yang membutuhkan area keluar masuk yang lebih lebar, seperti pintu akses ke halaman belakang rumah.

Pintu sliding bergeser pada track atau jalurnya sendiri sehingga tidak akan mengganggu dan menghalangi Anda.

Jika Anda menyukai pintu yang tampak minimalis dan rapi, maka pintu sliding adalah pilihan yang tepat.

9. Model Pintu Belanda

model pintu belanda minimalis

Model pintu belanda minimalis elegan

Anda mungkin tidak mengetahui nama pintu ini secara formal, tapa Anda pasti mengenal pintu ini.

Pintu belanda adalah model pintu yang dibagi dua secara horizontal, pintu ini menggunakan berbagai macam panel untuk pintu bagian bawah maupun atasnya.

Daun pintu belanda sangat cocok untuk digunakan pada dapur, atau untuk memudahkan hewan peliharaan seperti kucing untuk kelura masuk.

Baca juga:  Model Pintu Minimalis Putih Elegan Lengkap Terbaru

10. Model Pintu Prancis

model pintu prancis minimalis

Model pintu Prancis minimalis

Pintu Prancis adalah pintu model double yang bisa dibuka dari sebelah kiri atau kanan.

Pintu ini cocok untuk rumah yang membutuhkan akses keluar masuk yang lebih lebar, juga cocok untuk pintu belakang rumah dengan panel kaca sehingga pemandangan diluar taman bisa kelihatan dengan jelas dan juga cahaya natural dapat masuk kedalam rumah dengan baik.

Pintu ini sangat bagus untuk rumah bergaya elegan dan modern minimalis Anda.

Demikian ulasan beberapa Model Pintu Elegan Lengkap Terbaru yang dapat kami sajikan, semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda dalam memilih pintu model tersebut mana yang cocok diaplikasikan pada rumah Anda.

Menentukan pilihan yang tepat memang tidak mudah. Terlebih dengan begitu banyaknya pilihan model dan tipe pintu minimalis yang tersedia dipasaran, ini tentu akan membingungkan. Tapi jangan khawatir,  jangan terburu-buru untuk menentukan pilihan. Bersabarlah, maka seiring waktu Anda akan menemukan pilihan pintu yang tepat untuk rumah Anda. Terburu-buru hanya akan menyisakan penyesalan di kemudian hari.

Perbanyak informasi dan wawasan tentang pintu, maka seiring waktu Anda akan dengan mudah menentukan dan menemukan pilihan yang pas untuk pintu rumah Anda.

Jika belum bisa menentukan juga setelah begitu lama mencoba, berdoa dan bertawakkallah, maka InsyaAllah, apapun pilihan pintu Anda, itu adalah pilihan yang tepat.

Galeri Pintu Minimalis

Sebagai tambahan, silahkan cek gambar pada galeri berikut ini untuk melihat berbagai macam model pintu minimalis pilihan kami.

Inspirasi dan ide akan terbentuk secara otomatis ketika Anda sering melihat dan mempelajari sebuah subjek. Tidak terkecuali dengan ide membuat pintu minimalis, dengan seringnya Anda membaca, mengamati dan melihat model/contoh pintu tersebut, maka inspirasi akan datang dan gambaran pintu yang ideal dapat dengan mudah dimengerti.

Melihat gambar dan membaca di internet, contohnya pada artikel-artikel kami adalah langkah yang bagus untuk memahami lebih baik tentang model-model pintu, Anda tidak perlu lagi harus mencari ide pintu dengan mendatangi penjual pintu secara langsung.

4852 model pintu kupu tarung minimalis 4839 model pintu kupu tarung minimalis 4838 model pintu kupu tarung minimalis 4837 model pintu kupu tarung minimalis 4852 model pintu kupu tarung minimalis

4831 model pintu kupu tarung alumunium kaca

Model pintu kupu tarung dengan fram alumunium dan panel kaca

4829 model pintu kupu tarung alumunium kaca 4823 model pintu kupu tarung kaca

4821 Model Pintu Kupu Tarung Terbaru

Salah satu model pintu kupu tarung klasik tradisional, terlihat bentuknya yang sederhana dan tanpa ukiran

8235 Model Pintu Minimalis Depan Rumah Modern untuk Dicontoh 8234 Model Pintu Minimalis Depan Rumah Modern untuk Dicontoh 8233 Model Pintu Minimalis Depan Rumah Modern untuk Dicontoh 8232 Model Pintu Minimalis Depan Rumah Modern untuk Dicontoh 8236 Model Pintu Minimalis Depan Rumah Modern untuk Dicontoh 8237 Model Pintu Minimalis Depan Rumah Modern untuk Dicontoh 8231 Model Pintu Minimalis Depan Rumah Modern untuk Dicontoh Model Pintu Minimalis Depan Rumah Modern untuk Dicontoh pintu minimalis model terbaru 2130 pintu minimalis model terbaru 2124 pintu minimalis model terbaru 2125 pintu minimalis model terbaru 2127 pintu minimalis model terbaru 2121 4850 model pintu kupu tarung minimalis

pintu minimalis 2322

Pintu warna hitam polos (sumber: anywaydoors.be)

pintu minimalis 2321

Pintu minimalis nuansa putih (sumber: anywaydoors.be)

pintu minimalis 2320

Pintu warna kayu (sumber: anywaydoors.be)

pintu minimalis 2323

Pintu warna hitam polos dengan gagang yang panjang (sumber: anywaydoors.be)

model pintu dua minimalis elegan terbaru

Model pintu dua minimalis elegan terbaru dengan gagang horizontal di tengah (sumber: portanova.co.uk)

 

Tips Memilih Pintu Minimalis

Jika Anda hendak memilih model pintu minimalis seperti apa yang akan diguanakan pada rumah Anda, ada baiknya memperhatikan beberapa tips penting seperti berikut ini.

