Home » Uncategorized » 5 Perusahaan Kontraktor Konstruksi Terbesar di Indonesia yang Awalnya Milik Belanda

5 Perusahaan Kontraktor Konstruksi Terbesar di Indonesia yang Awalnya Milik Belanda

  • by
Perusahaan Kontraktor Konstruksi Terbesar di Indonesia yang Awalnya Milik Belanda

Jalan raya,  gedung bertingkat,  jembatan dan segala macam jenis konstruksi  lainnya yang semakin hari semakin banyak di negara kita,  tidak lepas dari peran perusahaan-perusahaan kontraktor konstruksi di Indonesia.

Konstruksi di Indonesia tentunya bukan hasil kerja setahun dua tahun, melainkan pembangunannya sudah ada sejak dahulu secara berkesinambungan.

Konstruksi modern di Negara pada zaman penjajahan notabene dipegang dan dikuasai perusahaan-perusahaan penjajah Belanda pada masa itu. Setelah negara kita merdeka, banyak dari perusahaan-perusahaan konstruksi  milik belanda tersebut diambil alih oleh Negara dan diganti namanya.

Nah, perusahaan apa saja yang dahulunya dimiliki Belanda dan kemudian diambil alilh oleh negara? Berikut ulasannya.

5 Perusahaan Kontraktor Terbesar di Indonesia yang Awalnya Milik Belanda

Tidak banyak yang tahu bahwa banyak dari perusahaan kontraktor konstruksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), ternyata awalnya adalah perusahaan milik Belanda yang diambil alih (nasionalisasi) oleh pemerintah Indonesia setelah Indonesia merdeka. Apa saja perusahan tersebut? berikut ini ulasannya.

1.      Adhi Karya (Persero) Tbk.

logo pt adhi karya Sebelum menjadi BUMN,  perusahaan konstruksi terbesar di Indonesia ini bernama “Architecten-Ingenicure-en Annemersbedrijf Associatie Selle en de Bruyn, Reyerse en de Vries N.V” atau disingkat (Associate N.V.) yang dimiliki oleh Belanda.  Baru pada 11 maret 1960 perusahaan ini diambil alih oleh negara menjadi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan namanya diganti menjadi Perusahaan Negara (PN) Adhi Karya.

Baca juga:  Rumah Kecil Minimalis Inspirasi Desain Anda

 

Pada 1 Juni 1974 yaitu setelah lebih kurang 14 tahun ikut andil dalam pembangunan Indonesia,  perusahaan ini berubah status menjadi PT (Perseroan Terbatas) yang disahkan oleh Mentri Kehakiman RI.

pt adhi karya Perusahaan Kontraktor Konstruksi Terbesar di Indonesia yang Awalnya Milik Belanda

Kantor Pusat PT Adhi Karya (detik.com)

Sampai saat ini, perusaan konstruksi terbesar di Indonesia ini telah melahirkan beberapa anak perusahaan, diantaranya Adhi Persada Gedung, Adhi Persada Properti, dan Adhi Persada Beton.

2. PT Amarta Karya  (Persero)

logo pt amarta karya

PT. Amarta Karya, salah satu perusahaan konstruksi terbesar di Indonesia ini juga pada awalnya merupakan perusahaan milik belanda yang dahulu bernama N.V. Constructie Werk Plaatsen De Vri’es Robbe Lindeteves atau disingkat Robbe Linde & Co. Menurut sejarahnya, perusahaan Robbe Linde & Co. ini adalah perusahaan hasil penggabungan (merger) antara dua perusahaan belanda juga, yaitu N.V. Lindeteves Stokvis dan Fa. De Vri’es Robbie yang waktu itu berbasis di Semarang, Jawa Tengah.

pt amarta karya Perusahaan Kontraktor Konstruksi Terbesar di Indonesia yang Awalnya Milik Belanda

Gedung kantor pusat PT Amarta Karya

Perubahan menjadi PN Amarta Karya terjadi pada tahun 1962 setelah perusahaan Robbe Linde & Co. Tersebut dinasionalisasi pemerintah. Kemudian pada tahun 1972 perusahaan tersebut bertransisi menjadi PT Amarta Karya.

Dalam perjalanannya, perusahaan BUMN ini mengembangkan sayap memperluas bidang usahanya ke konstruksi sipil, mekanikal dan elektrikal dari yang awalnya hanya bergelut pada bidang usaha fabrikasi konstruksi baja.

3. PT Hutama Karya (Persero)

logo hutama karya hutamakaryaTahukah Anda, kontraktor kostruksi yang mendirikan gedung MPR/RI adalah PT Hutama Karya yang saat itu masih bernama PN (Perusahaan Negara) Hutama Karya.

Perusahaan plat merah BUMN ini juga ternyata awalnya adalah perusahaan swasta asal Belanda yang bernama “Hollandsche Beton Maatshappij”, nasionalisasi dilakukan pemerintah pada perusahaan tersebut pada tahun 1960-an dan resmi disahkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) RI no. 61 tahun 1961, pada tanggal 29 Maret tahun 1961, dengan nama PN Hutama Karya.

Baca juga:  Bagaimana Cara Mengukur Meja Anda Agar Pas Dengan Ruangan

PN Hutama Karya berkembang dengan cepat setelah mengenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1970-an sistem konstruksi “sistem prategang” BBRV dari Swiss, teknologi beton pra-tekan. Setelah berkembang pesat karena inovasi tersebut, akhirnya perusahaan ini transisi menjadi PT Hutama Karya.

pt hutama karya Perusahaan Kontraktor Konstruksi Terbesar di Indonesia yang Awalnya Milik Belanda

Gedung Kantor Pusat PT Hutama Karya

PT Hutama Karya terus mengembangkan usahanya, sehingga menjadi salah satu perusahaan kontraktor konstruksi terbesar di Indonesia yang telah membangun berbagai gedung tinggi, jalan tol properti dan mampu membuat infrastruktur dengan konstruksi teknologi seperti jembatan bentang panjang di palembang, yakni  Jembatan Ampera. Bahkan perusahaan ini sudah melakukan pengembangan usaha ke luar negeri.