1. Kualitas Bahan

Pilihlah bahan pintu dengan kualitas yang baik dan tahan lama, terutama pintu yang terpapar langsung dengan udara luar, seperti pintu luar dan pintu belakang. Pintu yang terpapar cuaca secara langsung akan menyebabkan pintu mengembang, melengkung bahkan keropos. Oleh karena itu, bahan pintu yang berkualitas perlu Anda perhatikan agar tidak menyesal di kemudian hari. Jika Anda memilih pintu dari bahan kayu, maka pilihlah pintu dari bahan kayu jati, karena kayu jati sudah terkenal dengan ketahanan dan kekuatannya yang tidak diragukan lagi.

2. Pilihan Warna Pintu Minimalis

Pada prinsipnya, pilihlah warna untuk pintu Anda yang berbeda dengan warna dinding atau tembok rumah Anda. Jika tembok rumah Anda berwarna terang, maka pilihlah warna gelap untuk pintu Anda, begitu juga sebaliknya. Dan pilihlah cat eksterior khusus yang bisa menyerap sinar UV (ultra violet) agar warna pintu Anda tidak mudah pudar, demikian juga untuk cat tembok rumah minimalis Anda, terutama bagian yang terpapar langsung dengan udara luar.

3. Simpel dan Sederhana

Pertama, untuk memilih pintu minimalis, tentunya konsep rumah Anda secara keseluruhan juga harus konsep minimalis, jika tidak maka pintu dan rumah akan kelihatan tidak serasi.

Seperti namanya, desain pintu tentu harus sederhana dan tidak banyak hiasan dan ornamen yang tidak terlalu penting. Karena desain pintu model ini lebih mengedepankan fungsi daripada hiasan dan ukiran.

4. Budget yang Sesuai

Segala sesuatu dibeli sesuai dengan budget. Demikian juga dalam memilih pintu desain ini, Anda harus memilih pintu yang sesuai budget keuangan Anda. Pilihlah pintu dari bahan berkualitas, namun tidak melampaui budget keuangan Anda. Jangan ragu untuk mencari dan membandingkan harga antara satu vendor dengan lainnya untuk mendapatkan harga terbaik yang sesuai keuangan Anda, namun dengan kualitas yang memuaskan.

Contoh Gambar Pintu Minimalis Dua Pintu (Double Pintu)

Umumnya rumah minimalis menggunakan model satu pintu, tapi tidak jarang yang menggunakan model dua pintu atau pintu double, terutama rumah minimalis yang berukuran besar. Bagi Anda yang ingin menggunakan pintu dua pintu, berikut kami telah menyiapkan beberapa contoh gambarnya sebagai referensi dan inspirasi Anda dalam menentukan pilihan pintu terbaik untuk rumah Anda.

 

Pintu juga berfungsi sebagai sirkulasi udara, terutama bagi rumah yang tidak menggunakan AC (air conditioning) maka sebaiknya memanfaatkan  pintu minimalis yang juga dapat menjadi ruang udara untuk keluar dan masuk. Rumah yang baik adalah yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi yang baik merupakan salah satu faktor penting bagi kesehatan pernafasan penghuni rumah.

Untuk itu pilihlah pintu minimalis dan kusen yang memungkinkan ada ruang udara keluar masuk. Membuat jendela disamping kiri dan kanan pintu juga ide yang bagus.

Bila Anda menggunakan pintu dari bahan kayu, menentukan jenis kayu pembuat pintu minimalis juga penting untuk menghasilkan pintu yang berkualitas. Ada banyak jenis kayu yang dijadikan bahan untuk membuat kusen dan pintu.

Diantara jenis kayu tersebut antara lain kayu jati dan mahoni, dua jenis kayu ini sangat populer digunakan terutama kayu jati yang memang telah dikenal dengan kekuatan dan daya tahannya yang tidak terkalahkan. Kayu lainnya seperti kayu nangka, kayu ulin, kayu kamper, kayu bangkirai, kayu glugu, kayu kalimantan, dll.

Agar bahan kayu tidak tidak mudah dimakan rayap, pengrajin kayu untuk kusen, jendela dan pintu biasanya melapisi bahan tersebut dengan cat minyak.

Referensi:

  • housebeautiful.com/design-inspiration/g24229933/types-of-doors-for-house/
  • civilblog.org/2015/07/29/11-different-types-of-doors-to-consider-for-your-house/
  • quora.com/What-are-the-advantages-and-disadvantages-to-having-a-steel-door-frame
Yuk, bagikan post ini:

----- Baca juga -----

pintu minimalis warna putih

Model Pintu Minimalis Putih Elegan Lengkap Terbaru

Model pintu minimalis putih elegan lengkap terbaru. Model satu daun ...
Read More
pintu prancis french door marvin swing

10 Contoh Pintu Prancis yang Cantik Menawan untuk Inspirasi Anda

Pintu prancis (french door) memberi kesan elegan dan berkelas pada rumah ...
Read More
Contoh Terbaru Berbagai Model Pintu Kupu Tarung Minimalis, Mewah Dll

Contoh Terbaru Berbagai Model Pintu Kupu Tarung Minimalis, Mewah Dll

Pintu kupu tarung adalah pintu yang memiliki double daun pintu, ...
Read More
pemakaman human composting

“Human Compost” Mayat Manusia dijadikan Pupuk Kompos?

Selama ini kita mungking hanya pernah medengar istilah pupuk kompos, tapi ...
Read More