Perusahaan BUMN, PT Hutama karya saat ini sudah memiliki tiga anak perusahaan, yaitu  PT Hutama Karya Infrastruktur, PT HK Realtindo, dan PT Hakaaston.

4. PT Nindya Karya (Persero)

logo pt nindya karyaPerusaan yang pernah membangun Hotel Horison Nindya di Semarang, Stadion Patriot Bekasi ini, dahulunya adalah perusahaan Belanda yang berdiri pada tahun 1877, bernama perusahaan N.V. Nederlands Aannemings Maastchappij (NEDAM) v/h Fa.H. Boersma. Perusahaan ini kemudian oleh pemerinatah Indonesia dinasionalisasikan pada tahun 1961.

Setelah dinasionalisasikan oleh pemerintah, perusahaan NEDAM diubah namanya menjadi PN Nindya Karya, dan kemudian menjadi PT Nindya karya setelah PP No. 12 tahun 1969 tentang  perubahan Perusahaan Negara menjadi Persero diterbitkan.

pt nindya karya Perusahaan Kontraktor Konstruksi Terbesar di Indonesia yang Awalnya Milik Belanda

Kantor pusat PT Nindya Karya

PT Nindya Karya mengerjakan proyek-proyek di bidang usaha jasa konstruksi, properti, investasi  dan engineering procurement construction (EPC). Sudah banyak proyek dikerjakan oleh salah satu perusahaan kontraktor milik negara ini, termasuk , bendungan dan irigasi, jalan layang, jembatan, dan lainnya.

Perusahaan ini mendirikan anak usaha PT Nindya Beton untuk mendukung pembangunan konstruksinya di bidang beton pracetak.

5. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

logo PT Wijaya Karya

Logo PT Wijaya Karya

PT Wijaya Karya atau disingkat WIKA, salah satu perusahaan konstruksi terbesar dan terbaik di Indonesia yang memiliki setidaknya 6 anak cabang ini adalah kontraktor yang ikut andil dalam pembangunan GOR Bung Karno, dalam rangka mendukung Asian Games ke 4 di Ibukota Jakarta.

Baca juga:  Stop Beli Bawang Putih. Ini Cara Mendapatkan Suplai Bawang Putih tak Terbatas di Rumah

Perusaan ini, seperti juga perusahaan-perusahaan diatas, awalnya merupakan perusahaan asal Belanda yang bernama Naamloze Vennotschap Technische Handel Maatschappij en Bouwbedijf Vis en Co. Atau N.V. Vis en Co. Nasionalisasi dilakukan pemerintah Indonesia pada perusahaan ini pada tahun 1960 dan berubah nama menjadi  PN Widjaja Karja, dan setelah 12 tahun kemudian berubah menjadi PT Wijaya Karya pada tahun 1972.

Perusahaan Kontraktor Konstruksi Terbesar di Indonesia yang Awalnya Milik Belanda

Gedung kantor pusat PT WIKA di Jakarta

Pada awalnya perusahaan ini bergerak pada bidang usaha usaha instalasi listrik dan pipa air, namun setelah menjadi PT, WIKA mengembangkan sayapnya menjadi perusahaan kontraktor dan konstruksi

Pada tahun 1960, N.V. Vis en Co mengalami nasionalisasi dan berubah status menjadi PN Widjaja Karja, dengan kegiatan usaha instalasi listrik dan pipa air. Di tahun yang sama, PN Widjaja Karja turut berkontribusi dalam pembangunan GOR Bung Karno dalam rangka Asian Games ke-4 di Jakarta.

PT  Wijaya Karya telah mengalami banyak perubahan manajemen dan telah turut andil dalam proyek-proyek penting pemerintah. Dan saat ini perusahaan ini telah memiliki beberapa anak perusahaan, yaitu PT WIKA Industri Konstruksi,  PT WIKA Beton, PT WIKA Gedung,  PT WIKA Bitumen, PT WIKA Rekayasa Konstruksi, PT WIKA Realty, dan PT WIKA Serang Panimbang.

Itu dia ulasan 5 perusahaan kontraktor konstruksi terbesar milik BUMN di Indonesia yang awalnya milik Belanda. Perusahaan mana yang menjadi favorit Anda?

----- Baca juga -----

pintu minimalis warna putih

Model Pintu Minimalis Putih Elegan Lengkap Terbaru

Model pintu minimalis putih elegan lengkap terbaru. Model satu daun ...
Read More
pintu prancis french door marvin swing

10 Contoh Pintu Prancis yang Cantik Menawan untuk Inspirasi Anda

Pintu prancis (french door) memberi kesan elegan dan berkelas pada rumah ...
Read More
Contoh Terbaru Berbagai Model Pintu Kupu Tarung Minimalis, Mewah Dll

Contoh Terbaru Berbagai Model Pintu Kupu Tarung Minimalis, Mewah Dll

Pintu kupu tarung adalah pintu yang memiliki double daun pintu, ...
Read More
pemakaman human composting

“Human Compost” Mayat Manusia dijadikan Pupuk Kompos?

Selama ini kita mungking hanya pernah medengar istilah pupuk kompos, tapi ...
Read More